Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

S. Abdulrachman RAPAT KERJA MASTEL 2007 – JAKARTA, 3 Juli 2007 BEBERAPA INFORMASI MENGENAI POKJA PENYIARAN MASTEL, KEGIATAN DAN HASIL KERJANYA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "S. Abdulrachman RAPAT KERJA MASTEL 2007 – JAKARTA, 3 Juli 2007 BEBERAPA INFORMASI MENGENAI POKJA PENYIARAN MASTEL, KEGIATAN DAN HASIL KERJANYA."— Transcript presentasi:

1 S. Abdulrachman RAPAT KERJA MASTEL 2007 – JAKARTA, 3 Juli 2007 BEBERAPA INFORMASI MENGENAI POKJA PENYIARAN MASTEL, KEGIATAN DAN HASIL KERJANYA

2 PENGORGANISASIAN PROGRAM KERJA HASIL-HASIL YANG DICAPAI KESIMPULAN dan SARAN ISI PENYAJIAN

3 PENGORGANISASIAN Pra-Munas MASTEL 2006 Sub-Pokja Penyiaran dalam Pokja MASTEL Penyusunan Blue Print Telematika; Ketua Ir. Brandan Sembiring. Setelah Munas MASTEL 2006 Mempertahankan keberadaan Pokja: Teruskan yang sedang dikerjakan yang serasi dengan Program Kerja Kepengurusan MASTEL Ketua tetap Ir. Brandan Sembiring; bila tidak hadir pmpinan rapat diserahkan kepada Ir. S. Abdulrachman.

4 PROGRAM KERJA POKJA PENYIARAN Dikaitkan dengan butir-butir Program Kerja MASTEL 2006 – 2009 PENGEMBANGAN INDUSTRI TELEMATIKA INDONESIA (utamanya dilihat aspek hukum/ pengaturan): Perampungan Naskah Cetak Biru dan roadmap Telematika Nasional; PENYEMPURNAAN PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN dengan mengacu pada Blue Print dan Road Map Telematika Nasional; PENGEMBANGAN INDUSTRI TELEMATIKA INDONESIA (utamanya dilihat aspek Pengusahaan); KAJIAN TEKNOLOGI BARU: Migrasi dari Sistem Penyiaran Analog ke Digital: Partisipasi dalam penyusunan kajian (Nasional) migrasi penyiaran analog ke digital. (Referensi Matriks Program Kerja MASTEL 2006 – 2009)

5 5 JALUR KEGIATAN POKJA 1. Menyempurnakan Green Paper MASTEL tentang Penyiaran dalam rangka penyusunan Kebijakan Nasional dan Cetak Biru Telematika Indonesia. Pendekatan yang diambil oleh Pokja adalah menyusun Green Paper (berbentuk kuestioner) untuk memperoleh masukan untuk dapat menyusun rancangan Buku Putih tentang Penyiaran; 2. Partisipasi dalam kegiatan Tim Nasional Migrasi Sistem Penyiaran Analog ke Digital, termasuk penyusunan (oleh Tim Nasional) BUKU PUTIH MIGRASI SISTEM PENYIARAN ANALOG KE DIGITAL DI INDONESIA;

6 5 JALUR KEGIATAN POKJA 4. Partisipasi dalam menyusun Cetak Biru dan Road Map Telematika versi MASTEL, termasuk pemikiran-pemikiran mengakomodasi Konvergensi di bidang Telemtika/ ICT; 5. Ikut serta memonitor pelaksanaan UU 32/2002 tentang Penyiaran, termasuk tentang peraturan turunannya; 6. Kegiatan Insidental

7 HASIL-HASIL YANG DICAPAI Green Paper MASTEL tentang Penyiaran 1. Hambatan tersusunnya Naskah berisi Pokok- pokok Pikiran tentang Pengembangan Sistem Penyiaran Nasional a. Bentuk keluaran/output (deliverables), Green Paper atau Rancangan White Paper tentang Penyiaran? b. Perlunya masukan-masukan dari pakar sosiologi, budaya, dan dari industri pendukung penyiaran, 2. Tim Redaksi dibentuk untuk konsolidasi naskah yang ada, pemutakhiran (Pebr. 2007).

8 HASIL-HASIL YANG DICAPAI 3. Proses masih berjalan; nampaknya sukar untuk menyelesai-kannya dalam waktu singkat, antara lain terbatasnya sumber daya profesional penulis naskah. 4. Telah diadakan Loka Karya (13 April 2007) yang menampilkan Prof DR. Edi Sedyowati sebagai nara sumber untuk mengenali aspek- aspek budaya dalam kaitannya dengan Industri Kebudayaan (Culture Industry) Indonesia dan Pengembangan Sistem Penyiaran Nasional.

