Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Operasi Dosen Amrizal, S.Kom., M.S.I. Buku Sistem Operasi Kusnadi, S.T., M.Eng.Sc. Kusworo Anindito, S.T., M.T. Y. Sigit Purnomo W.P., S.T., M.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Operasi Dosen Amrizal, S.Kom., M.S.I. Buku Sistem Operasi Kusnadi, S.T., M.Eng.Sc. Kusworo Anindito, S.T., M.T. Y. Sigit Purnomo W.P., S.T., M.Kom."— Transcript presentasi:

1 Sistem Operasi Dosen Amrizal, S.Kom., M.S.I

2 Buku Sistem Operasi Kusnadi, S.T., M.Eng.Sc. Kusworo Anindito, S.T., M.T. Y. Sigit Purnomo W.P., S.T., M.Kom.

3 Materi 1.Tinjauan Umum Sistem Komputer 2.Tinjauan Umum Operasi 3.Konsep Proses 4.Manajemen Proses 5.Manajemen Memori 6.Manajemen Device 7.Manajemen Disk 8.Manajemen Berkas

4 Tinjuan umum sistem komputer 1.Perangkat keras(Hardware) 2.Perangkat lunak(Software) 3.Perangkat pengguna (Brainware)

5 Defenisi  Komputer : suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.  Terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).  Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).

6 Perangkat keras (Hardware) Adalah komponem yang berada pada tingkat paling bawah pada sisetm komputer dan merupakan komponem sistem komputer yang berwujud fisik.

7 STRUKTUR KOMPUTER  Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait

8 Pemroses (CPU) Pemroses disebut CPU, berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data. Pemroses melakukan kerja dengan langkah sbb: • Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama • Men-dekode instruksi menjadi proses-proses sederhana • Melaksanakan proses-proses tersebut

9 Pemroses (CPU) Operasi-operasi pada pemroses dikategorikan menjadi: • Operasi aritmetika Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsb • Operasi logika OR, AND, X-OR, inversi dsb • Operasi pengendalian Operasi percabangan, lompat dsb

10 Pemroses (CPU) Pemroses terdiri dari tiga komponen, yaitu: • CU (Control Unit) Berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer • ALU (Aritmetic Logic Unit) Berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika • Register Merupakan memori yang sangat cepat yang berfungsi sebagai tempat operan-operan dari operasi yang akan dilakukan oleh pemroses.

11 CU (Control Unit) / Unit Kendali • Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. • Mengartikan instruksi-2 dari program komputer. • Membawa data dari alat input ke memori utama. • Mengambil data dari memori utama untuk diolah. • Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. • Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

12 CU (Control Unit) / Unit Kendali • Kesimpulan tugas dari unit kendali ini adalah: – Mengatur & mengendalikan alat-alat input dan output. – Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. – Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan). – Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. – Menyimpan hasil proses ke memori utama.

13 ALU (Arithmatic and Logic Unit) • Melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. • Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. • Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari ( ), dan lebih besar atau sama dengan (≥).

14 Register • Alat penyimpanan kecil dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama. • Jenis-jenis register yang umum terdapat dalam suatu prosesor adalah : 1.Register penggunan a.Register data b.Register alamat

15 Register 2. Register status dan kontrol a.Register penghitung (PC, Program Counter Register) b.Register segmen kode instruksi (CS, Code Segment Register) c.Register Instruksi (IR, Instruction Register) d.Register Status (F, Flag Register) Interupsi adalah sinyal perangkat keras, terutama peranti I/O ataupun perangkat lunak untuk meminta prosesor melakukan tugas tertentu Interupsi dapat dikelompokkan atas : 1.Interupsi perangkat lunak (Software Interupt) 2.Interupsi perangkat keras (Hardware Interupt) a.Maskable Interupt b.Non Maskable interupt

16 Memory • Ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer yaitu: – Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses. – Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan. – Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.

17 Main Memory – Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan. – Main memory, dipergunakan untuk penampungan sementara (buffer) ketika processor membaca ataupun menulis dari/ke piranti I/O.

