Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gravitasi Lubang Hitam Oleh : Nisrina Qotrunnada Putri Nadine Ropi Tri Unifa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gravitasi Lubang Hitam Oleh : Nisrina Qotrunnada Putri Nadine Ropi Tri Unifa."— Transcript presentasi:

1 Gravitasi Lubang Hitam Oleh : Nisrina Qotrunnada Putri Nadine Ropi Tri Unifa

2 Lubang Hitam  Objek yang memiliki kecepatan lepas lebih dari kecepatan cahaya.  Kecepatan lepas?  Kecepatan sebuah objek yang diperlukan untuk dapat lolos dari tarikan gravitasi suatu objek.  Itulah mengapa cahaya tidak bisa keluar dari lubang hitam.

3 Lubang hitam melintasi pusat galaksi

4 Radius Schwarzschild  Jika kita memiliki suatu objek dengan massa M,  Radius Schwarzschild adalah jari-jari sebuah bola yang mengungkung massa M tersebut, agar objek tersebut menjadi lubang hitam.  Kita juga dapat mendefinisikan lubang hitam sebagai sebuah objek bermassa M yang seluruh massa objek tersebut berada di dalam radius Schwarzschild-nya.  Rumus radius Schwarzschild R = 2GM/C 2  dimana G = 6,67 x Nm 2 kg -2, M = kg massa lubang hitam, C = cepat rambat cahaya.

5 Radius Schwarzschild Bumi dan Matahari  Kita dapat menghitung bahwa seluruh massa Bumi (5.97 x kg) harus dipadatkan menjadi bola dengan jari-jari 9 milimeter saja.  Apabila misalnya kita ingin menjadikan Matahari sebuah lubang hitam, maka seluruh massa Matahari (2 x kg) harus dipadatkan ke dalam bola dengan jari-jari 3 kilometer saja.

6 Apa yang terjadi bila kita berada di dekat lubang hitam?  Tergantung jarak objek tersebut.  Ada bintang-bintang yang mengorbit lubang hitam supermasif yang berada di pusat Galaksi kita.  Banyak sistem ganda di mana satu pasangannya adalah sebuah lubang hitam dan yang satu lagi adalah bintang normal.  Orbit objek-objek ini stabil meskipun mereka mengorbit lubang hitam.  Jarak aman di mana kita masih dapat mengorbit lubang hitam dalam orbit berbentuk lingkaran adalah 1.5 kali radius Schwarzschild lubang hitam tersebut.

7 Namun jika jaraknya < 1.5 Radius Schwarzschild?  Kita akan bergerak dalam orbit berbentuk spiral mendekati lubang hitam tersebut, hingga kita mencapai radius Schwarzschild lubang hitam tersebut.  Pada radius ini, kecepatan lepas akan sama dengan kecepatan cahaya sehingga semua yang masuk akan terperangkap.  Batasan tersebut disebut juga sebagai horison peristiwa/event horizon  yang berada pada permukaan bola yang jari-jarinya sama dengan radius Schwarzschild.

8 Pembentukan lubang hitam  Lubang hitam seukuran bintang terbentuk ketika sebuah bintang masif kehabisan bahan bakar untuk menahan tarikan gravitasinya sendiri.  Masif = massa bintang 25 kali atau lebih massa Matahari.  Bintang tersebut akan runtuh ke pusatnya.  Sebagian dari materi bintang yang tidak ikut membentuk materi bintang akan terlontar kembali ke ruang angkasa dalam wujud ledakan bintang yang dinamakan supernova.  Pada akhirnya, lubang hitam yang terbentuk akan memiliki massa beberapa kali massa Matahari kita.

9 Singularitas  Di pusat setiap lubang hitam terdapat titik yang dinamakan titik singularitas, yaitu titik di mana kepadatan massa dan kurvatur ruang-waktu bernilai tak hingga.  Pada titik ini hukum-hukum fisika yang kita ketahui tidak lagi bekerja. Pada titik singularitas terjadi penyatuan gaya-gaya fundamental di alam semesta.  Karena kita tidak mengetahui seperti apa bentuk perpaduan tersebut, maka kita tak dapat menjelaskan apa yang terjadi pada titik singularitas lubang hitam.

