Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng. KONSEP DASAR PEMROGRAMAN Algoritma Pseudocode Flowchart (bagan alir) Structure Theorem Tipe-Tipe Data Array (Larik) Modularization.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng. KONSEP DASAR PEMROGRAMAN Algoritma Pseudocode Flowchart (bagan alir) Structure Theorem Tipe-Tipe Data Array (Larik) Modularization."— Transcript presentasi:

1 Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng

2 KONSEP DASAR PEMROGRAMAN Algoritma Pseudocode Flowchart (bagan alir) Structure Theorem Tipe-Tipe Data Array (Larik) Modularization

3 Istilah-Istilah Dasar “Program” itu apa? Kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.

4 Istilah-Istilah Dasar “Pemrograman” itu apa? Proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Apakah “Bahasa Pemrograman” itu ? Prosedur/tata cara penulisan program, dimana terdapat dua faktor penting yaitu, sintax dan semantik.

5 Algoritma “Algoritma adalah…? masalahSolusi/penyelesaian Langkah- langkah prosesprosedur

6 Algoritma (2) Algoritma diperkenalkan oleh ahli matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi Algoritma merupakan suatu prosedur yang tepat untuk dapat memecahkan masalah.

7 Algoritma (3) Diagram Alur pemecahan suatu masalah masalah model algoritma program eksekusi hasil Analisis data Analisis

8 Algoritma (4) Kriteria Pemilihan Algoritma  Ada Output,  solusi dari permasalah  Efektifitas & Efisiensi,  efektif : solusi harus sesuai dengan masalah. efisiensi : relatif lebih singkat  Jumlah langkahnya berhingga  dibuat dalam urutan tertentu.  Berakhir,  harus berhenti  Terstruktur  tidak berbelit-belit sehingga dapat dibedakan mana input, proses dan output.

9 Algoritma (5) Mengirim sepucuk surat 1. Tulis surat pada secarik kertas 2. Ambil sampul surat atau amplop 3. Masukan surat ke dalam amplop 4. Tutup amplop dengan lem 5. Tulis alamat surat teman yang kita tuju 6. Tempelkan perangko 7. Bawa surat ke kantor pos

10 Algoritma (6) Menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan 1. Baca bilangan bulat positif yang diinput mis, A 2. Dinyatakan nilai B adalah 0 3. Hitung nilai C yang berisikan nilai B dikalikan B 4. Jika nilai C sama dengan nilai A, maka nilai B adalah akar dari nilai A, lalu stop 5. Jika tidak, maka nilai B akan bertambah 1 6. Kembali ke langkah pada no 3

11 Algoritma (7) FlowChart B = 0 C = B x B B = B + 1 tidak B = akar A ya Bilangan bulat positif A C = A ? Start Stop Langkah- langkah ini sudah dikatakan sebagai algoritma ?

12 Next week…


Download ppt "Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng. KONSEP DASAR PEMROGRAMAN Algoritma Pseudocode Flowchart (bagan alir) Structure Theorem Tipe-Tipe Data Array (Larik) Modularization."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google