Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENILAIAN BIDANG PENELITIAN PADA KENAIKAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN (Pengalaman sebagai Penilai PAK Dosen di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENILAIAN BIDANG PENELITIAN PADA KENAIKAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN (Pengalaman sebagai Penilai PAK Dosen di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian."— Transcript presentasi:

1 PENILAIAN BIDANG PENELITIAN PADA KENAIKAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN (Pengalaman sebagai Penilai PAK Dosen di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional RI dan Diktis Kemenag RI) Bahan Diskusi pada Workshop Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen STAIN Kendari, Jum’at 8 Agustus 2014 Oleh SUWITO HP

2 KELENGKAPAN ADMINISTRASI (Kenaikan ke LK dan terutama ke Profesor): Surat pernyataan bebas plagiasi yang bermeterai cukup. Validasi dari pimpinan perguruan tinggi bahwa semua karya yang dimajukan sesuai kode etik penulisan karya ilmiah dan dapat diakses secara online. Penilaian 2 orang teman sejawat (peer reviewer). NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional). Tesis dan disertasi Ijazah dari prodi doktor berakreditasi minimal B dan SK akreditasi harus dilampirkan.

3 LINEARITAS Pendidikan Formal Mata Kuliah yang Diampu Publikasi Ilmiah (S1), S2, S3 Sesuai Bidang/Sub Bidang Keilmuan yang tercantum dalam Ijazah

4 KARYA ILMIAH A No.JENIS KARYABATAS KEPATUTAN 1.BUKU AJAR/BUKU TEKS1 BUKU/TAHUN 2.DIKTAT1 DIKTAT/KARYA/SEMESTER 3.MODUL1 DIKTAT/KARYA/SEMESTER 4.PETUNJUK PRAKTIKUM1 DIKTAT/KARYA/SEMESTER 4.MODEL1 DIKTAT/KARYA/SEMESTER 6.ALAT BANTU1 DIKTAT/KARYA/SEMESTER 7.AUDIO VISUAL1 DIKTAT/KARYA/SEMESTER 8.NASKAH TUTORIAL1 DIKTAT/KARYA/SEMESTER 9.ORASI ILMIAH2 PERGURUAN TINGGI/SEMESTER MASUK KE KELOMPOK A (PENDIDIKAN/P ENGAJARAN)

5 KARYA ILMIAH B No.JENIS KARYABATAS KEPATUTAN 1.MONOGRAF1 BUKU/TAHUN 2.REFERENSI1 BUKU/TAHUN 3.ARTIKEL DI JURNAL ILMIAH INTERNASIONAL 1 ARTIKEL/SEMESTER 4.ARTIKEL DI JURNAL ILMIAH NASIONAL TERAKREDITASI 1 ARTIKEL/SEMESTER 4.ARTIKEL DI JURNAL ILMIAH NASIONAL TIDAK TERAKREDITASI 2 ARTIKEL/SEMESTER 6.POSTER INTERNASIONAL1 POSTER/SEMESTER 7.POSTER NASIONAL2 POSTER/SEMESTER 8.ARTIKEL KORAN/MAJALAH POPULER/UMUM MAKSIMAL 10% DARI TOTAL KREDIT PENELITIAN 9.TERSIMPAN DI PERPUSTAKAAN PT MAKSIMAL 10% DARI TOTAL KREDIT PENELITIAN MASUK KE KELOMPOK B (PENELITIAN)

6 No.JENIS KARYABATAS KEPATUTAN 10.MENYADUR/MENERJEMAH1 BUKU/SEMESTER 11.MENGEDIT/MENYUNTING1 BUKU/SEMESTER 12.KARYA DIPATENKAN TKT INTERNASIONAL 1 KARYA/TAHUN 13.KARYA DIPATENKAN TKT NASIONAL 1 KARYA/SEMESTER 14.KARYA TIDAK DIPATENKAN TKT INTERNASIONAL 1 KARYA/TAHUN 15.KARYA TIDAK DIPATENKAN TKT LNASIONAL 1 KARYA/TAHUN 16.KARYA TIDAK DIPATENKAN TKT LOKAL 1 KARYA/TAHUN MASUK KE KELOMPOK B (PENELITIAN)

7 MONOGRAF adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya hanya pada SATU HAL SAJA DALAM SUATU BIDANG ILMU. Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan (novelty/ies), metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka. Tulisan harus diterbitkan dan memenuhi syarat-syarat penerbitan. BUKU REFERENSI adalah suatu tulisan dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya pada SATU BIDANG ILMU. Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutahir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka. Tulisan harus diterbitkan dan memenuhi syarat-syarat penerbitan buku.

