Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA GERAI PONSEL BERBASIS WEB DI CENDANA CELL FAHMI JUNIZAR 10507224.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA GERAI PONSEL BERBASIS WEB DI CENDANA CELL FAHMI JUNIZAR 10507224."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA GERAI PONSEL BERBASIS WEB DI CENDANA CELL FAHMI JUNIZAR

2 Latar Belakang Revolusi teknologi komunikasi berkembang demikian pesat, selalu mengalami inovasi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan manusia, kenyamanan, dan hiburan Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, banyak bermunculan produk-produk yang diciptakan guna mempermudah kebutuhan hidup manusia. Komunikasi sebagai media interaksi manusia adalah dasar terciptanya teknologi-teknologi yang memudahkan dalam berkomunikasi Kebutuhan akan telekomunikasi adalah salah satu faktor utama dalam komunikasi. Banyak vendor mengembangkan alat komunikasi dengan berbagai macam bentuk dan variasinya

3 Latar Belakang Telepon genggam ( disingkat telgam) yang sering disebut handphone (disingkat HP) atau disebut pula sebagai telepon seluler ( ponsel ) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap dengan memanfaatkan media transmisi radio waves, yang dapat dibawa ke mana-mana (portable, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel ( nirkabel, wireless).

4 Identifikasi Masalah 1. Data penjualan masih dihitung secara manual, setiap konsumen yang akan membeli pada gerai penghitungan harga dari setiap ponsel yang dibeli masih dilakukan secara manual. 2. Data konsumen yang masih dicatat secara manual. 3. Sistem database masih belum terkomputerisasi.

5 Rumusan Masalah 1.Bagaimana sistem dapat menentukan proses penjualan di Cendana Cell. 2.Bagaimana proses sistem dalam pengarsipan data. 3.Bagaimana proses alur penjualan. 4.Bagaimana implementasi dari proses sistem informasi penjualan pada gerai ponsel. 5.Bagaimana evaluasi dari sistem informasi penjualan pada gerai ponsel.

6 Maksud Dan Tujuan Setiap gerai penjualan ponsel menginginkan sebuah sistem yang dapat memudahkan dalam proses pengolahan data, hal ini dikarenakan teknologi yang semakin berkembang. Oleh karena itu maksud dan tujuan penelitian adalah sebagai berikut : 1.Untuk mengetahui sistem informasi yang sedang berjalan di gerai Cendana Cell. 2.Membuat rancangan sistem informasi penjualan pada gerai ponsel di Cendana Cell. 3.Untuk mengetahui hasil implementasi apabila sistem yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan pihak gerai. 4.Evaluasi dari sistem yang telah digunakan apakah diharuskan adanya perbaikan atau tidak..

7 Batasan Masalah 1.Transaksi penjualan dalam Sistem Informasi ini hanya sebatas pada pembayaran dengan melakukan transfer melalui rekening bank yang telah disediakan oleh pihak gerai. 2.Hanya menghitung biaya penjualan tidak sampai membuat laporan keuangan, hanya transaksi pembelian per unit HP 3.Sistem ini di buat dengan bahasa Pemograman PHP.

8 Batasan Masalah 4. Tidak ada kerjasama antara gerai dengan perusahaan jasa pengiriman, gerai hanya mengirmkan barang kepada konsumen lewat perusahaan jasa tersebut. 5. Untuk konfirmasi pembayaran atau untuk menananyakan ponsel yang dibutuhkan, dapat menggunakan komunikasi dengan via SMS dengan admin langsung atau via Barang yang ada hanya mempunyai stok antara 1 dan 2 dikarenakan barang yang dijual adalah barang second (bekas) maka setiap barang mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, sehingga ponsel yang dijual di dalam web tidak menjual ponsel untuk partai besar dengan stok barang yang banyak. 7. Jasa pengiriman menggunakan jasa dari perusahaan TIKI dan JNE.

9

10 Flowmap sedang Berjalan di Cendana Cell

11 Diagram Kontek sedang Berjalan di Cendana Cell

12 Data Flow Diagram sedang Berjalan di Cendana Cell

13 Evaluasi Sistem yang sedang berjalan 1.Proses pembelian handphone yang terjadi saat ini pada Cendana Cell belum cukup memberikan informasi tentang spesifikasi handphone yang tersedia serta memakan waktu konsumen. 2.Belum tersedianya sebuah database untuk menyimpan data-data ponsel yan telah terjual, sehingga harus dilakukan pencarian dari nota- nota satu persatu.

14 Diagram Kontek yang diusulkan

15 DFD yang diusulkan

16 DFD Level 2 Proses 2.0 yang diusulkan

17 DFD Level 2 Proses 3.0 yang diusulkan

18 DFD Level 2 Proses 4.0 yang diusulkan

19

20 KESIMPULAN 1.Data penjualan sudah dihitung secara terkomputerisasi, meskipun tidak sampai membuat seluruh laporan keuangan. 2.Data konsumen sudah terkomputerisasi, meskipun tiap bulannya admin mencatat data konsumen yang telah berhasil melakukan transaksi, hal ini diharapkan agar memudahkan admin dalam pengarsipan data-data yang tentu masih dilakukan secara manual tiap bulannya, hal ini dikarenakan agar menghindari terjadinya overload di dalam database sehingga tidak mengganggu sistem. 3.Sistem database sudah terkomputerisasi, sehingga data- data ponsel maupun data-data konsumen sudah tersimpan di dalam database.

21 SARAN 1.Untuk nantinya diharapkan untuk pihak gerai agar menyediakan fasilitas yang mendukung berjalannya sistem informasi yang telah di bangun. 2.Agar sistem sekuritas dibangun lebih baik lagi sehingga sistem yang sudah dibangun akan terus berkembang. 3.Menghindari terjadinya overload dalam penyimpanan di dalam database sehingga tidak mengganggu system yang telah dibangun.

22 TERIMA KASIH “Untuk mencapai suatu keberhasilan, tahapan pertama adalah meyakinkan dirimu sendiri bahwa kamu bisa”.


Download ppt "SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA GERAI PONSEL BERBASIS WEB DI CENDANA CELL FAHMI JUNIZAR 10507224."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google