Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PEMODELAN PROSES MEMPELAJARI BAGAIMANA MENGGAMBARKAN DIAGRAM ALIR DATA SEBUAH MODEL PROSES YANG POPULAR YANG MENDOKUMENTASIKAN PROSES SISTEM DAN ALIRAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PEMODELAN PROSES MEMPELAJARI BAGAIMANA MENGGAMBARKAN DIAGRAM ALIR DATA SEBUAH MODEL PROSES YANG POPULAR YANG MENDOKUMENTASIKAN PROSES SISTEM DAN ALIRAN."— Transcript presentasi:

1 1 PEMODELAN PROSES MEMPELAJARI BAGAIMANA MENGGAMBARKAN DIAGRAM ALIR DATA SEBUAH MODEL PROSES YANG POPULAR YANG MENDOKUMENTASIKAN PROSES SISTEM DAN ALIRAN DATANYA.

2 2 ANDA AKAN MENGENAL PEMODELAN PROSES SEBAGAI ALAT ANALISIS SISTEM PADA SAAT ANDA DAPAT: 1.MENDEFINISIKAN PEMODELAN SISTEM DAN MEMBEDAKAN ANTARA MODEL SISTEM LOGIKA DAN FISIK. 2.MENDEFINISIKAN PEMODELAN PROSES DAN MENJELASKAN MANFAATNYA. 3.MENGENALI DAN MEMAHAMI KONSEP DASAR DAN MEMBUAT MODEL PROSES

3 3 4. MEMBACA DAN MENGINTERPRETASIKAN DIAGRAM ALIR DATA. 5. MENJELASKAN KAPAN SAAT UNTUK MEMBUAT MODEL PROSES DAN DI MANA MENYIMPANNYA. 6. MEMBUAT DIAGRAM KONTEKS UNTUK MENGILUSTRASIKAN ANTAR MUKA SISTEM DENGAN LINGKUNGANNYA. 7. MENGIDENTIFIKASI USE CASE, KEJADIAN BISNIS EKSTERNAL DAN TEMPORAL UNTUK SUATU SISTEM

4 4 8. MELAKUKAN PARTISI KEJADIAN DAN MENGORGANISASI KEJADIAN DALAM DIAGRAM DEKOMPOSISI FUNGSIONAL. 9. MENGGAMBAR DIAGRAM KEJADIAN KEMUDIAN MENGGABUNGKANNYA MENJADI DIAGRAM SISTEM. 10. MENGGAMBARKAN DIAGRAM ALIRAN DATA PRIMITIF DAN MENDESKRIPSIKAN ALIRAN DAN PROSEDUR DATA ELEMENTER MASING-MASING DALAM KONTEKS TERSTRUKTUR DATA DAN LOGIKA PROSEDURAL (B. INGGRIS DAN TABEL KEPUTUSAN

5 5 11. MENDOKUMENTASIKAN DISTRIBUSI PROSES KE LOKASI. 12. MENSINKRONISASI MODEL DATA DAN PROSES KE MATRIK CRUD (CREATE, READ, UPDATE, DELETE)

6 6 PENGANTAR KE PEMODELAN SISTEM MODEL ADALAH REPRESENTASI KENYATAAN. MODEL DAPAT DIBUAT PADA SISTEM YANG ADA SEBAGAI CARA UNTUK MEMAHAMI SISTEM TERSEBUT DENGAN LEBIH BAIK ATAU UNTUK SISTEM YANG SEDANG DIUSULKAN SEBAGAI CARA MENDOKUMENTASIKAN PERSYARATAN BISNIS ATAU DESAIN TEKNIS.

7 7 LOGICAL MODEL / MODEL LOGIKA MENUNJUKKAN APA SEBENARNYA SISTEM TERSEBUT DAN APA YANG DILAKUKANNYA. MODEL TERSEBUT IMPLEMENTATION INDEPENDENT; YAITU MEMBERI GAMBARAN TENTANG SISTEM TERLEPAS DARI IMPLEMENTASI TEKNIS. MODEL LOGIKA MENGGAMBARKAN ESENSI SUATU SISTEM. SINONIM YG POPULER MODEL KONSEPTUAL DAN MODEL BISNIS.

