Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kalimat dalam Komunikasi Kuliah Keempat oleh Abdul Gaffar Ruskhan Institut Bisnis dan Infomatika Indonesia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kalimat dalam Komunikasi Kuliah Keempat oleh Abdul Gaffar Ruskhan Institut Bisnis dan Infomatika Indonesia."— Transcript presentasi:

1 Kalimat dalam Komunikasi Kuliah Keempat oleh Abdul Gaffar Ruskhan Institut Bisnis dan Infomatika Indonesia

2 Efektivitas Kalimat Kalimat yang kita gunakan dalam berkomunikasi hendaklah efektif Kalimat efektif di samping mudah dipahami juga menunjukkan tertibnya jalan pikiran kita. Penggunaan kalimat efektif akan memudahkan pembaca dalam memahami jalan pikiran kita. Kalimat efektif tidak memerlukan banyak kata, tetapi sedikit kata dan tersusun dengan apik sesuai dengan pola kalimat yang benar.

3 Fungsi Kalimat Ciri-Ciri Subjek (S) a.Jawaban apa atau siapa; b.Dapat disertai ini/itu sbg takrif c.Tidak didahului kata depan (KD); d.Kata benda(KB)/kelompok KB/kata yang memiliki salah satu ciri S

4 Ciri-Ciri Predikat (P) a.Jawaban mengapa dan bagaimana; b.Dapat disertai tidak/bukan sbg pengingkar; c.Dapat disertai ingin, hendak, mau, sudah, sedang, akan; d.Kata kerja(KK)/kelompok KK, KB’/kelompok KB, kata sifat (KS), kata bilangan(KBil)/kelompok KBil.

5 Ciri-Ciri Objek (O) a.Terdapat dl kalimat transitif; b.Langsung mengikuti P (KKTr); c.Tidak didahului KD; d.Tidak didahului kata adalah, merupakan, ialah; e.Dapat menjadi S kalimat pasif (oposisi aktif); f.KB, kelompok KB, atau anak kalimat.

6 Ciri-Ciri Pelengkap a.Melengkapi makna KK (P- b.terdapat dl kalimat ber-P KK; c.Posisinya setelah P; d.Tidak didahului KD; e.KB, kelompok KB, KS, atau kelompok KS; f.Tidak dapat menjadi S kalimat pasif.

7 Ciri-Ciri Keterangan a.Memberikan informasi tt tempat, waktu, cara, alat, sebab, akibat; b.Memiliki keluasan posisi (akhir, awal, menyisip di antara S dan P; c.Didahului KD (di, ke, dari, pada, kepada, dalam, dengan); d.Berupa kata, kelompok kata (frasa berpreposisi), atau anak kalimat.

8 Pola Kalimat Kalimat berpola SP (P=KK) 1)Mahasiswa berdiskusi. 2)Mereka bersemangat. 3)Tony datang. Kalimat berpola SP (P=KB) 1)Mereka mahasiswa. 2)Pak Gaffar dosen Bahasa Indonesia. 3)Temannya petenis.

9 Kalimat berpola SP (P= KS) 1)Mahasiswa itu cerdas. 2)Mereka gembira. 3)Buku itu mahal. Kalimat berpola SPO (P= KKTr.) 1)Mahasiswa manjawab soal. 2)Mereka mengajukan pertanyaan. 3)Pak Dosen menanggapi komentarnya.

10 Kalimat berpola SPOPel 1)Saya memberi Anda sebuah buku. 2)Ayah membawakan adik fomulir PT. 3)Budi membelikan kekasihnya arloji. Kalimat berpola SPOK 1)Mahasiswa mmendengarkan kuliah dengan tenang. 2)Ayahnya menyelesaikan studi di Amerika. 3)Saya membeli kalkulator kemarin.

11 Kalimat berpola SPK 1)Mahasiswa itu berasal dari Medan. 2)Buku itu ditaruh di atas meja. 3)Mereka berangkat pagi. Kalimat berpola SPPel 1)Pelajar itu kemasukan setan. 2)Saudaranya menjadi guru teladan. 3)Mereka berjabatan tangan.

12 Membuat Kalimat secara Efektif Contoh kalimat yang tidak efektif (1)Tugas kemanusian dalam suatu jabatan ialah untuk mengelola sejumlah manusia yang memerlukan keprihatinan serta dedikasi yang tangguh. Kalimat (1) terdiri atas tiga bagian: (a) tugas kemanusiaan di dalam suatu jabatan, (b) ialah untuk mengelola sejumlah manusia, dan (c) memerlukan keprihatinan (?) dan dedikasi yang tanguh.

13 Bandingkan dngan kalimat berikut. 1a. Tugas kemanusian dalam suatu jabatan yang memerlukan kepribadian serta dedikasi yang tangguh adalah pengelolaan sejumlah manusia. 1b. Tugas kemanusian dalam suatu jabatan, yakni pengelolaan sejumlah manusia, memerlukan kepribadian serta dedikasi yang tangguh.

14 1c. Tugas kemanusian dalam suatu jabatan adalah pengelolaan sejumlah manusia. Hal itu memerlukan kepribadian serta dedikasi yang tangguh. 1d. Tugas mengelola sejumlah manusia, yang merupakan tugas kemanusian dalam suatu jabatan, memerlukan kepribadian serta dedikasi yang tangguh.

15 (2) Dikatakan bahwa sumpah itu sebenarnya adalah sebuah perisai yang harus ditempatkan di bagian depan diri kita, agar tidak terjerumus kepada sesuatu yang kita tidak boleh perbuat dan sumpah itu merupakan pedoman di dalam melaksanakan tugas.

16 Perhatikan perbaikan kalimat (2). (2) Dikatakan bahwa sumpah itu sebenarnya adalah sebuah perisai yang harus ditempatkan di bagian depan diri agar kita tidak terjerumus kepada sesuatu yang tidak boleh kita perbuat. Sumpah juga merupakan pedoman di dalam melaksanakan tugas.

17 Tugas Mandiri 1.Perbaiki kalimat latihan …. dalam Cermat Berbahasa Indonesia agar menjadi efektif. 2.Tandailah unsur kalimatnya.


Download ppt "Kalimat dalam Komunikasi Kuliah Keempat oleh Abdul Gaffar Ruskhan Institut Bisnis dan Infomatika Indonesia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google