Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS EFISIENSI KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH BERBASIS DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA (Studi pada PT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS EFISIENSI KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH BERBASIS DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA (Studi pada PT."— Transcript presentasi:

1

2 ANALISIS EFISIENSI KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH BERBASIS DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA (Studi pada PT Bank Permata Tbk) Tugas Akhir Aziz Dermawan ( /E1)

3 Perbankan Syariah….. Perbankan Syariah muncul sebagai suatu alternatif dan pilihan baru bagi dunia perbankan di Indonesia, selain perbankan konvensional. Dewasa ini kinerja perbankan syariah semakin berkembang. Dengan semakin meningkatnya perkembangan kinerja Bank Syariah, maka berdampak pada semakin tajamnya persaingan perbankan di Indonesia.

4 Lanjutnya….. Situasi dan kondisi yang seperti inilah, memaksa manajemen bank memperoleh tantangan yang lebih berat dalam mengelola bank masing-masing agar dapat mengembangkan semaksimal mungkin bank yang dikelolanya serta menjaga kinerjanya.

5 PT Bank Permata Tbk…. PT Bank Permata Tbk, yang merupakan salah satu perusahaan bank syariah yang terdaftar di bank Indonesia.

6 Efisiensi?????

7 Efiensi Produktivitas

8 Dapat digunakan dengan analisis non parametrik menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Dengan DEA dapat ditentukan penyebab inefisiensi. Dengan penerapan efisiensi yang benar maka akan sangat membantu untuk menciptakan kinerja bank yang sehat

9

10

11 Jawabannya……….

12 PT Bank Permata Tbk ( ) Input : Dana Pihak Ke-3, Kewajiban, Bank Lain, Dana Bagi Hasil, dan Biaya Operasional. Input : Dana Pihak Ke-3, Kewajiban, Bank Lain, Dana Bagi Hasil, dan Biaya Operasional. Output : Besarnya Kredit, Penempatan pada bank lain, dan Pendapatan Operasional. Output : Besarnya Kredit, Penempatan pada bank lain, dan Pendapatan Operasional. Data Envelopment Analysis (DEA) Efisiensi Keuangan

13 Dari Pengolahan Data pada Perusahaan Perbankan Syariah PT Bank Permata hasilnya adalah : PT Bank Permata belum mampu mencapai tingkat efisiensi yang maksimal dalam pengelolaan keuangannya, yaitu hanya sebesar 70,8%. Begitupun pada tahun 2006 PT Bank Permata belum juga mencapai efisiensi yang maksimal, bahkan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, yaitu menjadi sebesar 66,4%.

14 Untuk tahun 2007, PT Bank Permata belum juga mencapai tingkat maksimal. Namun, terjadi peningkatan yang cukup tajam dari tahun sebelumnya, yaitu tingkat efisiensinya menjadi 92,77%. Untuk rata-rata efisiensi dari tahun 2005 hingga tahun 2007 sebesar 83,8%.

15

16 Bagaimana Mengukur Tingkat Efisiensi????

17

18 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "ANALISIS EFISIENSI KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH BERBASIS DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA (Studi pada PT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google