Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PASAL 21 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YAN BARU. PENDAHULUAN Wahyu 21:1 Langit dan bumi yang sedang kita tempati inilah yang akan dibaharui oleh Tuhan. Tidak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PASAL 21 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YAN BARU. PENDAHULUAN Wahyu 21:1 Langit dan bumi yang sedang kita tempati inilah yang akan dibaharui oleh Tuhan. Tidak."— Transcript presentasi:

1 PASAL 21 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YAN BARU

2 PENDAHULUAN Wahyu 21:1 Langit dan bumi yang sedang kita tempati inilah yang akan dibaharui oleh Tuhan. Tidak akan ada penciptaan bumi yang baru. Baru disini berarti kualitas yang berbeda dari yang sebelumnya, bumi berdosa. 2 Petrus 3:13 Laut yang ada sekarang pun tidak akan ada lagi di bumi yang baru itu.

3 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Wahyu 21:2-8 Tuhan memenuhi janjiNya untuk memberikan kepada manusia kota yang kudus, Yerusalem baru, yang berbeda dengan Yerusalam yang lama yaitu ibu kota Israel. Yohanes 14:1-3. Kota ini turun dari sorga, di mana Allah yang membangunnya dan disediakan untuk manusia.

4 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Kota ini diibaratkan seperti pengantin perempuan (Wahyu 19:6). “Berdandan” mengartikan persiapan yang sudah lama dilakukan Tuhan. Yesus adalah suami dari kota Yerusalem (Wahyu 19:7). Kemah Allah akan ada bersama-sama dengan manusia, dan Allah akan diam bersama-sama dengan mereka.

5 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Konsep Immanuel: Allah tinggal ditengah-tengah bangsa Israel melalui kehadiranNya di dalam kaabah (Keluaran 40:34-38). Allah hadir ditengah-tengah manusia melalui AnakNya Yesus Kristus yang diberi nama Immanuel (Matius 1:23). Allah kembali hadir ditengah-tengah umat manusia melalui kehadiranNya di langit dan bumi yang baru.

6 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Segala sesuatu yang lama sudah berlalu: Air Mata Maut tidak ada lagi (I Korintus 15:26). Perkabungan (Yesaya 35:10). Tangis dan dukacita Hal-hal yang selama ini menyebabkan terjadinya hal-hal diatas tidak akan muncul lagi. “Ia yang duduk di atas tahta” kemungkinan salah satu, Bapa (4:2) atau Yesus (Matius 25:31).

7 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Apa yang telah dinubuatkan oleh para nabi dan rasul pasti akan digenapi. Dalam penglihatan Wahyu 21, yang dinubuatkan itu telah terjadi. Orang yang haus akan kebenaran akan diberi minum sampai puas dari mata air kehidupan. Yohanes 4:13,14 “Yesus adalah air kehidupan.” Mata air kehidupan melambangkan kehidupan baka (I Korintus 15:53) dan itu diberikan dengan cuma-Cuma (Yesaya 55:1).

8 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Barang siapa menang artinya membiasakan diri untuk menjadi pemenang. Orang Kristen menghidupkan suatu kehidupan yang menang oleh kuasa Roh Suci. Dia boleh saja berbuat dosa (I Yohanes 2:1) tetapi hidup normalnya memberikan gambaran pertumbuhan rohani (2:7; 3:5). Di surga akan terjadi hubungan keakraban yang sangat erat antara Allah dan manusia.

9 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Penghuni-penghuni dunia lain tidak akan dapat merasakan keakraban hubungan ini karena mereka tidak pernah ditebus dari dosa.

10 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU Orang-orang yang tidak dapat masuk surga: Tidak percaya Penakut Keji Pembunuh Sundal Tukang sihir Penyembah berhala Pendusta Orang-orang tersebut akan binasa di lautan api.

11 YERUSALEM BARU Wahyu 21:9-23 Salah seorang malaikat yang memegang ketujuh malapetaka datang menghampir Yohanes dan mengajak Yohanes untuk memperhatikan kota Yerusalem baru (17:1). Di dalam Roh berarti di dalam khayal (1:10). Kota Yerusalem penuh dengan cahaya kemuliaan Tuhan oleh karena Tuhan ada di dalamNya. Cahaya kota itu datang dari kemuliaan Tuhan sendiri (21:23).

12 YERUSALEM BARU Pintu gerbangnya 12. Ini menyerupai kota idaman di dalam Yehezkiel 48: Dikawal dengan 12 belas malaikat. Sama seperti 12 nama suku Israel ada di dalam kota idaman di Yehezkiel 48:31-34, demikianlah juga 12 gerbang Yerusalem baru bertuliskan nama-nama 12 suku Israel (7:4). Di setiap mata angin ada 3 pintu gerbang.

13 YERUSALEM BARU Dua belas batu dasar melambangkan para nabi di Perjanjian Lama dan para rasul Yesus Kristus (Efesus 2:20). Kota itu berbentuk empat persegi. Panjang, lebar dan tinggi sama yaitu stadia. 1 Stadia sama dengan 666 kaki 6 inci(0, mil) stadia = mil 1514 mil = 2436 km. Inilah panjang, tinggi dan lebar Yerusalem.

14 YERUSALEM BARU Keliling Yerusalem: 2436x4 = 9744 km Isi: 2436X2436X2436 = km3. Kalau satu orang dapat 100 m3 (0,000,000,001 km3) Maka surga akan sanggup menampung sejumlah: orang Tebal temboknya adalah 144 hasta = 210 kaki = 64 meter. Tembok terbuat dari permata Yaspis.

15 YERUSALEM BARU Kota itu sendiri terbuat dari emas tulen yang berubah-ubah warnanya bile kena cahaya. Dasar dari tembok itu terbuat dari 12 batu permata. Bait Suci Allah ada di dalam Yerusalem Baru. Bait Suci tersebut adalah lambang tahta Allah. Bait Suci duniawi adalah lambang dari tempat tinggal Tuhan. Karena dosa, maka manusia diusir dari taman eden dari dari hadapan Tuhan.

16 YERUSALEM BARU Yerusalem baru tidak memerlukan lampu karena kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba menjadi lampunya. Yesaya 60:19,20. Umat tebusan dari segala bangsa akan membawa kekayaan mereka ke kota Yerusalem. Malam tidak ada lagi di sana karena kehadiran Tuhan menerangi kota itu selama 24 jam penuh. Semua yang dinodai oleh dosa tidak diijinkan masuk ke dalam kota suci tersebut.

17 YERUSALEM BARU Hanya yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan yang akan masuk ke dalam kota suci itu. Yerusalem akan menjadi pusat pemerintahan bukan hanya langit dan bumi yang baru, tetapi seluruh alam semesta.


Download ppt "PASAL 21 LANGIT YANG BARU DAN BUMI YAN BARU. PENDAHULUAN Wahyu 21:1 Langit dan bumi yang sedang kita tempati inilah yang akan dibaharui oleh Tuhan. Tidak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google