Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma dan Pemrograman

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma dan Pemrograman"— Transcript presentasi:

1 Algoritma dan Pemrograman

2 Masalah dan Program Program adalah kata, ekspresi, pernyataan, atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sedemikian hingga dapat dieksekusi oleh komputer Masalah harus computerized

3 Tahapan pembuatan program
Analisis masalah Merancang algoritma Menyusun program komputasi atau implementasi Testing program

4 Menyusun program diperlukan bahasa pemrograman (programming language)
bahasa pemrograman adalah suatu tatacara atau prosedur yang digunakan untuk menulis atau menyusun program Pemrograman (programming): proses mengimplementasikan algoritma dengan menyusun program komputasi dengan menggunakan bahasa pemrograman

5 Bahasa pemrograman Bahasa pemrograman mempunyai (1) syntax, (2) semantik Syntax : aturan gramatikal (tata bahasa) yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi, pernyataan (statemen) dari bahasa pemrograman semantik : aturan-aturan yang berkaitan untuk menyatakan arti atau makna dari kata, ekspresi atau statemen bahasa pemrograman juga berfungsi sebagai alat komunikasi antara programmer (pembuat program) dengan komputer

6 Type bahasa pemrograman
bahasa tingkat rendah (low level language). Bahasa tingkat menengah (middle level language). Bahasa tingkat tinggi (high level language). Bahasa berorientasi obyek (object oriented language).

7 Penerjemah Penerjemah berfungsi menerjemakan bahasa tingkat tinggi (yg dipahami manusia / programmer) ke bahasa mesin yg dipahami komputer. Ada dua jenis penerjemah : (1) interpreter, (2) compiler. Interpreter menerjemahkan bahasa dalam program selangkah demi selangkah (intruksi demi instruksi) ke dalam bahasa mesin sampai program selesai dibuat compiler menerjemahkan bahasa dalam program ke dalam bahasa mesin (object program) secara keseluruhan bila program telah selesai dibuat.

8 Algoritma algoritma : suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer

9 Masalah Analisis Masalah Algoritma Implementasi Solusi

10 Ciri-ciri algoritma yg baik
Mempunyai logika perhitungan yang tepat dalam memecahkan masalah Menghasilkan output yang benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya Banyaknya langkah (step) berhingga Selalu ada akhir setelah melalui sejumlah langkah tertentu atau ada kriteria berhenti Minimal ada satu output (hasil) Semua operasi-operasi yang diperlukan terdefinisi dengan jelas, dll

11 Flowchart (Diagram Alir)
Dengan diagram alir : mengekspresikan algoritma yang ada dengan simbol-simbol tertentu diagram alir biasanya sudah mengikuti logika yang benar untuk kerja komputer untuk suatu program dari awal sampai akhir seperti: input data, proses, penyeleksian kondisi, perulangan, output

12 Simbol utk flowchart Terminal. Awal (mulai) dan akhir (selesai)
Input, output Proses Percabangan / seleksi

13 Simbol utk flowchart Preparation, pemberian nilai awal
Connector, pd halaman yg sama Connector, pd halaman berbeda Flow lines

14 start Input p, l Luas = p*l Kel = 2*p + 2*l output Luas, Kel Stop Diagram alir menghitung luas dan keliling persegi panjang

15 Mulai Mandi, Berpakaian Y Apel ? Nyamperin Pacar T Ngobrol, …, ☻♫$Ψλμ Nonton TV Tidur Pulang Selesai Diagram alir Acara Malam Minggu

16 Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu
Mulai Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Ambil nasi, lauk, sayur secukupnya Suapkan nasi ke mulut adik Nasi dipiring sudah habis ? Y T Adik Kenyang Selesai Diagram alir Menyuap Adik

17 Membangun Program Inisialisasi Input Proses Output

18 Struktur program Struktur urut (sequence) atau linear
Struktur perulangan (looping) Struktur seleksi (decision) atau percabangan Kombinasi dari ketiga struktur di atas.

19 start Input p, l Luas = p*l Kel = 2*p + 2*l output Luas, Kel Stop Struktur Urut / Linear

20 Mulai Mandi, Berpakaian Y Apel ? Nyamperin Pacar T Ngobrol, …, ☻♫$Ψλμ Nonton TV Tidur Pulang Selesai Struktur Seleksi / Cabang

21 Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu
Mulai Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Ambil nasi, lauk, sayur secukupnya Suapkan nasi ke mulut adik Nasi dipiring sudah habis ? Y T Selesai Struktur Perulangan

22 Uji Coba dan Dokumentasi
Melihat kebenaran program Petunjuk bagi pemakai


Download ppt "Algoritma dan Pemrograman"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google