9 HASIL-HASIL YANG DICAPAI Partisipasi dalam kegiatan Tim Nasional Migrasi Sistem Penyiaran Analog ke Digital 1. Wakil MASTEL adalah Riza Permadi dan Juni Soehardjo, kemudian Riza Permadi mengundurkan diri (juga sebagai anggota DPH); 2. Masukan-masukan dari MASTEL secara kontinu disampaikan ke Tim Nasional Migrasi (sepanjang tahun 2006) – melalui perangkapan sebagai anggota Pokja dan organisasi lain;

10 HASIL-HASIL YANG DICAPAI 3. Penyusunan Rancangan Buku Putih Migrasi Sistem Penyiaran Analog ke Digital di Indonesia Pokja Penyiaran memberikan masukan-masukan yang substansial. 4. Sampai saat ini versi final Buku Putih tersebut belum disosialisasikan kepada anggota MASTEL; Versi akhirnya belum ditetapkan Departemen Kominfo?

11 HASIL-HASIL YANG DICAPAI Partisipasi dalam menyusun Road Map Telematika & Pemikiran tentang Perubahan Undang-undang Telematika 1. Dibahas dalam dua Pokja tersendiri); 2. Para anggota MASTEL memiliki hak individualnya untuk ikut berpartisipasi, terlepas dari Pokja Penyiaran MASTEL. 3. Ada kaitan antara kegiatan Pokja Penyiaran dan kegiatan penyusunan Roadmap Telematika/ ICT dan Perubahan Undang-undang Telekomunikasi/ Telematika: Perlu menemukan hal-hal mana yang relevan dengan bidang Penyiaran, yang sudah atau dapat disumbangkan pada kedua kegiatan diatas

12 HASIL-HASIL YANG DICAPAI 4. Masukan-masukan yang khusus menyangkut bidang Penyiaran yang diajukan sebagai bahan masukan untuk Pokja Roadmap ICT/ Pokja Perubahan Undang-undang sangat sedikit; 5. Beberapa pemikiran disampaikan pada pertemuan Gabungan Pokja Roadmap dan Perubahan Undang- undang menyangkut Penyiaran dan Konvergensi Penyiaran dengan Telekomunikasi dan Teknologi Informasi. Lihat Dokumen-dokumen Pertemuan Gabungan tanggal 6 Juni Diharapkan ada pengolahan lebih lanjut oleh Pokja Perubahan Undang-undang maupun Pokja Roadmap ICT terhadap masukan-masukan ini.

13 HASIL-HASIL YANG DICAPAI Memonitor pelaksanaan UU 32/2002, termasuk tentang peraturan turunannya 1. Tahun 2006 Pokja Penyiaran tidak mengadakan kegiatan yang berarti. 2. Sempat dicatat bahwa antara Pemerintah dan KPI (masa tugas ) tidak terdapat sinergi dalam bertindak, sebaliknya adanya gugatan “judicial review” yang diajukan oleh KPI kepada Mahkamah Agung tentang substansi/isi berbagai produk hukum turunan UU 32/2002. Gugatan tersebut sampai kini belum diputus oleh M.A. 3. Tidak berdayanya KPI dalam penegakan hukum berhadapan dengan pelaku industri penyiaran di Indonesia.

14 HASIL-HASIL YANG DICAPAI Memonitor pelaksanaan UU 32/2002, termasuk tentang peraturan turunannya 4. Adanya keinginan untuk mengadakan perubahan UU Penyiaran baik dari KPI, maupun dari kalangan industri penyiaran; 5. Pemerintah mungkin melihat adanya manfaat penyesuaian UU yang ada sehubungan dengan rencana migrasi ke Sistem Penyiaran Digital.

15 HASIL-HASIL YANG DICAPAI Kegiatan Insidental 1. Pergantian anggota KPI, terpantau adanya beberapa keganjilan dalam proses penggantian anggota KPI yang menjadi tanggung jawab DPR-RI, 2. Pengurus Harian MASTEL lakukan langkah untuk mengingatkan Komisi I DPR-RI untuk meluruskan proses penggantian anggota KPI. Bertemu dengan Komisi I DPR-RI. Dalam pertemuan tersebut telah dijelaskan posisi MASTEL dalam hal ini. 3. Beberapa anggota MASTEL menjadi calon anggota KPI; Tidak/ belum berhasil terpilih menjadi anggota KPI Pusat perioda

16 KESIMPULAN DAN SARAN 1. Pokja Penyiaran MASTEL telah berusaha sesuai kemampuannya untuk berpartisipasi dalam menyukseskan Program Kerja MASTEL ; 2. Tidak semua kegiatan telah menghasilkan keluaran (output) yang konkrit; 3. Masalah Penyiaran cukup penting, a. Sistem, Industri, Program dan Content penyiarannya serta industri perangkat keras-lunak/ content dalam negeri, b. Konvergensi antara infrastruktur dan jasa Penyiaran dan Telekomunikasi, maka kegiatan Pokja Penyiaran perlu dilanjutkan. 4. Perlu mempercepat adanya hasil keluaran (output) dari Pokja terkait Blue Print Pembangunan ICT/ Telematika Nasional, serta tingkatkan keterlibatan dalam penyusunan Roadmap dan Perubahan UU Telematika.

17 17


Download ppt "S. Abdulrachman RAPAT KERJA MASTEL 2007 – JAKARTA, 3 Juli 2007 BEBERAPA INFORMASI MENGENAI POKJA PENYIARAN MASTEL, KEGIATAN DAN HASIL KERJANYA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google