Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Pengolahan Data Komputer bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Pengolahan Data Komputer bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 6."— Transcript presentasi:

1 Sistem Pengolahan Data Komputer bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 6

2 Abstraksi Sistem Komputer Pada dasarnya yang ada dan dilakukan dalam sebuah sistem komputer terdiri dari empat komponen/ perangkat utama yakni : Perangkat keras (hardware) Program aplikasi (kategori software) Sistem operasi (kategori software) Pengguna (brainware) Sistem operasi berfungsi mengatur dan mengawasi penggunaan hardware oleh berbagai program aplikasi yang dijalankan oleh para pengguna.

3 Level Sistem Komputer Modern secara abstrak dibagi ke dalam :  Logika digital (digital logic level)  Kendali (control level)  Mesin (machine level)  Perangkat lunak (software level)  Bahasa rakitan (assembly language level)  Bahasa tingkat tinggi (high level language)  Pengguna (user) Terendah = 0 Tertinggi = 6

4 1. Logika digital (digital logic level) Komputer tersusun atas perangkat sirkuit dan gerbang-gerbang (gates) yang memberikan informasi atau instruksi-instruksi logika digital (digital logic). Instruksi yang diberikan adalah : ada atau dan adanya sinyal listrik. Digambarkan dengan bilangan numerik yaitu “0” (nol) untuk tidak adanya sinyal, dan “1” (satu) menggambarkan adanya sinyal. Selanjutnya disebut sebagai kode binary digit (bit).

5 Berdasarkan prinsip digital yang disebut bit tersebut maka terbentuk rangkaian logika digital dalam pemanfaatannya, yaitu : AND OR NOT

6 2. Kendali (control level) Merupakan perangkat yang digunakan untuk mengendalikan operasi komputer berupa set instruksi yang menyatu dengan perangkat keras komputer, disebut dengan mikrokontroler (microcontroller). Bagian yang terpenting dalam sistem komputerisasi adalah program, dimana program menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas. Tugas mikrokontroler adalah mengerjakan instruksi-instruksi yang diberikan kepadanya.

7 Secara umum, sistem komputer terdiri dari CPU dan sejumlah pengendali perangkat (device controller) yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke memori. Umumnya setiap device controller bertanggung jawab atas sebuah hardware khusus. Dikarenakan beberapa hardware dalam CPU dapat beroperasi secara bersamaan untuk mendapatkan akses ke memori, maka terkadang menimbulkan masalah sinkronisasi. Untuk mencegah masalah tersebut ditambahkan sebuah pengendali memori (memory controller) untuk sinkronisasi akses memori.

8 Proses Dalam CPU Pada dasarnya sistem komputer memiliki beberapa fungsi utama yaitu : data processing data storage data movement control Pengolahan data : proses menjadikan sebuah data dari data asli menjadi data yang baru (informasi) sesuai dengan kebutuhan pengolahan. Proses pengolahan data di CPU terdiri dari bagian : Control Unit ALU Register Unit

9 Control Unit (Unit Pengendali/ CU) Merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/ kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU. Output dari CU akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU.

10 ALU (Arithmetic and Logic Unit) Merupakan bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan Contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

11 Mikroprosesor adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor yang dapat melakukan pengolahan proses secara cepat. Mikroprosesor Intel tipe Core i7 keluaran tahun 2008

12 Renni Angreni, M.Kom.


Download ppt "Sistem Pengolahan Data Komputer bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google