Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Suparno STMIK Palangkaraya Blog : Central Processing Unit Pengenalan Pengolahan Data Elektronik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Suparno STMIK Palangkaraya Blog : Central Processing Unit Pengenalan Pengolahan Data Elektronik."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Suparno STMIK Palangkaraya Blog : Central Processing Unit Pengenalan Pengolahan Data Elektronik

2 Pengertian CPU Sebagai Pusat kendali/kontrol yang mengkonversi data menjadi sebuah informasi. Tugasnya melaksanakan (execute) program yang disimpan di dalam memori utama (main memory) dengan mengambil instruksi, memeriksa instruksi dan melaksanakan (execute) instruksi demi instruksi. Dengan dukungan komponen lainnya, Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali semua kegiatan sistem komputer.

3 Terminologi Processor adalah sebuah IC (Integrated Circuit yaitu chip micropocessor) yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Ukuran kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi adalah Hertz (Hz) – GigaHertz (GHz) Merk prosesor biasanya mengikuti nama pembuatnya, yang terkenal dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

4 Kedudukan Fisik Processor terletak pada socket dalam motherboard, dan dapat diganti dengan lainnya asal sesuai dengan socketnya.

5 Kedudukan Fisik

6 Bagian-Bagian Processor Memory Unit (MU) Control Unit (CU) Arithmatics Logic Unit (ALU) Input Device C P U Memory Unit/Register Processor Control Unit A L U ROM RAM Output Device

7 Memory Unit Register atau Memroy Unit merupakan alat penyimpanan yang kecil namun mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. Untuk menyimpan data dan atau instruksi yg sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data pada saat di olah atau diproses selanjutnya.

8 Memory Unit Register ini dapat dianalogikan sebagai ingatan pada otak saat melakukan perhitungan manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan- ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

9 Control Unit Control Unit adalah yang mengatur jalannya program dan seluruh kegiatan komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi operasinya. Control Unit juga bertanggung jawab dalam mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Selanjutnya instruksi tersebut dikirim ke ALU, hasil dari pengolahan data dibawa kembali ke memori utama untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

10 Tugas Control Unit Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. Menyimpan hasil proses ke memori utama.

11 Arithmatics Logic Unit ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini yang menterjemahkan data.

12 Tugas Utama ALU Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Mengambil keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika (=, <>,, >=)

13 CPU Interconnections Sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register- register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti I/O. Piranti I/O Control Unit Arithmetic Logical Unit Register Main MemoriDiskPrinter Bus

14 Cara Kerja CPU Data atau instruksi dimasukkan ke processing- devices, melalui Input-storage; Jika instruksi ditampung oleh CU di Program- storage, Jika data ditampung di Working- storage. Jika register siap menerima pengerjaan eksekusi, maka CU akan mengambil instruksi dari Program-storage dan ditampungkan ke Instruction Register, alamat memori instruksi ditampung di Program Counter.

15 Cara Kerja CPU Data diambil oleh CU dari Working-storage dan ditampung di General-purpose register (yaitu Operand-register). Jika instruksi pengerjaannya arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi berdasar instruksi yang ditetapkan dan hasilnya ditampung di Accumulator. Jika pengolahan telah selesai, maka CU akan mengambil dari Accumulator dan ditampung kembali ke Working-storage.

16 Cara Kerja CPU Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka CU akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output- devices.

17 Perkembangan CPU PCCPUTAHUNJLH TRANSISTOR Generasi I8086 dan – Generasi II Generasi III80386DX dan 80386SX1987 – Dimulai pada tahun 1971, sebuah perusahaan kecil tidak terkenal (Intel) pertama kalinya menggabungkan beberapa transistor untuk membuat CPU ke dalam sebuah chip yang disebut Intel4004.

18 Perkembangan CPU PCCPUTAHUNJLH TRANSISTOR Generasi IV 80486SX, 80486DX, 80486DX2 dan 80486DX – Generasi V Pentium IBM/Cyrix 6X86 AMD K5 Pentium MMX AMD K6 Cyrix 6x86MX 1993 – – Genarasi VI Pentium Pro Pentium II


Download ppt "Oleh : Suparno STMIK Palangkaraya Blog : Central Processing Unit Pengenalan Pengolahan Data Elektronik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google