Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DASAR BASIS DATA BASIS DATA. TIU Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis data Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DASAR BASIS DATA BASIS DATA. TIU Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis data Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DASAR BASIS DATA BASIS DATA

2 TIU Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis data Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis data TIK Mampu mendefinisikan Basis data Mampu mendefinisikan Basis data Menjelaskan Manfaat & Tujuan basis data Menjelaskan Manfaat & Tujuan basis data Mengetahui Penerapan Basis data Mengetahui Penerapan Basis data Memahami operasi-operasi dasar terhadap basis data Memahami operasi-operasi dasar terhadap basis data

3 Konsep Basis Data Analogi ≈ Lemari Arsip Analogi ≈ Lemari Arsip MAP Disk FILE Lemari Arsip Basis Data NIMNamaAlamat Tgl. Lahir Adi Jl. Akasia 12 Januari Sandi Jl. Pulau Kawe 1 April Heru Jl. Ahmad Yani 31 Juli 1980

4 Latar Belakang Pemrosesan basis data menjadi perangkat andalan dan kehadirannya sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan Pemrosesan basis data menjadi perangkat andalan dan kehadirannya sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan Dalam pengembangan sistem informasi diperlukan basis data sebagai media penyimpan data Dalam pengembangan sistem informasi diperlukan basis data sebagai media penyimpan data Kehadiran basis data dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan tersebut, membantu pengambil keputusan untuk segera memutuskan suatu masalah berdasarkan informasi yang ada Kehadiran basis data dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan tersebut, membantu pengambil keputusan untuk segera memutuskan suatu masalah berdasarkan informasi yang ada

5 Pengertian Basis data Basis data adalah kumpulan data yang saling berelasi. Basis data adalah kumpulan data yang saling berelasi. Himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang yang disimpan secara bersama tanpa pengulangan (redundancy) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga kelak dapat dimanfaatkan dengan cepat dan mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang yang disimpan secara bersama tanpa pengulangan (redundancy) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga kelak dapat dimanfaatkan dengan cepat dan mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpan elektronis Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpan elektronis

6 Tujuan Basis data mengatur data sehingga diperoleh kemudahan, ketepatan dan kecepatan dalam pengambilan kembali. mengatur data sehingga diperoleh kemudahan, ketepatan dan kecepatan dalam pengambilan kembali. Tidak adanya redundansi dan menjaga konsistensi data. Tidak adanya redundansi dan menjaga konsistensi data. Pengaturan dalam pemilahan data sesuai dengan fungsi dan jenisnya. Pengaturan dalam pemilahan data sesuai dengan fungsi dan jenisnya.

7 Manfaat Basis data 1) Kecepatan dan Kemudahan (Speed) 2) Kebersamaan Pemakaian (Sharability) 3) Pemusatan Kontrol Data 4) Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space) 5) Keakuratan (Accuracy) 6) Ketersediaan (Availability) 7) Kelengkapan (Completeness) 8) Keamanan (Security) 9) Kemudahan dalam Pembuatan Program Aplikasi Baru 10) User View

8 Kecepatan dan Kemudahan (Speed) Memungkinkan kita untuk dapat menyimpan dan melakukan perubahan/manipulasi terhadap data atau menampilkan kembali data tersebut dengan lebih cepat dan mudah. Memungkinkan kita untuk dapat menyimpan dan melakukan perubahan/manipulasi terhadap data atau menampilkan kembali data tersebut dengan lebih cepat dan mudah.

9 Kebersamaan Pemakaian (Sharability) Pemakai basisdata tidak terbatas, pengisian data dapat dilakukan oleh beberapa orang dalam satu lokasi. Pemakai basisdata tidak terbatas, pengisian data dapat dilakukan oleh beberapa orang dalam satu lokasi.

10 Pemusatan Kontrol Data Data yang ada menjadi terpusat pada satu tempat penyimpanan. Sehingga kita dapat mengaksesnya kapan saja. Data yang ada menjadi terpusat pada satu tempat penyimpanan. Sehingga kita dapat mengaksesnya kapan saja.

11 Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space) Tidak adanya redundansi data sehingga efisiensi/optimalisasi penggunaan ruang penyimpanan dapat dilakukan. Penekanan jumlah redundasi data, dilakukan dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau membuat relasi antar kelompok data yang saling berhubungan. Tidak adanya redundansi data sehingga efisiensi/optimalisasi penggunaan ruang penyimpanan dapat dilakukan. Penekanan jumlah redundasi data, dilakukan dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau membuat relasi antar kelompok data yang saling berhubungan.

