Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 6 Andini Puspa L 1005513 Asep 1000848 Widia Indah 1000479 Pita Arianti 1006216 Windi Fajar 1000790.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 6 Andini Puspa L 1005513 Asep 1000848 Widia Indah 1000479 Pita Arianti 1006216 Windi Fajar 1000790."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 6 Andini Puspa L Asep Widia Indah Pita Arianti Windi Fajar

2 KOMUNIKASI ANTARA SEKOLAH DAN MASYARAKAT untuk melayani masyarakat dengan efektivitas maksimum, harus ada komunikasi terus menerus antara sekolah dan masyarakat.

3 Komunikasi adalah sistem saraf komunitas sekolah. Melalui sistem impuls diterima, pesan yang dikirim keluar, dan reaksi dirangsang. Jika jaringan saraf komunikasi rusak di setiap area tubuh komunitas sekolah, seluruh kompleks menderita. ANALOGI Komunikasi = saraf tubuh manusia ???? JIKA BERHUBUNGAN BAIK SATU SAMA LAIN MAKA PRODUKTIVITAS TUBUH AKAN BAIK. NAMUN DAPAT TERJADI PULA SEBALIKNYA.

4 Pencapaian sistem komunikasi yang efektif membutuhkan perencanaan yang cermat berdasarkan pada pengetahuan melalui struktur sosial masyarakat. dibutuhkan beberapa tahun untuk mengembangkan sebuah sistem komunikasi yang cukup komprehensif. komunikasi bukan pekerjaan satu orang, melainkan tugas yang memerlukan usaha kooperasi dari banyak orang.

5 komunikasi modern harus cukup fleksibel untuk mengakomodasi setiap perubahan Sistem komunikasi yang paling efektif biasanya hati-hati dan terstruktur. Struktur adalah kerangka mapan saluran komunikasi yang dirancang untuk mempromosikan arus informasi yang efisien dan efektif. Dalam sistem sekolah kecil komunikator mungkin bisa digolongkan seperti pengawas sekolah, asisten Kepala, atau seorang guru jurnalisme atau pengajar bahasa Inggris.

6 tujuan komunikasi komunitas sekolah 1.Terlalu memberikan orang dengan informasi tentang sekolah mereka. 2.Wajar dari yang pertama. itu adalah untuk menyediakan sekolah dengan informasi tentang masyarakat 3. Agar orang lain yang mengikuti perkembangan sekolah untuk membangun kepercayaan publik dalam menjaga sekolah- sekolah. 4.Mengamankan dukungan masyarakat untuk sekolah suatu program. 5.Untuk mengembangkan kebersamaan tujuan, usaha, dan prestasi. komunikasi yang baik dapat mengembangkan rasa berbagi dengan masyarakat dalam program sekolah 6.Mengembangkan pengakuan masyarakat akan pentingnya pendidikan dalam kehidupan sosial dan ekonomi 7.Merumuskan metode yang lebih baik dari pengajaran dan pembelajaran di sekolah. Harus dapat mengadopsi ide-ide baru yang menjanjikan perbaikan pendidikan 8.Mengembangkan kerjasama publik yang sehat. 9. Untuk mengamankan evaluasi resmi. 10. Tujuan akhir itu adalah untuk mengembangkan niat baik publik terhadap sekolah.

7 Unsur-unsur komunikasi 1)sebuah sumber dari mana informasi berasal. 2) terapi atau pembiasaan informasi yang akan dikirim, 3)media transmisi, 4) penerima yang mengambil pesan, 5)reaktor yang menerima atau menolak informasi ini adalah salah satu cara komunikasi.

8 Proses komunikasi Proses pertama komunikasi massa Kata-kata tertulis masih merupakan sarana utama komunikasi massa meskipun ada terobosan berupa presentasi radio dan televisi. Proses kedua orang-ke-orang Orang-ke-orang komunikasi adalah inheren proses dua cara yang hampir tanpa kecuali. Media percakapan, misalnya, komunikasi ini merupakan komubnikasi dua arah.

9 Empat sarana utama komunikasi Kata yang diucapkan, seperti Kata-kata tertulis, seperti koran, majalah, tabloid,dll. Gambar Gambar adalah sarana komunikasi yang sangat kuat. "satu gambar bernilai ribuan makna. Kata, cukup benar dalam banyak situasi. Tindakan fisik.

10 Kontak langsung dengan individu mendorong mereka untuk mengidentifikasi diri mereka lebih dekat dengan sekolah. Mereka memiliki kesempatan untuk menyumbangkan ide- ide mereka, dan aspirasi mereka untuk pengembangan program sekolah. Hal ini cenderung menciptakan sikap berbagi, kerja sama antara individu dan sekolah. Pelaporan ke orang tua tentang kemajuan akademis murid adalah kebiasaan komunikasi sekolah-sekolah sendirikepada publik. Ini merupakan cermin budaya sekolah yang baik.

11 Kontak langsung dengan personil sekolah dengan individu dan organisasi dapat berperan penting dalam menyampaikan informasi tentang sekolah, menafsirkan program sekolah, membersihkan kesalahpahaman, dan mengevaluasi dampak dari penggunaan media lain. Reaksi ini akan mendapat respon yang jujur ​​dan objektif dari masyarakat dan ini dapat dijamin. Surat pribadi, catatan informal, dan bahkan telegram adalah media yang berguna bagi orang- ke-orang kontak dengan sekolah dan masyarakat. Surat pribadi dari pengawas sekolah ini dinilai cukup efektiv dalam komunikasi sekolah dengan pihak-pihak terkait lainya.