10 Selain lubang hitam masif, ada juga lubang hitam supermasif.  Sangat masif, punya gaya gravitasi yang sangat kuat, dan biasanya hidup di pusat galaksi.  Ada beberapa teori yang dikembangkan untuk menjelaskan pembentukan lubang hitam supermasif.  Salah satunya adalah bahwa lubang hitam supermasif terbentuk dari lubang hitam generasi awal yang kemudian bertumbuh menjadi besar setelah melahap bintang dan gas yang ada di sekelilingnya.  Teori lainnya, lubang hitam supermasif juga bisa terbentuk dari penggabungan lubang hitam yang menjadi inti galaksi-galaksi kecil saat galaksi-galaksi tersebut saling bertabrakan.

11 Mengamati keberadaan lubang hitam  Secara definisi lubang hitam tidak memancarkan sinar apa-apa, dan oleh karena seharusnya tidak bisa diamati.  Akan tetapi, sebuah lubang hitam juga memiliki gaya gravitasi dan oleh karena itu ia dapat berinteraksi dengan objek-objek di sekitarnya.  Astronom banyak mengamati suatu sistem bintang di mana sebuah bintang nampak mengorbit suatu pasangan yang tak terlihat.  Bisa jadi ini adalah sebuah lubang hitam, namun bisa jadi pula ini adalah sebuah bintang yang terlalu redup untuk dapat diamati.

12 Pendapat Stephen Hawking  Dalam bukunya A Brief History of Time, Stephen Hawking mengemukakan bahwa sebuah lubang hitam dapat memancarkan radiasi meskipun sinar tidak dapat lolos dari horison peristiwa sebuah lubang hitam.  Menurut teori kuantum, posisi suatu partikel tidaklah dapat ditentukan. Apa yang dapat kita tentukan adalah kebolehjadian menemukan sebuah partikel pada waktu dan posisi tertentu.  Karena sifat probabilistik sebuah partikel ini maka dapat saja terjadi sebuah reaksi di mana, misalnya, sebuah partikel dan antipartikel (misalnya elektron dan positron) bertumbukan di dalam horison peristiwa lalu terciptalah sepasang foton, di mana foton yang satu berada di luar horison peristiwa.  Foton ini kemudian akan dapat lolos dari lubang hitam tersebut dan akan kita amati sebagai pancaran radiasi yang kita namakan sebagai Radiasi Hawking.

13  1. Salah Satu Objek Terpadat Di Alam Semesta 2. Beberapa Lubang Hitam Memiliki Massa Miliaran Kali Dari Massa Matahari Kita 3. Lubang Hitam Bukan Pembersih Kosmik 4. Jika Seseorang Masuk Kedalam Lubang Hitam Akan Menjadi "Spagettified" 5. Kecoa Kemungkinan Selamat Jika Jatuh Ke Lubang Hitam 6. Cahaya Tidak Dapat Melarikan Diri Dari Lubang Hitam 7. Studi Lubang Hitam Semuanya Hanya Teori 8. Meskipun Mereka "Hitam", Kita Masih Mendeteksi Keberadaan Mereka, Meskipun Tidak Langsung. 9. Kemungkinan Kita Hidup Di Dalam Lubang Hitam 10. Lubang Hitam Terdekat Bumi

14 Kesimpulaaannyaaa.... Lubang hitam memiliki gaya gravitasi yang sangat besar dan semua benda yang terlalu dekat dengan lubang hitam tersebut akan tersedot masuk dan tidak dapat keluar lagi termasuk cahaya.

15 Citra inti bima sakti yang diambil oleh teleskop Swift X-ray Ilustrasi awan gas bergerak menuju lubang hitam Bima Sakti Ilustrasi lubang hitamBergabungnya dua lubang hitam.

16 Daftar Pustakanya...   lubang.html lubang.html  hitam-yang.html hitam-yang.html 

17 Yes of course my friend


Download ppt "Gravitasi Lubang Hitam Oleh : Nisrina Qotrunnada Putri Nadine Ropi Tri Unifa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google