12 Keakuratan (Accuracy) Pemanfaatan pengkodean dengan batasan tertentu, yang membuat satu data menjadi unik dan berbeda dengan yang lain, sehingga ketika menyimpan data tidak akan ada data yang sama dalam penyimpanan. Pemanfaatan pengkodean dengan batasan tertentu, yang membuat satu data menjadi unik dan berbeda dengan yang lain, sehingga ketika menyimpan data tidak akan ada data yang sama dalam penyimpanan.

13 Ketersediaan (Availability) karena kepentingan pemakaian data, sebuah basis data dapat memiliki data yang disebar di banyak lokasi. Dengan pemanfaatan teknologi jaringan computer, data nasabah yang berada di suatu cabang sebuah bank dapat diakses (menjadi tersedia/availibility) di cabang lainnya. karena kepentingan pemakaian data, sebuah basis data dapat memiliki data yang disebar di banyak lokasi. Dengan pemanfaatan teknologi jaringan computer, data nasabah yang berada di suatu cabang sebuah bank dapat diakses (menjadi tersedia/availibility) di cabang lainnya.

14 Keamanan (Security) Adanya password setiap pemakai basis data. Kita juga dapat menentukan siapa saja yang boleh mengakses data penting atau data biasa Adanya password setiap pemakai basis data. Kita juga dapat menentukan siapa saja yang boleh mengakses data penting atau data biasa

15 Kemudahan dalam Pembuatan Program Aplikasi Baru Data yang disimpan dalam di eksport ke program aplikasi lain dengan menjamin terjaga/terpeliharanya data. Data yang disimpan dalam di eksport ke program aplikasi lain dengan menjamin terjaga/terpeliharanya data.

16 User View Pemakai dapat melihat langsung bentuk tampilan penginputan data, sehingga memudahkan pemakai dlm mengelola data. Pemakai dapat melihat langsung bentuk tampilan penginputan data, sehingga memudahkan pemakai dlm mengelola data.

17 Penerapan Basis data Kepegawaian Kepegawaian Pergudangan (inventory) Pergudangan (inventory) Akuntansi Akuntansi Reservasi Reservasi Perbankan Perbankan Asuransi Asuransi Rumah Sakit Rumah Sakit Produsen Barang Produsen Barang

18 Industri Manufaktur Industri Manufaktur Pendidikan/Sekolah Pendidikan/Sekolah Telekomunikasi Telekomunikasi

19 Informasi Penjualan Retail pencarian jumlah penjualan pencarian jumlah penjualan mencari jumlah stok yang tersedia mencari jumlah stok yang tersedia barang apa yang paling laku dijual pada bulan ini barang apa yang paling laku dijual pada bulan ini laba bersih perusahaan laba bersih perusahaan

20 Informasi Untuk Perpustakaan pencarian data buku berdasarkan judul, pengarang atau kriteria lain dapat mudah dilakukan dengan basis data pencarian data buku berdasarkan judul, pengarang atau kriteria lain dapat mudah dilakukan dengan basis data Pencarian data peminjam yang terlambat mengembalikan juga mudah dilakukan sehingga bisa dibuat aplikasi pembuatan surat tagihan berdasarkan informasi yang tersedia Pencarian data peminjam yang terlambat mengembalikan juga mudah dilakukan sehingga bisa dibuat aplikasi pembuatan surat tagihan berdasarkan informasi yang tersedia

21 Informasi Retail Perbankan Dengan memanfaatkan teknologi jaringan, kemampuan basis data dapat dioptimalkan misalnya transaksi antar cabang pada sebuah perbankan secara online. Dengan memanfaatkan teknologi jaringan, kemampuan basis data dapat dioptimalkan misalnya transaksi antar cabang pada sebuah perbankan secara online.

22 Operasi Dasar Basis data 1. Pembuatan basis data (create database) 2. Penghapusan basis data (drop database) 3. Pembuatan file/tabel (create table) 4. Penghapusan file/tabel (drop table) 5. Pengubahan tabel (Update …) 6. Penambahan/pengisian (Insert …) 7. Pengambilan data (Retrieve/search) 8. Penghapusan data (delete)


Download ppt "KONSEP DASAR BASIS DATA BASIS DATA. TIU Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis data Memahami konsep data, basis data dan penerapan basis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google