Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 7 1.Nur Fadhillah Noprisunggita Arifin 2012.233.00.202 2.Muh. Rifki Rinaldi 2012.233.00.215 3.Muhammad Ashari Ilyas 2012.233.00.219 4.Ideal Lestari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 7 1.Nur Fadhillah Noprisunggita Arifin 2012.233.00.202 2.Muh. Rifki Rinaldi 2012.233.00.215 3.Muhammad Ashari Ilyas 2012.233.00.219 4.Ideal Lestari."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 7 1.Nur Fadhillah Noprisunggita Arifin Muh. Rifki Rinaldi Muhammad Ashari Ilyas Ideal Lestari Alif Miftahusurur Sabinus Asman PEMANFAATAN ABSENSI OTOMATIS MELALUI WEBCAM

2 Dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, menjadikan informasi memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha menciptakan kemajuan di semua bidang kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi informasi telah banyak dirasakan kemudahan dalam mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangat pesat, sehingga manusia dalam mengerjakan setiap pekerjaan selalu membutuhkan komputer. Komputer memiliki peranan yang sangat vital dalam pemecahan masalah khusus dalam pengolahan data, karena komputer memiliki kecepatan tingkat akurasi yang tinggi dalam pemrosesan data, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia.

3 Sistem Absensi Berbasis ( WEBCAM ) Proses-proses yang dilakukan dalam sistem absensi karyawan ini adalah: a.Proses pemasukan biodata karyawan dengan file wajah hasil capture webcam. b.Proses absensi harian karyawan dengan capture webcam dan hasil capture dibandingkan dengan file wajah karyawan.

4 Rancangan Antarmuka Pemakai (User Interface) Rancangan antarmuka sebagai berikut: a.Merancang tampilan login yang berfungsi sebagai otorisasi Admin. b.Merancang tampilan Menu Utama yang berfungsi sebagai tempat untuk menampilkan judul tugas akhir, nama penulis, gambar latar, help dan about. c.Merancang tampilan edit data Admin. d.Merancang tampilan edit data karyawan. e.Merancang tampilan absensi karyawan. f. Merancang tampilan About

5 Cara pengisian absen dan prosedur pengolahan data sesuai hal yang ditentukan : 1. Nama Karyawan 2. Nomor Induk Karyawan 3. Bagian Karyawan 4. Jam Masuk Karyawan 5. Jam Pulang Karyawan 6. Tanggal Kerja Karyawan 7. Keterangan

6 Prosedur Melakukannya adalah : 1. Setiap karyawan melakukan apel pagi setiap hari kerja dan mengisi form absensi yang telah disediakan 2.Bagian personalia merekap semua data absensi karyawan yang diterima dari unit 3.Pimpinan perusahaan menerima laporan absensi karyawan setiap bulan sebagai data untuk diolah dalam penilaian kinerja karyawan dalam perusahaan.

7 Implementasi Sistem Setelah perangkat lunak Penerapan Algoritma Eigenface Pada Sistem Absensi Karyawan Berbasis Webcam selesai dibangun, tahap selanjutnya adalah tahap uji coba tampilan. Tahap uji coba tampilan adalah tahap pengujian pemasukan data karyawan, data User serta menjalankan program absensi untuk mendapatkan hasil capture wajah karyawan.

8 Tampilan Login Pada proses login ini terdapat dua proses Tampilan Menu Utama Tampilan Menu Utama merupakan tampilan yang muncul setelah proses otorisasi

9 . Tampilan Data Admin Tampilan Data Admin merupakan tampilan berguna untuk memasukkan data password user yang mengoperasikan sistem. Tampilan Data Karyawan Tampilan Data Karyawan merupakan tampilan berguna untuk memasukkan data Karyawan yang akan diabsensi.

10 Evaluasi Sistem yang Berjalan Dari sistem yang sedang berjalan adalah berupa sistem yang manual dan kurang baik dalam proses mengontrol kehadiran karyawan sehingga di dapati karyawan yang kurang disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab bekerja dalam kantor. Hambatan teknologi absensi webcam ini sangat bergantung pada jaringan sehingga apabila sinyal sedang buruk maka akan sangat mengganggu proses berjalannya system administrasi absensi pada organisasi, juga tak terhindar dari kejahilan seorang pegawai yang moralnya buruk, akan sangat rentan untuk dimanipulasi.

11 Fungsi webcam terhadap Kantor Lurah Masale Sistem yang digunakan pada Kantor Lurah Masale, Kecamatan Panakkukang Kota Makassar pada bagian absensi karyawan masih bersifat manual, dalam pencatatannya, sehingga Sistem Informasi yang berjalan tidak efektif dan efisien. Penyimpanan laporan data-data absensi karyawan tidak terorganisir dengan baik. Perhitungan jam kerja pegawai kurang akurat, karena banyak data yang hilang dan tidak sesuai. Sistem Informasi absensi ini hanya untuk pegawai Kantor Lurah Masale Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. System informasi ini sangat memudahkan bagi pegawai untuk bekerja lebih maksimal dan disiplin serta teratur, karena mereka diawasi oleh system komputerisasi. Pengadaptasian system webcam di Kantor Lurah Masale Dalam era globalisasi dan teknologi dewasa ini, penggunaan komputer sebagai salah satu alat teknologi informasi sangat dibutuhkan keberadaannya hampir disetiap aspek kehidupan. Penggunaan perangkat komputer sebagai perangkat pendukung manajemen dan pengolahan data adalah sangat tepat dengan mempertimbangkan kuantitas dan kualitas data, dengan demikian penggunaan perangkat komputer dalam setiap informasi sangat mendukung sistem pengambilan keputusan, baik untuk instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta.

12 Hambatan Akan mengalami kesulitan dikarenakan sumber daya manusia yang kurang dan minim terhadap system komputerisasi Pegawai yang kurang memiliki ilmu teknologi komunikasi akan menyulitkan untuk mengoperasikan system webcam ini. Butuh pengajaran dan arahan dari orang mahir dan itu membutuhkan biaya. Instansi ini betul-betul harus memulai dari nol dalam memasang system absensi webcam ini.

13 Peluang Memiliki data base yang tersimpan secara rapih dan aman. Tidak amburadul dan tidak kehilangan data. Sumber daya manusia pegawai akan lebih unggul dalam perkembangan teknologi. Kejujuran moral pegawai akan terbina. Kedisiplinan dan keteraturan pada waktu sehingga akan lebih berbakti pada masyarakat.

14


Download ppt "Kelompok 7 1.Nur Fadhillah Noprisunggita Arifin 2012.233.00.202 2.Muh. Rifki Rinaldi 2012.233.00.215 3.Muhammad Ashari Ilyas 2012.233.00.219 4.Ideal Lestari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google