Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMODELAN SISTEM Pertemuan ke~6. Pemodelan dalam Analisis Terstruktur Pemodelan sistem disini menggunakan metode Data Flow Oriented dengan tool Data Flow.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMODELAN SISTEM Pertemuan ke~6. Pemodelan dalam Analisis Terstruktur Pemodelan sistem disini menggunakan metode Data Flow Oriented dengan tool Data Flow."— Transcript presentasi:

1 PEMODELAN SISTEM Pertemuan ke~6

2 Pemodelan dalam Analisis Terstruktur Pemodelan sistem disini menggunakan metode Data Flow Oriented dengan tool Data Flow Diagram (DFD). DFD adalah (1)Suatu teknik penggambaran atau pemodelan menggunakan notasi-notasi grafis yang menunjukan aliran informasi dan perubahannya yang diterapkan sebagai perubahan atau perpindahan data dari masukan(input) menjadi keluaran(output); (2)Peralatan pemodelan yang mengijinkan kita menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses- proses yang dihubungkan dengan baris data dan tangki penyimpanan data.

3 Notasi DFD

4 Aturan Pembuatan DFD 1. Entitas Entitas pada DAD adalah pelaku di luar sistem yang berinteraksi dengan sistem atau kita sebut dengan entitias eksternal. Entitas eksternal dapat berbentuk orang, unit organisasi atau sistem lainnya. Entitas internal adalah pelaku sistem (berada pada system) yang tidak tergambarkan dalam DAD. 2. Proses Pendefinisian proses kita gunakan kata kerja bukan kata benda. Kata ‘proses’ tidak perlu lagi ditulis dalam buble (lingkaran) karena mengakibatkan redundansi.

5 Aturan Pembuatan DFD 3. Data Flow (Aliran Data) Data yang digambarkan pada aliran data adalah data logik kita tidak perlu memperhatikan bentuk implementasi fisiknya. Data ditulis berupa kata benda bukan kata kerja. Gunakan pula kata sifat atau kata keterangan untuk membantu mendeskripsikan proses mengubah aliran data. Aliran data dari dan ke data store ada pertimbangan penamaan khusus, yaitu : aliran dari proses ke data store menandakan data akan dibaca (read) aliran dari data store ke proses menandakan data akan dibuat, dihapus atau diperpaharui (create, delete, update) 4. Data Store Data store merupakan tempat penyimpanan data yang digunakan dalam sistem informasi. Data store menjelaskan sesuatu yang datanya perlu disimpan dalam proses bisnis. Data store tidak boleh digambarkan pada konteks diagram, namun baru muncul pada setelah dekomposisi pada level-level berikutnya.

6 Aturan Pembuatan DFD Beberapa istilah berikut yang perlu anda ketahui, Diagram konteks : penggambaran sistem secara global, hanya berisi satu proses yang menggambarkan sistem tersebut yang terhubung dengan entitas eksternal Dekomposisi : proses leveling atau pemecahan/ penurunan suatu proses menjadi subproses-subproses yang lebih detail. Proses Primitif (lowest level) adalah proses yang paling detail yang tidak perlu didekomposisi lagi.

7 Aturan Pembuatan DFD

8

9

10 CONTOH DFD UNTUK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

11 DFD Level 1

12 Level 2

13 Level 3

14 Jika proses-proses pada level 2 ini tidak bisa diturunkan lagi maka ini lah yang dinamakan dengan lowlest level atau level primitif.

15 Tugas 3 Dari hasil analisis pada pertemuan ke 3, buat pemodelan sistemnya dengan menggunakan metode Data Flow Oriented dengan tools Data Flow Diagram! Dokumentasikan hasil analisis tersebut dalam dokumen SRS (Bab III : point 3.1 dan 3.2)! Pertemuan Minggu Depan : Dipresentasikan


Download ppt "PEMODELAN SISTEM Pertemuan ke~6. Pemodelan dalam Analisis Terstruktur Pemodelan sistem disini menggunakan metode Data Flow Oriented dengan tool Data Flow."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google