8 8

9 9 PHYSICAL MODEL / MODEL FISIK TIDAK HANYA MENUNJUKKAN APA SEBENARNYA SISTEM TERSEBUT ATAU APA YANG DILAKUKANNYA, TETAPI JUGA BAGAIMANA SISTEM TERSEBUT DIIMPLEMENTASIKAN SECARA FISIK DAN TEKNIS. MODEL INI MEREFLEKSIKAN PILIHAN TEKNOLOGI DAN BATASAN PILIHAN TEKNOLOGI INI. SINONIMNYA MODEL IMPLEMENTASI DAN MODEL TEKNIK.

10 10

11 11 PROCESS MODELING ADALAH TEKNIK MENGELOLA DAN MENDOKUMENTASIKAN STRUKTUR DAN ALIRAN DATA MELALUI PROSES SISTEM DAN ATAU LOGIKA, KEBIJAKAN, DAN PROSEDUR YANG AKAN DIIMPLEMENTASIKAN OLEH PROSES SISTEM

12 Salah Satu Tool Yang Paling Penting Bagi Seorang Analis Sistem. Penggunaan DFD Sebagai Modeling Tool Dipopulerkan Oleh Tom Demacro (1978) Dan Gane & Sarson (1979) Dengan Menggunakan Pendekatan Metoda Analisis Sistem Terstruktur. 12 Data Flow Diagram (DFD) Dfd Dapat Digunakan Untuk Mempresentasikan Suatu Sistem Yang Otomatis Maupun Manual Dengan Melalui Gambar Yang Berbentuk Jaringan Grafik. Definisi Dfd : Merupakan Diagram Yang Menunjukkan Secara Grafis Urutan – Urutan Dalam Proses Yang Harus Dilakukan Dalam Suatu Sistem Jadi DFD Merupakan Suatu Alat Bantu Yang Dapat Menvisualkan Hubungan Antara Subproses – Subproses Didalam Suatu Sistem. DFD emiliki Simbol - Simbol Yang Akan Digunakan.

13 13 SIMBOL- SIMBOL DFD

14 External Entity : Entitas Yang Berada Diluar Sistem, Yang Memberikan Data Kepada Sistem (Source) Atau Yang Menerima Informasi Dari Sistem (Sink), Dapat Berupa Orang, Organisasi Dll. Tidak Termasuk Bagian Dari Sistem. 14 Bila Sistem Informasi Dirancang Untuk Satu Bagian (Departemen), Maka Bagian Lain Yang Masih Terkait Menjadi External Entity. Bila Sistem Informasi Dirancang Untuk Satu Bagian (Departemen), Maka Bagian Lain Yang Masih Terkait Menjadi External Entity. Nama Terminal Berupa Kata Benda. Nama Terminal Berupa Kata Benda. Terminal Tidak Boleh Memiliki Nama Yang Sama Kecuali Memang Objeknya Sama (Digambarkan 2 X, Bila Demikian Perlu Diberi Garis Miring. Terminal Tidak Boleh Memiliki Nama Yang Sama Kecuali Memang Objeknya Sama (Digambarkan 2 X, Bila Demikian Perlu Diberi Garis Miring.

15 Proses Suatu Proses Adalah Kegiatan Atau Kerja Yang Dilakukan Oleh Orang, Mesin Atau Komputer Dari Hasil Arus Data Yang Masuk Ke Dalam Proses Untuk Dihasilkan Arus Data Yang Akan Keluar Dari Proses. Menggambarkan Apa Yang Dilakukan Oleh Sistem. Berfungsi Mentrans Formasikan Satu Atau Beberapa Data Keluaran Sesuai Dengan Spesifikasi Yang Diinginkan. Setiap Proses Memiliki Satu Atau Beberapa Data Masukan Serta Menghasilkan Satu Atau Beberapa Data Keluaran Proses Sering Juga Disebut Sebagai Bubble. Nama Proses Terdiri Dari Kata Kerja Dan Kata Benda Yang Mencerminkan Fungsi Proses Tersebut, Misalnya : Hitung Gaji, Pendataan Order, Cetak Laporan Penjulan. Jangan Mengugunakan Kata ‘Proses’ Sebagai Bagian Dari Nama Suatu Proses (Bubble). Tidak Boleh Ada Beberapa Proses Yang Memiliki Nama Yang Sama. Proses Harus Diberi Nomor. Urutan Nomor Sedapat Mungkin Mengikuti Aliran Atau Urutan / Urutan Proses. Namun Demikian, Urutan Nomor Tidak Berarti Secara Mutlak Merupakan Urutan Proses Secara Kronologis. 15

