Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KALIMAT. 1.Dari hasil penelitian itu membuktikan bahwa masalah gender muncul karena sikap ambivalen perempuan melekat kuat dalam diri perempuan. 2.Ia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KALIMAT. 1.Dari hasil penelitian itu membuktikan bahwa masalah gender muncul karena sikap ambivalen perempuan melekat kuat dalam diri perempuan. 2.Ia."— Transcript presentasi:

1 KALIMAT

2 1.Dari hasil penelitian itu membuktikan bahwa masalah gender muncul karena sikap ambivalen perempuan melekat kuat dalam diri perempuan. 2.Ia memukul anjing itu 3.adik bermain di halaman.

3 Syarat Kalimat dan Unsur Kalimat 1.Syarat Kalimat -Minimal memiliki unsur S dan P -Diawali dengan huruf kapital -Diakhiri dengan tanda baca (titik, seru, dan tanya)

4 2. Unsur Kalimat. a. Subjek (S) b. Predikat (P) c. Objek (O) d. Pelengkap (pel) e. Keterangan (Ket)

5 a. Subjek Ciri-ciri 1.Jawaban apa (jika benda) dan siapa (jika manusia) - Ranel belajar (siapa yang belajar?) - Perusahaan itu maju dengan pesat, (apa yang maju dengan pesat?) 2. Disertai kata itu. - Tulisan itu bagus. - Tulisan bagus itu menarik perhatian.

6 3. Biasanya diisi oleh jenis kata atau frasa nomina (kata benda), klausa atau frasa verba Ikata sifat). contoh Adik bermain bola. Mobil baru itu bagus. Orang yang memakai kacamata itu cantik. Berjalan kaki menyehatkan badan.

7 4. Tidak di dahului preposisi (dari, dalam, di, ke, kepada, pada) Pada tabel di atas menunjukkan bahwa peningkatan jumlah penduduk mencapai 1% per tahun. (Gara-gara preposisi pada, kalimat ini tidak memiliki subjek) seharusnya Tabel di atas menunjukkan bahwa peningkatan jumlah penduduk mencapai 1% per tahun.

8 b. Predikat Ciri-ciri 1.Jawaban atas pertanyaan mengapa atau bagaimana (untuk bentuk verba), sebagai apa atau jadi apa (untuk bentuk nomina). contoh Sulistiyono menyusun skripsi (Mengapa sulistiyono?) Ariani wartawan majalah wanita (jadi apa ariani?)

9 2. Dapat diingkarkan dengan kata tidak contoh Desi Ratna Sari tidak melupakan tugas rumah tangganya.

10 C. Objek Ciri-iri 1.Letak O selalu di belakang P yang berupa verba transitif, yaitu verba yang menuntut wajib hadirnya O. Contoh Dia menciptakan sejumlah opera. Menciptakan sejumlah opera dia.

11 2. Dapat menjadi subjek dalam kalimat pasif Contoh Saya sudah melihat hantu itu. (kalimat aktif) Hantu itu sudah saya lihat. (kalimat pasif)

12 3. Tidak didahului preposisi Contoh Pada zaman dahulu orang makan tangan. (sebagai objek) Pada zaman dahulu orang makan dengan tangan. (sebagai keterangan)

13 d. Pelengkap Ciri-ciri 1.Tidak menjadi subjek dalam kalimat pasif. contoh Sutardji membacakan pengagumnya puisi kontemporer. (aktif) Pengagumnya dibacakan Sutardji Puisi Kontemporer. (Pasif)

14 e. Keterangan Ciri-ciri 1.Bersifat mana suka. Wajib hadir dan tidak wajib hadir. Contoh. Cincin itu terbuat dari emas. (wajib) Dengan komputer pesawat itu dapat dipantau dari bumi.(tidak wajib)

15 2. Tidak terikat posisi bisa di awal, tengah, dan akhir kalimat. Contoh Kemarin dia datang. Dia datang ke rumahku. Melati mengatakan, ketika melepas pelukan, bahwa dia sudah menikah.

16 Latihan 1.James Watt meninggal pada 23 Agustus Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih. 3.Mereka membawakan anak-anak panti asuhan ini pakaikan. 4.Mereka belajar membaca dan menulis di ruangan ini. 5.Lulusan SLTA sejak tahun lalu mempunyai dua pilihan.


Download ppt "KALIMAT. 1.Dari hasil penelitian itu membuktikan bahwa masalah gender muncul karena sikap ambivalen perempuan melekat kuat dalam diri perempuan. 2.Ia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google