12 Kegagalan komunikasi Jika terjadi kesalah pahaman secara berkesinambungan terhadap sekolah dan masyarakat menganggap citra sekolah buruk hingga pada ahirnya sekolah tumbang dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya lagi. Hal ini dapat dikatakan kegagalan yang berdampak pada keefektivan sekolah sebagai lembaga pelayanan publik.

13 Media Massa Menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers : " Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia ".

14  Keefektifan menggunakan media massa sangat tergantung pada pemahaman tentang sifat, potensi, keterbatasan, dan cara di mana mereka berfungsi. Pesan tertentu, pada waktu tertentu, untuk orang-orang tertentu mungkin akan menemukan satu media yang paling sesuai, sedangkan pesan yang sama di lain waktu, atau diarahkan ke elemen dari populasi, akan lebih baik ditularkan melalui media lain. Media massa yang paling umum tersedia di sekolah dapat dibagi menjadi dua kelas yaitu, : 1.disponsori oleh sekolah (surat kabar sekolah, pameran sekolah, tape recorder, dan proyektor ; poster, pamflet, dan brosur yang diterbitkan oleh sekolah; Kelas buku - tahunan, laporan tahunan, dan publikasi serupa) 2. orang-orang yang berasal dari luar lingkungan sekolah

15 Media massa secara keseluruhan memiliki Keuntungan yang berbeda sehingga memungkinkan untuk merangkul sejumlah besar orang dalam waktu yang relatif singkat. Di sisi lain, media massa juga memiliki keterba- tasan tertentu yang mempengaruhi penggunaan mereka dalam sistem komunikasi sekolah- masyarakat, diantaranya ; 1.Keterbatasan ini adalah komunikasi massa bersifat satu arah. penerima tidak dapat berbicara kembali kepada atau bertanya kembali pada pesawat televisi atau radio, koran lokal, atau publikasi sekolah. 2.Media massa adalah pembawa pesan yang sama, adalah hal yang mustahil mengadaptasi bahan berita untuk berbagai jenis kalangan pembaca 3.Media massa tunduk pada penafsiran yang sering tidak akurat. 4.pengevaluasian hasil dari penggunaan media massa oleh sekolah sulit jika tidak mustahil.Hal ini, tentu saja, dikarenakan karakteristik dari komunikasi satu arah.

16 Jenis – jenis dari Media Massa Sekolah a. Koran Sekolah media koran sekolah mungkin adalah yang paling umum ada. Sementara sirkulasi di luar sekolah itu sendiri sebagian besar terbatas pada orang tua, itu dibaca oleh hampir semua siswa yang, pada gilirannya, berhubungan isinya kepada orang tua dan teman-teman. b. Pameran Sekolah Pameran sekolah, ketika dilakukan dengan baik, memberikan ide kepada masyarakat tentang sifat dan kualitas kerja yang dilakukan oleh sekolah. Pameran menampilkan seni grafis, logam, mesin-alat produk, dan fenomena ilmiah yang dihargai oleh pelanggan sekolah. Presentasi yang dramatis, produksi musik, dan kontes atletik menyampaikan kesan yang jelas tentang suasana dan prestasi sekolah. c. Tape Recorder dan Proyektor Tape recorder dan proyektor hanya baru-baru ini mencapai penggunaan umum. Mereka dapat jadi amat penting dalam menyajikan karya sekolah untuk kelompok masyarakat. Kaset rekaman persidangan kelas, diskusi mahasiswa, rapat fakultas, dan peristiwa serupa terus menjaga kepentingan anggota PTA dan penghubung kelompok sekolah lainnya.

17 Radio & televisi termasuk yang cepat mendapatkan lapangan sebagai media komunikasi komunitas sekolah. Di karenakan : Radio -> Sebagian besar pusat populasi atau lebih memiliki stasiun radio lokal untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil tersedia untuk sistem sekolah dalam cakupan area mereka. Maka dari itu ini memberi pengaruh yang cukup besar. Beberapa sekolah memiliki perjanjian kerjasama dengan stasiun lokal, siswa diberikan kesempatan untuk memberikan informasi. ini memberikan pengalaman labo- ratorium bagi mahasiswa yang tertarik di bidang radio. berita. Televisi -> Stasiun televisi biasanya menyediakan setengah jam atau satu jam per minggu untuk program informasi publik. baik guru dan siswa menyiapkan berbagai kegiatan seperti pentas seni, drama dll. Dalam kasus ini, peluang untuk mengko- munikasikan lebih besar.sehingga membuat televisi pendidikan memiliki dampak yang sesungguhnya

18 Media-media ini memiliki tanggungjawab kepada sekolah. Media-media ini juga tidak memiliki tradisi panjang untuk membawa berita pendidikan. Waktu mereka sejalan dengan kepentingan uang, dan tidak ada pendidikan yang komersial untuk menyajikan kompensasi finansial. Bagaimanapun, sebagai media publik, sebagian stasiun mengakui adanya kewajiban kepada publik untuk menyediakan waktu untuk penyiaran non komersial. Media ini memiliki kewajiban tertentu untuk meliput kegiatan sekolah yang akan lebih efektif jika dilaporkan oleh mereka. Karena televisi bisa memberikan suguhan suara dan gambar sekaligus, jadi lebih menarik minat

19 SELESAI & TERIMA KASIH


Download ppt "KELOMPOK 6 Andini Puspa L 1005513 Asep 1000848 Widia Indah 1000479 Pita Arianti 1006216 Windi Fajar 1000790."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google