18 Sistem Bus Selain processor dan memory utama,komponem lain dari perangkat keras adalah sistem bus yang merupakan saluran komunikasi antar komponem internal komputer. Bus data terdiri dari : Bus kendali Bus alamat Bus data.

19 Sistem Bus Bus kendali : berfungsi sebagai jalur komunikasi informasi kendali dari processor ke komponem lainya. Bus alamat : berfungsi mengirim informasi alamat memori maupun modul I/O yang akan di akses Bus data : berfungsi sebagai saluran yang digunakan untuk mengirim data ataupun kode instruksi yang dibaca/tulis ke memory ataupun modul I/O.

20 Modul I/O Dapat dilihat sebagai subsistem eksternal bagi processor. Pengendali peranti I/O dilakukan secara tidak langsung melalui modul I/O. Ketika piranti input mengirim data, maka modul I/O akan mengirim interupsi kepada processor dan processor mengalihakan eksekusi ke bagian rutin penanganan (ISR). Dan ISR mengatur eksekusi dengan melibatkan bus data, bus alamat dan bus kendali.

21 Peranti I/O Peralatan peralatan Input data dan output data yang terlibat selama proses eksekusi komputer.

22 Perangkat lunak 1.Firmware 2.Sistem Operasi 3.Progam aplikasi

23 Firmware Merupakan perangkat lunak yang disertakan padan perangkat keras dari vendornya. Kode instruksi disimpan dalam perangkat keras contoh instruksi-instruksi BIOS dalam flash ROM motherboard, flash ROM dalam VGA Card. dll

24 Sistem Operasi Merupakan komponem perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola seluruh komponen dan sumber daya komputer, fisik, maupun non fisik (data ) agar dapat digunakan secara maksimal.

25 Progam aplikasi Tujuan akhir dari penggunaan komputer adalah membantu pekerjaan manusia, untuk itu diperlukan komponen perangkat lunak yaitu program aplikasi. Secara garis besar program aplikasi di kategorikan menjadi dua : 1.Aplikasi pengguna : membantu menyelesaikan masalah ( microsoft office, Myob, Autocat dll) 2.Aplikasi utility/ sistem : membantu pengelolaan sumber daya komputer (Winzip, Winamp, Antivirus, dll)

26 Perangkat Pengguna 1.Pemrogram sistem 2.Pemrogram aplikasi 3.Pengguna aplikasi

27 Pemrogram sistem Pengguna yang menggunakan sistem komputer untuk membuat perangkat lunak seperti sistem operasi dan aplikasi sistem disebut pemrogram sistem. Pengguna pada level ini haru memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara kerja perangkat keras komputer, konsep yang kuat mengenai perangkat lunak sistem serta menguasai tool-tool pengembangan perangkat lunak yang tersedia.

28 Pemrogram aplikasi Merupakan pengguna sistem komputer yang membuat aplikasi-aplikasi pengguna yang dijalankan diatas sistem operasi. Setiap aplikasi disesuaikan dengan bentuk permasalahan khusus yang hendak diselesaikan. Pengguna pada level ini haru memiliki pengetahuan yang memadai tentang bahasa pemrograman yang dapat menggunakan salah satu tool pemrograman serta menguasai permasalahan dan solusi untuk aplikasi yang hendak dikembangkan.

29 Pengguna aplikasi Pengguna ini menggunakan aplikasi yang dibuat pemrogram aplikasi maupun pemrogram sistem Pengguna pada level ini haru memiliki pengetahuan yang memadai tentang perangkat keras dan perangkat lunak sistem. Persyaratan minimalnya, pengguna aplikasi mampu bekerja dengan piranti I/O pada komputer serta memahami penggunaan program aplikasi.


Download ppt "Sistem Operasi Dosen Amrizal, S.Kom., M.S.I. Buku Sistem Operasi Kusnadi, S.T., M.Eng.Sc. Kusworo Anindito, S.T., M.T. Y. Sigit Purnomo W.P., S.T., M.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google