Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perjalanan ke Emaus. Luk 24:13 Pada hari itu juga dua orang dari murid- murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perjalanan ke Emaus. Luk 24:13 Pada hari itu juga dua orang dari murid- murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh."— Transcript presentasi:

1 Perjalanan ke Emaus

2 Luk 24:13 Pada hari itu juga dua orang dari murid- murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem, 14dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi. 15Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka. 16Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.Luk 24:13 Pada hari itu juga dua orang dari murid- murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem, 14dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi. 15Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka. 16Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.

3 Perjalanan ke Emaus 17Yesus berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram. 18Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawabNya: "Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?" 19KataNya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.17Yesus berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram. 18Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawabNya: "Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?" 19KataNya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.

4 Perjalanan ke Emaus 20Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkanNya. 21Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi. 22Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur,20Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkanNya. 21Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi. 22Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur,

5 Perjalanan ke Emaus 23dan tidak menemukan mayatNya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup. 24Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat." 25Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!23dan tidak menemukan mayatNya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup. 24Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat." 25Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!

6 Perjalanan ke Emaus 26Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaanNya?" 27Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi. 28Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalananNya. 29Tetapi mereka sangat mendesakNya, katanya: "Tinggallah bersama- sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.26Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaanNya?" 27Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi. 28Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalananNya. 29Tetapi mereka sangat mendesakNya, katanya: "Tinggallah bersama- sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.

7 Perjalanan ke Emaus 30Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. 31Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka. 32Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar- kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?" 33Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.30Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. 31Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka. 32Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar- kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?" 33Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.

8 Perjalanan ke Emaus 34Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon." 35Lalu kedua orang itupun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.34Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon." 35Lalu kedua orang itupun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.

9 Perjalanan ke Emaus Keadaan kedua muridKeadaan kedua murid Mata terhalang sesuatuMata terhalang sesuatu Sebab : Mata mereka hanya terfokus pada problema dan kekecewaan mereka (self centered), dan lagi mereka menuju arah yang salah, menjauhi Yerusalem.Sebab : Mata mereka hanya terfokus pada problema dan kekecewaan mereka (self centered), dan lagi mereka menuju arah yang salah, menjauhi Yerusalem. Tidak mengenali Yesus Tidak mengenali Yesus Sebab: Tuhan tidak cocok dengan paradigma mereka mengenai Mesias.Sebab: Tuhan tidak cocok dengan paradigma mereka mengenai Mesias.

10 Perjalanan ke Emaus Muka muramMuka muram Kurang sukacita, karena tergantung suasana dan kondisi sekitar.Kurang sukacita, karena tergantung suasana dan kondisi sekitar. Tidak mengalami perkara terbesar dalam sejarahTidak mengalami perkara terbesar dalam sejarah Senja hari ketiga, tidak ada yang spektakuler terjadi.Senja hari ketiga, tidak ada yang spektakuler terjadi. Bodoh dan lamban hatinyaBodoh dan lamban hatinya Tidak mengerti makna ayat-ayat Alkitab di Perjanjian Lama yang meramalkan jalan hidup Yesus.Tidak mengerti makna ayat-ayat Alkitab di Perjanjian Lama yang meramalkan jalan hidup Yesus.

11 Perjalanan ke Emaus Respons kedua muridRespons kedua murid Sangat mendesak untuk tinggal bersama mereka.Sangat mendesak untuk tinggal bersama mereka. Wah 3:20Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suaraKu dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.”Wah 3:20Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suaraKu dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.” How bad do we want Him?How bad do we want Him?

12 Perjalanan ke Emaus Akibat respons kedua muridAkibat respons kedua murid Mata mereka terbukaMata mereka terbuka Mereka mengenali DiaMereka mengenali Dia Paradigma baru! Itu sebabnya Yesus menampakkan diri,Paradigma baru! Itu sebabnya Yesus menampakkan diri, Menghilang dsb.Menghilang dsb. 2 Kor 4 :18 “Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.”2 Kor 4 :18 “Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.”

13 Perjalanan ke Emaus Hati berkobar-kobarHati berkobar-kobar Pengenalan akan Tuhan tidak bisa diisolir dalam intelek saja.Pengenalan akan Tuhan tidak bisa diisolir dalam intelek saja. Kid I: 2-3 “Kiranya ia mencium aku dengan kecupan! Karena cintamu lebih nikmat daripada anggur, harum bau minyakmu, bagaikan minyak yang tercurah namamu, oleh sebab itu gadis-gadis cinta kepadamu!”Kid I: 2-3 “Kiranya ia mencium aku dengan kecupan! Karena cintamu lebih nikmat daripada anggur, harum bau minyakmu, bagaikan minyak yang tercurah namamu, oleh sebab itu gadis-gadis cinta kepadamu!” Segera bangun dan pergiSegera bangun dan pergi

14 Perjalanan ke Emaus Menceritakan kebangkitan YesusMenceritakan kebangkitan Yesus Mat 28:19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala seusatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir jaman.”Mat 28:19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala seusatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir jaman.”


Download ppt "Perjalanan ke Emaus. Luk 24:13 Pada hari itu juga dua orang dari murid- murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google