Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 1. Jonpei mempunyai 54 ekor kelinci. Ia ingin memasukkan kelinci-kelinci tersebut ke dalam sepuluh kandang. Namun ia ingin agar banyaknya kelinci dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 1. Jonpei mempunyai 54 ekor kelinci. Ia ingin memasukkan kelinci-kelinci tersebut ke dalam sepuluh kandang. Namun ia ingin agar banyaknya kelinci dalam."— Transcript presentasi:

1 1 1. Jonpei mempunyai 54 ekor kelinci. Ia ingin memasukkan kelinci-kelinci tersebut ke dalam sepuluh kandang. Namun ia ingin agar banyaknya kelinci dalam setiap kandang berbeda jumlahnya dan tidak ada kandang yang kosong. Mungkinkah ia melakukan hal ini?

2 2 Jawaban Andaikan ia dapat memenuhi keinginannya. Kita beri nomor kandang-kandang tersebut, dari nomor 1 sampai dengan nomor 10. Kandang nomor 1 memuat satu ekor kelinci, kandang nomor 2 memuat 2 ekor kelinci, dan seterusnya. Maka banyaknya kelinci yang ia butuhkan adalah 55 ekor. Ini adalah jumlah minimum yang ia butuhkan agar banyaknya kelinci dalam setiap kandang berbeda. Padahal ia hanya memiliki 54 ekor kelinci. Maka ia tidak dapat memenuhi keinginannya!

3 3 1. Ada lima anak yang bermain sepak bola. Tiba-tiba seorang anak menendang bola sehingga bola tersebut mengenai kaca jendela kelas. Bu Wati bertanya kepada kelima anak tersebut. Berikut adalah jawaban kelima anak itu. Ahmad: Basuki atau Cuplis yang melakukannya, Bu! Basuki : Enak saja! Bukan saya yang melakukannya, Bu! Saya yakin pelakunya juga bukanlah Elis. Cuplis : Huh, kalian berdua bohong! Dapot : Hmm, tidak juga Bu. Menurut saya, salah satu antara Ahmad atau Basuki berkata jujur. Elis : Dapot, kamu salah! Bu Wati mengetahui bahwa tiga di antara mereka tidak pernah berbohong sedangkan dua yang lain adalah anak-anak yang tidak pernah jujur. Siapa yang memecahkan kaca jendela?

4 4 3. Rino, Oca, dan Aci bermain teka-teki. Masing-masing mempunyai sebuah kantong hitam berisi tepat satu buah benda : permen, cokelat, atau kue. Mereka memberikan tiga pernyataan. Ada dua pernyataan salah dan satu pernyataan benar. (a) Rino tidak mempunyai permen (b) Oca mempunyai permen (c) Aci tidak mempunyai kue Pernyataan mana yang benar?

5 Ada 3 orang anak RinoOcaAci Masing-masing mempunyai sebuah kantong hitam berisi tepat satu buah benda : permen, cokelat, atau kue. Dan ada tiga pernyataan dari ketiga anak di atas : (a) Rino tidak mempunyai permen (b) Oca mempunyai permen (c) Aci tidak mempunyai kue Dari ketiga pernyataan di atas ada dua yang berkata bohong dan ada satu yang berkata jujur. Pernyataan mana yang benar?

6 Mari temukan jawabannya RinoOcaAci jujur bohong coba kita anggap jika pernyataan rino yang benar, oca berbohong, aci berbohong maka : (a) Rino tidak mempunyai permen (jujur) (b) Oca mempunyai permen (bohong) seharusnya adalah “ oca tidak memiliki permen” (c) Aci tidak mempunyai kue (bohong) seharusnya adalah “aci memiliki kue” Sehingga didapatkan : rino tidak memiliki permen, aci tidak memiliki permen, aci memiliki kue Jawaban “SALAH”. Karena dari mereka bertiga tidak ada yang memiliki permen. Dari soal sudah ditekankan bahwa ketiga anak tersebut membawa 1 buah kantong yang hanya berisi 1 buah benda antaracoklat, kue dan atau permen.