16 Penomoran Proses Pada Tingkat Pertama (Diagram Nol) Adalah 1.0, 2.0, 3.0 Dst. Contoh : Proses 2.1 Adalah Proses Level Terendah, Tidak Perlu Dirinci Lagi * HITUNG PPH 2.0 PENDATAAN ORDER 5.0 * HITUNG PPH

17 Aliran Data : Arah Panah Menggambarkan Aliran Data. Aliran Data : -Dari Data Store Ke Proses Dan Sebaliknya. -Dari Source Ke Proses -Dari Proses Ke Sink 17

18 Arus Data Ini Menunjukkan Arus Dari Yang Dapat Berupa Masukan Untuk Sistem Atau Hasil Dari Proses Sistem Dan Dapat Berbentuk Sbb: A.Formulir Atau Dokumen Yang Dipergunakan Oleh Perusahaan. B.Laporan Tercetak Yang Dihasilkan Oleh Sistem. C. Tampilan Atau Output Di Layar Komputer Yang Di Hasilkan Oleh Sistem. D. Surat-surat Atau Memo. E. Data Yang Dibaca Atau Direkam Ke Suatu File. F. Suatu Isian Yang Dicatat Dalam Buku Agenda. Nama Aliran Data Yang Terdiri Dari Beberapa Kata Dihubungkan Dengan Garis Sambung Tidak Boleh Ada Nama Aliran Data Yang Namanya Sama Dan Pemberian Nama Harus Mencerminkan Isinya. Hindari Penggunaan Kata ‘Data’ Dan ‘Informasi’ Untuk Memberi Nama Pada Aliran Data. Sedapat Mungkin Nama Aliran Harus Ditulis Lengkap. 18

19 19 Daftar_Hadir 3.1 * Periksa Daftar Hadir Daftar_hadir_Valid 3.2 Hitung upah Jam_Kerja Tarif_per_jam Upah_ Mingguan

20 Data Store Tempat Menyimpan Data (Database= File/Table, Arsip,buku Catatan). Proses Dapat Mengambil Data Dari Atau Memberikan Data Ke Data Store. Nama Data Store Harus Mencerminkan Isi Dari Data Store Tersebut. Bila Namanya Lebih Dari Satu Kata, Maka Harus Diberi Kata Sambung. 20

21 Ketentuan Lain: Nama Aliran Data Yang Masuk Ke Dalam Suatu Proses Tidak Boleh Sama Dengan Nama Aliran Data Yang Keluar Dari Proses Tersebut. Data Flow Yang Masuk Ke Atau Keluar Dari Data Store Tidak Perlu Diberi Nama Bila: A. Aliran Datanya Sederhana Dan Mudah Dipahami. B. Aliran Datanya Menggambarkan Seluruh Data Item (Satu Record Utuh). 21 Diagram Hubungan (Level 0) Merupakan Level Tertinggi Dari Dfd Yang Menggambarkan Seluruh Input Ke Atau Output Dari Sistem. Memberikan Gambaran Tentang Keseluruhan Sistem. Sistem Dibatasi Boundary. Terminal Yg Memberikan Masukan Kepada Sistem Disebut Source, Terminal Yg Menerima Keluaran Dari Sistem Di Sebut Sink.

22 Hal-Hal “HARAM” dalam DFD 22

23 Yang Sebaiknya pada DFD SI51/12/10 23

24 24 Umumnya Kesalahan Proses DFD : 1. Proses Mempunyai Input Tetapi Tidak Menghasilkan Output. Kesalahan Ini Disebut Dengan Black Hole (Lobang Hitam).

25 25 Umumnya Kesalahan Proses DFD : 2. Proses Menghasilkan Output Tetapi Tidak Pernah Menerima Input Dan Kesalahan Ini Disebut Dengan Miracle (Ajaib), Karena Dihasilkan Output Tanpa Pernah Menerima Input.

26 26 Tingkatan Diagram Pada DFD 1. Context Diagram ( Diagram Hubungan, Level 0) 2. Diagram Zero ( Diagram Nol, Level 1) 3. Diagram Rinci ( Level2, Level 3, Dst).

