Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Basis Data.  Definisi Basis Data dalam berbagai sudut pandang, seperti :  a. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Basis Data.  Definisi Basis Data dalam berbagai sudut pandang, seperti :  a. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi."— Transcript presentasi:

1 Basis Data

2  Definisi Basis Data dalam berbagai sudut pandang, seperti :  a. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah

3  Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa tanpa adanya pengulangan yang tidak perlu yang disiapkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan  Kumpulan file/table/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis

4 Operasi Dasar Basis Data  Pembuatan Basis Data Baru (Create Database)  Penghapusan Basis Data (Drop DataBase)  Pembuatan file/tabel baru kedalam suatu Basis Data (Create table)  Penghapusan file/tabel dari suatu Basis Data (Drop table)  Penambahan/pengisian data baru ke sebuah file/tabel dalam sebuah Basis Data (Insert)

5 Lanjutan Operasi Dasar Basis Data  Pengambilan data dari sebuah file/tabel (retrieve/search)  Pengubahan data dari sebuah file/tabel (Update)  Penghapusan data dari sebuah file/tabel (Delete)

6 Objektif Basis Data 7 Tujuan (objektif) Basis data, antara lain; 1)Kecepatan dan Kemudahan (Speed) Manfaat basis data dalam menyimpan, merubah/manipulasi dan menampilkan kembali data dengan lebih cepat dan mudah 2)Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space) Melakukan penekanan terhadap jumlah redudansi (pengulangan) data dengan membuat relasi-relasi (dalam bentuk file) antar kelompok data yang saling berhubungan.

7 Lanjutan Objektif Basis Data 3) Keakuratan (Accuracy) Pemanfaatan pengkodean,relasi data, tipe data,domain data dan keunikan data sangat berguna untuk menekan ketidakakuratan pemasukan/penyimpanan data. 4) Ketersediaan (Availability) Dengan pemanfaatan teknologi jaringan komputer, data yang berada di suatu lokasi/cabang, dapat diakses (menjadi tersedia/available) bagi lokasi/cabang lain.

8 5) Kelengkapan (Completeness) Kemampuan basis data dalam melakukan perubahan struktur basis data, seperti; penambahan file baru atau field-field baru dapat mengakomodasi kebutuhan akan kelengkapan data yang semakin berkembang, 6)Keamanan (Security) Sejumlah aplikasi pengelola basis data dapat memberikan batasan-batasan pengguna suatu basis data, serta operasi-operasi apa saja yang diperbolehkan, sehingga terjaminnya keamanan suatu basis data. Lanjutan Objektif Basis Data

9 7) Kebersamaan Pemakaian (Sharability) Pemanfaatan basis data oleh banyak pemakai (multi user) dari sejumlah department dalam suatu perusahaan. Lanjutan Objektif Basis Data


Download ppt "Basis Data.  Definisi Basis Data dalam berbagai sudut pandang, seperti :  a. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google