Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By: Mr. Haloho. Pengertian  Pemodelan proses merupakan suatu teknik pengorganisasian dan pendokumentasian struktur dan aliran data ke dalam proses sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By: Mr. Haloho. Pengertian  Pemodelan proses merupakan suatu teknik pengorganisasian dan pendokumentasian struktur dan aliran data ke dalam proses sistem."— Transcript presentasi:

1 By: Mr. Haloho

2 Pengertian  Pemodelan proses merupakan suatu teknik pengorganisasian dan pendokumentasian struktur dan aliran data ke dalam proses sistem dan atau logika, kebijakan-kebijakan, dan prosedur-prosedur yang akan diimplementasikan oleh suatu proses sistem.  Dalam konteks blok bangunan sistem informaso, model proses logika digunakan untuk mendokumentasikan suatu proses sistem informasi dari perspektif pemilik dan pengguna sistem.  Model yang digunakan dalam pemodelan proses adalah menggunakan diagram alir data (Data flow diagram/DFD). DFD merupakan suatu alat yang menggambarkan aliran data yang masuk ke dalam suatu sistem dan pekerjaan atau pemrosesan yang dilakukan oleh sistem.

3 Simbol-simbol dalam DFD 1. Bulatan atau kotak tidak bersisi, untuk menggambarkan proses atau pekerjaan yang akan dilakukan. 2. Kotak, menunjukkan agen eksternal di luar sistem 3. Kotak terbuka, menunjukkan tempat penyimpanan, disebut file atau database 4. Panah, menunjukkan aliran data, input atau output, ke dan dari proses

4 Strategi memodelkan proses 1. Menggambar diagram alir data konteks (diagram konteks). Diagram ini dibuat untuk menentukan lingkup awal proyek sistem 2. Membuat Diagram dekomposisi fungsional untuk membagi atau mempartisi sistem menjadi sub sistem dan atau fungsi logika. Gambar ini bisa tidak dibuat apabila sistem yang akan dianalisa kecil. 3. Membuat diagram alir data level nol (Level Zero Diagram), menggambarkan setiap kejadian (event) dari diagram dekomposisi fungsional level 0 4. Membuat diagram alir data level 1 (level one diagram/event diagram) yaitu diagram yang memecah setiap kejadian dalam diagram level 0 5. Membuat diagram alir sistem yang menggabungkan seluruh diagram kejadian


Download ppt "By: Mr. Haloho. Pengertian  Pemodelan proses merupakan suatu teknik pengorganisasian dan pendokumentasian struktur dan aliran data ke dalam proses sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google