27 27 Diagram Nol (Level 1) Diagram Nol (Level 1) A.Perlihatkan Data Store Yang Digunakan. B.Untuk Proses Yg Tidak Rinci Lagi Pada Level Selanjutnya (Functional Promitive), Tambahkan Pada Akhir Nomor Proses Tanda *. C.Keseimbangan Input Dan Output (Balancing) Antara Diagram 0 Dengan Diagram Hubungan Harus Terpelihara.

28 28 Diagram Rinci (Level 2) Diagram Rinci (Level 2) A.Merupakan Rincian Dari Diagram Nol Atau Diagram Level Di Atasnya. B.Keseimbangan Didalam Diagram Rinci Dengan Diagram Nol Atau Diagram Level Diatasnya Dapat Dilihat Dari : 1. Aliran Data Yang Masuk Ke Dan Keluar Dari Proses. 2. Jumlah Data Store Yang Terhubung Dengan Proses. 3. Kondisi Baca Dan Tulis Di Dalam Data Store.

29 29 Penomoran Level Pada DFD NAMA LEVELNAMA DIAGRAMNOMOR PROSES OCONTEXT0 1DIAGRAM DIAGRAM DIAGRAM DIAGRAM …. 3DIAGRAM …. 3DIAGRAM DST

30 30 Keseimbangan Dalam DFD Aliran Yang Masuk Ke Dalam Dan Keluar Dari Suatu Pross Harus Sama Dengan Aliran Data Yang Masuk Ke Dalam Dan Keluar Dari Rincian Proses Tersebut. Teknik Membuat DFD 1.Identifikasi Nama Setiap External Entity. A.Entitas Yang Berada Diluar Sistem, Yang Memberikan Data Kepada Sistem (Source) atau Yang Menerima Informasi Dari Sistem (Sink), Dapat Berupa Orang, Organisasi Dll. B. Tidak Termasuk Bagian Dari Sistem Artinya External Entity Tidak Pernah Melakukan Proses Baca Atau Tulis Didalam Tempat Penyimpanan Data (Data Store). C. Nama Terminal (External Entity) Berupa Kata Benda. Contoh : Pelanggan, Pemasok, Manajer, Gudang Dll.

31 31 2. Identifikasi Semua Aliran Data Aliran Data Masuk (Input) Aliran Data Keluar (Output) 3. Buat Diagram Hubungan (Context Diagram). 4. Buat Decomposisi Diagram Untuk Menentukan Nama Setiap Prosesnya.

32 32 CONTEXT DIAGRAM THE SYSTEM NOL 2.0 NAMA PROSES2 NOL 1.0 NAMA PROSES1 NOL 3.0 NAMA PROSES3 RINCI 1.2 RINCI 1.3 RINCI 1.1

33 Dekomposisi 33

34 34 Beberapa Kemungkinan Arus Beberapa Kemungkinan Arus Data Yang Masuk Dan Keluar Dari Suatu Proses : Data Yang Masuk Dan Keluar Dari Suatu Proses : 1.Suatu Proses Yang Menerima Sebuah Arus Data Dan Menghasilkan Sebuah Arus Data. BUAT ABSENSI DAFTAR ABSENSI DATA SISWA

35 35 2. Suatu Proses Yang Menerima Lebih Dari Satu Arus Data Dan Menghasilkan Sebuah Arus Data. Quis MI5A HITUNG GAJI TINGKAT_UPAH DAFTAR_GAJI 3. Suatu Proses Yang Menerima Satu Arus Data Dan Menghasilkan Lebih Dari Sebuah Arus Data LAPORAN_UMUR_PIUTANG LAPORAN PIUTANG DITAGIH RINCIAN_PIUTANG KARTU JAM KERJA

36 Latihan 36

37 37 DIAGRAM ALIRAN DATA FISIK

38 38 DIAGRAM ALIRAN DATA FISIK SEBUAH MODEL PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGKOMUNIKASIKAN KARAKTERISTIK IMPLEMENTASI TEKNIS PADA SEBUAH SISTEM INFORMASI. DIAGRAM TERSEBUT MENGKOMUNIKASIKAN PILIHAN-PILIHAN TEKNIS DAN KEPUTUSAN DESAIN LAIN KEPADA MEREKA YANG SECARA AKTUAL AKAN MEMBANGUN DAN MENGIMPLEMENTASI SISTEM.