7 Mari temukan jawabannya RinoOcaAci bohong jujur bohong coba kita anggap jika pernyataan oca yang benar, rino berbohong, aci berbohong maka : (a) Rino tidak mempunyai permen (bohong) seharusnya “rino mempunyai permen” (b) Oca mempunyai permen (jujur) (c) Aci tidak mempunyai kue (bohong) seharusnya adalah “aci memiliki kue” Sehingga dadapatkan : rino memiliki permen, oca memiliki permen, aci memiliki kue Jawaban “SALAH”. Karena ada dua anak yang memiliki permen yang seharusnya permen hanya berjumlah satu buah dan dimiliki satu orang anak saja

8 Mari temukan jawabannya RinoOcaAci bohong jujur coba kita anggap jika pernyataan aci yang benar, rino berbohong, aci berbohong maka : (a) Rino tidak mempunyai permen (bohong) seharusnya “rino mempunyai permen” (b) Oca mempunyai permen (bohong) seharusnya adalah “ oca tidak memiliki permen” (c) Aci tidak mempunyai kue (jujur) Sehingga dadapatkan : rino tidak memiliki permen, oca tidak memiliki permen tapi memiliki, aci tidak memiliki kue tapi memiliki cokelat Jawaban “BENAR”. Karena dari mereka bertiga masing-masing memiliki permen (rino), kue (oca), cokelat (aci). Sehingga pernyataan yang benar adalah “(c) Aci tidak mempunyai kue “

9 9 Ayo baca enam pernyataan berikut dengan seksama (a) Ada tepat satu pernyataan yang salah pada soal ini. (b) Ada tepat dua pernyataan yang salah pada soal ini. (c) Ada tepat tiga pernyataan yang salah pada soal ini. (d) Ada tepat empat pernyataan yang salah pada soal ini. (e) Ada tepat lima pernyataan yang salah pada soal ini. (f) Ada tepat enam pernyataan yang salah pada soal ini. Pernyataan mana yang benar? 4. Soal Latihan

10  Ada 6 pernyataan dan hanya ada satu pernyataan yang benar, mari kita teliti satu persatu  Pernyataan “a” (salah) karena menyebutkan hanya ada 1 pernyataan yang salah jadi 5 pernyataan lainya benar padahal padahal dari soal kita harus memilih 1 pernyataan yang benar  Pernyataan “b” (salah) karena menyebutkan hanya ada 2 pernyataan yang salah jadi ke 4 pernyataan lainya benar  Pernyataan “c” (salah) karena menyebutkan hanya ada 3 pernyataan yang salah jadi ke 3 pernyataan lainya benar  Pernyataan “d” (salah) karena menyebutkan hanya ada 4 pernyataan yang salah jadi ke 2 pernyataan lainya benar  Pernyataan “e” (benar) karena menyebutkan ada 5 pernyataan yang salah yaitu ( pernyataan 1,2,3,4 dan 6) dan hanya 1 yang benar yaitu pernyataan “e”  Pernyataan “f” (salah) karena menyebutkan ada 6 pernyataan yang salah berarti itu salah semua termasuk pernyataan 6  Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa pernyataan yang benar adalah pernyataan (E )Ada tepat lima pernyataan yang salah pada soal ini.

11 11 Soal Latihan Chandra dan Dewi mempunyai kebiasaan unik. Chandra selalu berbohong setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu. Sedangkan Dewi selalu berbohong setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu. Namun mereka selalu bicara jujur pada hari lainnya. Suatu hari terjadi percakapan berikut: Dewi : Kemarin saya berbohong. Chandra : Saya juga tuh! Pada hari apa percakapan ini terjadi? 3.

12 SeninSelasaRabuJumatKamisSabtuMinggu Dewi : Kemarin saya berbohong. Chandra : Saya juga tuh! Dewi Chandra bohongjujurbohong jujur bohong jujur Hari ini disaat Dewi jujur & kemarin berbohong yaitu hari Kamis, jadi benar bahwa hari Rabu Dewi bohong Kamis adalah hari dimana candra berbohong ketika candra bicara “Saya juga tuh!” berarti benar bahwa dia telah berbohomg Jadi Percakapan tersebut terjadi di hari Kamis


Download ppt "1 1. Jonpei mempunyai 54 ekor kelinci. Ia ingin memasukkan kelinci-kelinci tersebut ke dalam sepuluh kandang. Namun ia ingin agar banyaknya kelinci dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google