Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lesson 5 for November 1, 2014. Yakobus 2:1-13 Perintah-perintah hukum kasih 1.Yakobus 2:1-4.  Janganlah membeda-bedakan orang. 2.Yakobus 2:5-7.  Janganlah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lesson 5 for November 1, 2014. Yakobus 2:1-13 Perintah-perintah hukum kasih 1.Yakobus 2:1-4.  Janganlah membeda-bedakan orang. 2.Yakobus 2:5-7.  Janganlah."— Transcript presentasi:

1 Lesson 5 for November 1, 2014

2 Yakobus 2:1-13 Perintah-perintah hukum kasih 1.Yakobus 2:1-4.  Janganlah membeda-bedakan orang. 2.Yakobus 2:5-7.  Janganlah melukai perasaan orang miskin. 3.Yakobus 2:8-9.  Kasihilah sesamamu manusia. 4.Yakobus 2:  Engkau harus memelihara hukum Taurat. 5.Yakobus 2:  Engkau harus berbelaskasihan.

3

4 “Jangan sekali-kali berlaku dingin dan tidak simpatik teristimewa bila kita berurusan dengan orang miskin. Kesopanan, simpati, dan rasa kasihan, harus ditunjukkan kepada semua orang. Sikap memihak orang kaya saja tidak disukai Allah. Yesus dihina bila anak- anakNya yang miskin dihina. Mereka tidak kaya dalam harta dunia ini, tetapi mereka adalah buah hatiNya. Allah tidak mengenal perbedaan kasta. BagiNya tidak ada kasta. Pada pemandanganNya, manusia itu adalah manusia, baik atau jahat. Pada hari pehukuman, kedudukan, pangkat atau kekayaan bukanlah menjadi ukuran. Tetapi manusia itu akan dihakimkan oleh Tuhan yang Maha Tahu oleh kesucian, keagungan dan kasih mereka kepada Kristus.” E.G.W. (Counsels on Stewardship, cp. 33, pg. 162)

5 “Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia? Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin. Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan? Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah?” (Yakobus 2:5-7) Orang miskin yang kaya dalam iman akan mewarisi Kerajaan Sorga Orang kaya yang menindas orang miskin menghujat nama Yesus Jika seorang saudara atau saudari menggunakan kekayaan atau posisinya untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain di gereja, ia menghujat nama Yesus. Dia mempermalukan Yesus diharapan orang lain.

6 “Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik. Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.” (Yakobus 2:8-9) Yakobus berbicara tentang Sepuluh Perintah Allah, sebagaimana dinyatakan dalam ayat 12. Itu adalah Hukum yang utama, karena itu adalah hukum RAJA SEGALA RAJA. Yakobus menjelaskan perintah-perintah tentang bagaimana memperlakukan orang lain, seperti yang Yesus lakukan pada Khotbah di atas Bukit. Perintah- perintah tersebut yang disimpulkan dalam satu perintah ini, “kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Ketika kita memandang muka terhadap orang lain atau kita tidak mengasihi mereka, kita berdosa terhadap Hukum Allah.

7 “Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya. Sebab Ia yang mengatakan: “Jangan berzinah”, Ia mengatakan juga: “Jangan membunuh”. Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.” (Yakobus 2:10-11) Kita tidak dibebaskan dari memelihara Hukum hanya karena kita mengasihi sesama kita. Sebaliknya, kita tidak benar-benar mengasihi sesama kita ketika kita melanggar salah satu dari Perintah Allah. Saya tidak bisa mengasihi sesama dan berbohong kepadanya (Keluaran 20:16). Saya tidak bisa mengasihi sesama dan menghinanya (Matius 5:22) Melanggar Hukum Allah merusak hubungan kita denganNya dan dengan sesama kita.

8 Jika kita sungguh-sungguh mengasihi Allah, kita tentu akan mengasihi sesama kita. Itu adalah hasil dari menerima keselamatan yang Yesus berikan melalui salib. Siapa pun yang tidak mengasihi akan menghadapi penghakiman yang tak berbelas kasihan. Tetapi orang-orang yang mengasihi akan memiliki jaminan berkat pada penghakiman. Mereka tahu bahwa Allah penuh belas kasihan bagi mereka yang mengasihi.

9 “Keadilan dan Belas kasihan berdiri terpisah, bertentangan satu sama lain, dipisahkan oleh jurang yang lebar. Tuhan Penebus kita mengenakan keilahian-Nya dengan kemanusian, dan membuat untuk kepentingan manusia suatu karakter yang tanpa cacat atau cela. Dia menempatkan salibNya ditengah-tengah antara sorga dan bumi, dan membuatnya menjadi objek daya tarik yang menjangkau kedua arah, menarik baik Keadilan dan Belas kasihan melintasi jurang itu. Keadilan berpindah dari takhta yang mulia, dan dengan semua tentara surga mendekati salib. Di sana terlihat Seorang yang setara dengan Allah menanggung hukuman untuk semua ketidakadilan dan dosa. Dengan penebusan yang sempurna, Keadilan membungkuk dengan hormat di kayu salib, berkata, Cukuplah itu.” E.G.W. (SDA Bible Commentary, vol. 7, on James 2:13)


Download ppt "Lesson 5 for November 1, 2014. Yakobus 2:1-13 Perintah-perintah hukum kasih 1.Yakobus 2:1-4.  Janganlah membeda-bedakan orang. 2.Yakobus 2:5-7.  Janganlah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google