39 39 DIAGRAM ALIRAN DATA FISIK MENGGUNAKAN BENTUK DAN KONEKSI DASAR YANG SAMA DENGAN DFD LOGIS, YAITU: A. PROSES B. AGEN-AGEN EKSTERNAL C. DATA STORES D. ALIRAN DATA CONTOH:

40 40

41 41 PROSES FISIK PROSES ADALAH BENTUK KUNCI PADA SEMUA DFD. ITULAH MENGAPA DFD DISEBUT MODEL PROSES. DFD FISIK MENGGAMBARKAN IMPLEMENTASI FISIK DARI SETIAP PROSES YANG TELAH DIRENCANAKAN. PROSES FISIK DAPAT BERUPA SEBUAH PROSESOR; MISAL SEBUAH KOMPUTER ATAU ORANG, ATAU IMPLEMENTASI TEKNIS DARI KERJA SPESIFIK UNTUK DIKERJAKAN; MISAL SEBUAH PROGRAM KOMPUTER ATAU PROSES MANUAL.

42 42 GAMBAR PROSES FISIK ID (PILIHAN) KATA KERJA TINDAKAN + FRASE KATA BENDA ATAU OBJEK IMPLEMENTASI

43 43 CONTOH:

44 44 JIKA SEBUAH PROSES LOGIS DIIMPLEMENTASIKAN SEBAGIAN OLEH ORANG DAN SEBAGIAN OLEH PERANGKAT LUNAK, MAKA PROSES TERSEBUT HARUS DIPECAH KE DALAM PROSES FISIK YANG TERPISAH DAN HARUS DITAMBAHKAN ALIRAN-ALIRAN DATA YANG TEPAT DI ANTARA PROSES-PROSES FISIK. NAMA PROSES FISIK YG DIKERJAKAN ORANG, DISARANKAN MENGGUNAKAN JUDUL-JUDUL ATAU PERAN, BUKAN NAMA YANG SESUAI. CONTOH:

45 45 JUDUL ATAU NAMA PERAN

46 46 ALIRAN DATA FISIK MENGGAMBARKAN HAL BERIKUT: 1.IMPLEMENTASI TERENCANA SEBUAH INPUT KE ATAU OUTPUT DARI SEBUAH PROSES FISIK. 2.PERINTAH DATABASE ATAU TINDAKAN MEMBUAT, MEMBACA, MEMPERBAHARUI, ATAU MENGHAPUS 3.IMPOR DATA ATAU DARI ATAU EKSPOR DATA KE SISTEM INFORMASI LAIN MELALUI SEBUAH JARINGAN 4.ALIRAN DATA ANTARA DUA MODUL ATAU SUBRUTIN DI DALAM PROGRAM YG SAMA.

47 47 SEBAGIAN BESAR ALIRAN DATA LOGIS DIKIRIM KE DFD FISIK. SEBAGIAN MUNGKIN DIGABUNGKAN KE DALAM ALIRAN DATA FISIK TUNGGAL YANG MENGGAMBARKAN FORM BISNIS. YANG LAIN MUNGKIN DIPECAH MENJADI BANYAK ALIRAN SEBAGAI HASIL DARI MEMECAH PROSES-PROSES LOGIS KE DALAM BANYAK PROSES FISIK. CONTOH: ALIRAN DATA LOGIS ORDER(PESANAN) DAPAT DIIMPLEMENTASIKAN SEBAGAI FORM: ORDER,PHONE; ORDER,HTML; FAX ORDER.

48 48

49 49

50 50 AGEN EKSTERNAL FISIK AGEN-AGEN EKSTERNAL YANG DIKATEGORIKAN SELAMA ANALISIS SISTEM ADALAH DI LUAR LINGKUP SISTEM

51 51 DATA STORE MENGGAMBARKAN IMPLEMENTASI SALAH SATU DARI HAL BERIKUT: 1.DATABASE 2.SEBUAH TABEL PADA SEBUAH DATABASE 3.FILE KOMPUTER 4.TAPE ATAU MEDIA BACKUP DARI SEMUA YG PENTING. 5.BEBERAPA TIPE FILE YG TAK TERKOMPUTERISASI (KARTU NAMA, LEMBAR-LEMBAR SALINAN)

52 52

53 53 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "1 PEMODELAN PROSES MEMPELAJARI BAGAIMANA MENGGAMBARKAN DIAGRAM ALIR DATA SEBUAH MODEL PROSES YANG POPULAR YANG MENDOKUMENTASIKAN PROSES SISTEM DAN ALIRAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google