8 KARYA ILMIAH C No.JENIS KARYABATAS KEPATUTAN 1.TULISAN TENTANG CARA-CARA MELAKSANAKAN ATAU MENGEMBANGKAN SESUATU UNTUK DIMANFAATKAN MASYARAKAT MAKSIMAL 15% DARI ANGKA KREDIT MINIMAL YANG DIPERBOLEHKAN 2.BUKU PETUNJUK PRAKTIS DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI TERTENTU MASUK KE KELOMPOK C (PENG-MASY)

9 KARYA ILMIAH D No.JENIS KARYABATAS KEPATUTAN 1.MENULIS BUKU PELAJARAN SLTA KE BAWAH MAKSIMAL 20% DARI ANGKA KREDIT MINIMAL YANG DIPERBOLEHKAN MASUK KE KELOMPOK D (Unsur Penunjang)

10 1.KARYA ILMIAH (BUKU ATAU ARTIKEL DAN JURNAL) TIDAK DAPAT DIAKSES SECARA ONLINE. 2.DICETAK TETAPI TIDAK DITERBITKAN. 3.DITERBITKAN OLEH PENERBIT YANG TIDAK KREDIBEL. 4.ISSN ATAU ISBN PALSU. 5.TEMA TULISAN TIDAK BERMUTU. 6.KASIMPULAN TULISAN TIDAK JELAS DAN/ATAU TIDAK MEMBERIKAN HAL BARU DI BIDANGNYA. 7.REFERENSI BANYAK YANG JADUL (TERBITAN LAMA) DAN TIDAK OTORITATIF. 8.TEKNIK PENULISAN BANYAK KESALAHAN DAN TIDAK KONSISTEN. KARYA ILMIAH YANG DINILAI SANGAT KECIL ATAU BAHKAN TIDAK DINILAI

11 9. BAHASA YANG DIGUNAKAN TIDAK BAKU DAN TIDAK BAGUS. 10. BUKAN MERUPAKAN HASIL PENELITIAN. 11. TIDAK DIEDIT OLEH EDITOR DI BIDANGNYA. 12. ALAMAT/NOMOR TELP. PENERBIT PALSU. 13. HASIL PLAGIASI ATAU AUTO PLAGIASI. 14. TIM REDAKSI TIDAK MUMPUNI. 15. TIM REDAKSI PALSU. 16.KUALITAS PENERBITAN JELEK MISALNYA DARI ASPEK KERTAS, DESAIN/LAY OUT DLL. 17.TIDAK ADA KELENGKAPAN BUKTI PENYAJIAN (UNTUK ARTIKEL SEMINAR).

12 18. TIDAK DITERBITKAN DALAM BENTUK PROSIDING 19. PROSIDING HANYA BERUPA KUMPULAN ARTIKEL TANPA KELENGKAPAN ISBN DAN EDITOR DARI BERBAGAI PAKAR DI BIDANG MASING-MASING SERTA TIDAK DAPAT DIAKSES SECARA ONLINE. 20.JUMLAH HALAMAN SANGAT SEDIKIT. 21.FORMAT PENULISAN TIDAK LENGKAP (METODOLOGI, ABSTRAK DLL). 22. ARTIKEL/KARYA DITERBITKAN LEBIH DARI 1 KALI (SELF PLAGIARISM).

13 23. ARTIKEL SATU DENGAN LAINNYA BANYAK KESAMAAN (SELF PLAGIARISM). 24.TEMA ARTIKEL TIDAK SESUAI DENGAN KEAHLIAN DAN TUGAS PENULIS SECARA FORMAL. 25.TEMA ARTIKEL TIDAK RELEVAN DENGAN PROGRAM STUDI PENUGASAN. 26.NAMA PENULIS TIDAK KONSISTEN DI BERBAGAI DOKUMEN. 27.STATUS AKREDITASI JURNAL SUDAH KADALUARSA. 28.STATUS AKREDITASI JURNAL PALSU. 29.DAN LAIN-LAIN, MASIH BANYAK KEMUNGKINAN LAIN. Terima kasih


Download ppt "PENILAIAN BIDANG PENELITIAN PADA KENAIKAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN (Pengalaman sebagai Penilai PAK Dosen di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google