Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar 1. Searching adalah usaha untuk mencari satu atau lebih data dengan mengikuti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar 1. Searching adalah usaha untuk mencari satu atau lebih data dengan mengikuti."— Transcript presentasi:

1 Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar 1. Searching adalah usaha untuk mencari satu atau lebih data dengan mengikuti aturan atau kriteria tertentu. 2. Searching dilakukan untuk 2 (dua) tujuan: Memastikan keberadaan suatu data. Menghitung banyaknya suatu data. 3. Proses searching pada dasarnya adalah kegiatan memeriksa keberadaan sebuah data dalam sebuah basis-data (database). 4. Tindakan yang dilakukan terkait dengan ditemukannya data bukanlah menjadi bagian dari proses searching. 5. Kecepatan proses searching tidak ditentukan oleh berapa lama waktu yang digunakan untuk mencari suatu data, akan tetapi berapa jumlah langkah dalam mencari suatu data. 1. Searching adalah usaha untuk mencari satu atau lebih data dengan mengikuti aturan atau kriteria tertentu. 2. Searching dilakukan untuk 2 (dua) tujuan: Memastikan keberadaan suatu data. Menghitung banyaknya suatu data. 3. Proses searching pada dasarnya adalah kegiatan memeriksa keberadaan sebuah data dalam sebuah basis-data (database). 4. Tindakan yang dilakukan terkait dengan ditemukannya data bukanlah menjadi bagian dari proses searching. 5. Kecepatan proses searching tidak ditentukan oleh berapa lama waktu yang digunakan untuk mencari suatu data, akan tetapi berapa jumlah langkah dalam mencari suatu data.

2 Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar 1. Algoritma untuk searching: Sequential Search : mencari data secara urut dari data pertama sampai data terakhir. Binary Search : mencari data pada posisi ekstrem (awal, akhir dan tengah deretan). Syaratnya : data harus sudah dalam keadaan terurut. 2. Proses searching akan dihentikan jika terpenuhi 2 (dua) kondisi: Jika data yang dicari sudah ditemukan. Jika sudah tidak ada lagi data yang harus diperiksa. 1. Algoritma untuk searching: Sequential Search : mencari data secara urut dari data pertama sampai data terakhir. Binary Search : mencari data pada posisi ekstrem (awal, akhir dan tengah deretan). Syaratnya : data harus sudah dalam keadaan terurut. 2. Proses searching akan dihentikan jika terpenuhi 2 (dua) kondisi: Jika data yang dicari sudah ditemukan. Jika sudah tidak ada lagi data yang harus diperiksa.

3 Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar Algoritma Sequential Search: 1. Nilai pointer di-inisialisasi sama dengan 0 (nol). 2. Jika data pada index yang ditunjukkan oleh pointer sama dengan data yang dicari, maka proses dilanjutkan ke nomor Jika data pada index yang ditunjukkan oleh pointer tidak sama dengan data yang dicari: Naikkan nilai pointer. Proses kembali ke nomor Jika nilai pointer sama dengan jumlah elemen array, berarti data tidak ditemukan; selain itu berarti data ditemukan. Algoritma Sequential Search: 1. Nilai pointer di-inisialisasi sama dengan 0 (nol). 2. Jika data pada index yang ditunjukkan oleh pointer sama dengan data yang dicari, maka proses dilanjutkan ke nomor Jika data pada index yang ditunjukkan oleh pointer tidak sama dengan data yang dicari: Naikkan nilai pointer. Proses kembali ke nomor Jika nilai pointer sama dengan jumlah elemen array, berarti data tidak ditemukan; selain itu berarti data ditemukan.

4 Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar Metode Sequential Search pointer = 0 pointer < max pointer = pointer + 1 pointer == max PRINT “Tidak ada” PRINT “Ada” angka(pointer) == cari SALAH BENAR

5 Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar Sorting 1. Sorting adalah upaya untuk mengurutkan data mengikuti aturan atau kriteria tertentu. 2. Data yang telah disortir akan lebih mudah di-maintenance. 3. Metode pengurutan data ada 2 (dua): ASCENDING, yaitu data diurutkan dari nomor rendah menuju nomor tinggi. DESCENDING, yaitu data diurutkan dari nomor tinggi menuju nomor rendah. 4. Kecepatan proses sorting tidak ditentukan oleh berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyortir data, tetapi berapa banyak langkah yang dibutuhkan untuk melakukan penyortiran data. 1. Sorting adalah upaya untuk mengurutkan data mengikuti aturan atau kriteria tertentu. 2. Data yang telah disortir akan lebih mudah di-maintenance. 3. Metode pengurutan data ada 2 (dua): ASCENDING, yaitu data diurutkan dari nomor rendah menuju nomor tinggi. DESCENDING, yaitu data diurutkan dari nomor tinggi menuju nomor rendah. 4. Kecepatan proses sorting tidak ditentukan oleh berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyortir data, tetapi berapa banyak langkah yang dibutuhkan untuk melakukan penyortiran data.

6 Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar Algoritma untuk sorting: 1. Bubble Sort 2. Selection Sort 3. Insertion Sort 4. Radix Sort 5. Heap Sort 6. Merge Sort 7. Quick Sort Algoritma untuk sorting: 1. Bubble Sort 2. Selection Sort 3. Insertion Sort 4. Radix Sort 5. Heap Sort 6. Merge Sort 7. Quick Sort

7 Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar Metode Bubble Sort: FOR x = 1 TO (max-1) FOR y = (x+1) TO max angka(x) > angka(y) Tukar isi ke-X dan ke-Y x y SALAH BENAR

8 Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar 1. Menyortir data mahasiswa. 2. Menyortir data barang. 3. Menyortir data pegawai. 1. Menyortir data mahasiswa. 2. Menyortir data barang. 3. Menyortir data pegawai. Latihan

9 End of slide


Download ppt "Sorting Searching ARRAY 1 DIMENSI Implementasi Inisialisasi Manfaat Pengantar 1. Searching adalah usaha untuk mencari satu atau lebih data dengan mengikuti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google