Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan."— Transcript presentasi:

1

2 Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan. Komputer : suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi.

3 Sistem Komputer terbagi menjadi 3 bagian : 1.Hardware (Perangkat Keras) Peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. 2.Software (Perangkat Lunak) Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. 3.Brainware (Perangkat pikir) Orang yang menggunakan komputer

4

5 Hardware terdiri dari : Input Device Process Device Output Device

6 PERIPHERAL DEVICE Process Device Input Device Output Device MEMORY RAMROM ALUCU -Keyboard -Mouse -Joystick -Light Pen -dll Monitor Printer Ploter dll

7 Keterangan gambar diatas : CU (Control Unit) Digunakan untuk mengatur dan menjalankan instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan. ALU(Arithmatic and Logic Unit) Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan arithmatic. RAM (Random Access Memory) Memori yang membaca dan menulis. ROM (Read Only Memory) Memori yang dapat membaca saja.

8 Jenis-jenis RAM : 1.SRAM ( Static RAM) 2.DRAM ( Dinamic RAM) 3.NVRAM 4.FRAM ( Ferroeletric RAM) Jenis-jenis ROM 1.PROM ( Programmable ROM) 2.EPROM (Eraseble ROM) 3.EEEPROM (Electrically Eraseble Programable ROM

9 Control Unit Merupakan salah satu bagian dari sebuah CPU yang berfungsi untuk mengontrol dari data atau instruksi

10 Memory, CU, ALU dihubungkan oleh Bus. BUS dibedakan menjadi 3 fungsi, yaitu : 1.Control BUS 2.Address BUS 3.Data BUS

11 Klasifikasi Software terbagi menjadi : Sistem Operasi (Operating Software) perangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Bahasa Pemrograman bahasa komputer yang digunakab untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer. Program Paket program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai.

12 Sistem Operasi (Operating System) Fungsi dasar : a)Menjadwalkan Tugas b)Mengelola Sumberdaya perangkat lunak dan perangkat keras c)Menjaga keamanan sistem d)Memungkinkan pembagian sumberdaya untuk beberapa pemakai e)Menyimpan catatan pemakai f)Menangani interrupt

13 Bahasa Pemrograman Adapun bahasa pemrograman yang dikenal saat ini: 1.Bahasa tingkat rendah (Low Level Language) contoh : bahasa mesin dan bahasa rakitan 2.Bahasa tingkat menengah (Middle Level Language) contoh : bahasa c 3.Bahasa tingkat tinggi ( High Level Language) contoh : BASIC, COBOL, PASCAL, PL/I, ALGOL

14 Program Paket Yaitu program komputer yang siap digunakan atau diseut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan. Contoh : lotus 123, Dbase, dan Wordstar.

15 Brainware dikelompokkan menjadi 3, yaitu: Operator seseorang yang mengoperasikan mesin komputer atau dapat pula dikatakan dengan seseorang yang menjelaskan tindakan untuk dilaksanakan. Programer seseorang yang bertugas merancang, menulis, dan menguji komputer System Analyst seseorang yang bertugas untuk melakukan spesifikasi penyelesaian masalah.

16 Sebuah komputer terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut : Processor. Memory. Modul I/O. Sistem BUS. Antar komponen dalam komputer bekerja sama untuk menjalankan fungsi utama komputer yaitu untuk menjalankan program.

17 Processor Melakukan fungsi pengolahan data, jika hanya terdapat 1 processor makan disebutr Central Processing Unit (CPU). Main Memory Menyimpan data & program, umumnya bersifat volatile (tidak permanen). Modul I/O Memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternalnya, misalnya peralatan komunikasi, memory eksternal, dll Sistem BUS Beberapa struktur dan mekanisme yang melakukan komunikasi antara processor, main memory, dan modul I/O.

18

19 Prosesor terdiri dari sejumlah register yang merupakan memory yang berkecepatan tinggi dan berukuran kecil daripada main memory. Fungsi register dalam processor : User visible register : memungkinkan programmer dapat mengurangi penggunaan main memory dan merujuk ke register. Control dan status register : mengontrol operasi prosesor serta mengontrol operasi prosesor.

20 Eksekusi Instruksi merupakan fungsi dasar komputer. Program yang akan dieksekusi terdiri dari beberapa instruksi yang tersimpan di dalam memory utama. Eksekusi instruksi terdiri dari proses pengambilan (fetch) dan eksekusi (execute).

21 Processor-Memory Data ditransfer dari processor ke memory atau dari memory ke processor. Processor-I/O Data ditransfer I/O ke processor dan sebaliknya. Data Processing Processing data dengan aritmatic maupun logic operation. Control Control atas proses yang terjadi.

22 Interrupt merupakan sinyal yang menyebabkan processor menghentikan suatu pekerjaan tertentu dan berpindah untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Jenis-jenis interrupt : Software interrupt merupakan interrupt yang disebabkan oleh software atau sering disebut sebagai System Call, misalnya suatu program ini mencetak hasil ke printer. Hardware inteerupt merupakan interrupt yang disebabkan oleh hardware yang terjadi karena ada akse dari perangkat keras, seperti penekanan tombol keyboard dan penggerakan pointer mouse, flash disk, DVD Room.

23 Program, sebagai akibat dari eksekusi instruksi, misalnya arithmatic Overvlow, Devision by Zero. Interrupt yang disebabkan oleh I/O, yang mengindikasikan bahwa proses telah selesai atau terjadi error. Kegagalan hardware, disebabkan oleh kegagalan hardware seperti power failur, dll.

24 Multiprogramming berkaitan dengan mekanisme untuk melayani banyak tugas yang dijalankan dalam satu processor yang sama / menggunakan resource processor yang sama. Merupakan model Interrupt. Pelaksanaan instruksi yang dilaksanakan meliputi beberapa process : Program dimuat ke dalam memory Program dijalankan sampai dengan program tersebut meng-akses I/O Eksekusi dialihkan ke perkerjaan / task yang lainya Langkah tersebut dilakukan secara berulang-ulang sampai semua task selesai dikerjakan

25 Multiprogramming diharapkan dapat meningkatkan utilitas CPU. Term Multiprogramming berbeda dengan Multitasking / Multiprocessing. Multiprogramming merujuk ke mekanisme interrupt yang mengoptimalkan penggunaan CPU dengan melakukan mekanisme switch ke pekerjaan yang lain jika program yang sedang dieksekusi sedang meng-akses I/O. Sedangkan Multiprocessing / Multitasking merupakan kemampuan untuk meggunakan beberapa processor untuk mengerjakan task pada machine yang sama pada waktu yang sama.

26

27


Download ppt "Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google