Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INFORMATICS UB ATTENDANCE SYSTEM.  Tika Rahmadian [0910680034]  Dyah Ayu Marhaeningtya Galuh Wisnu [0910680052]  Aulia Meitika Kusumawardhani [0910681004]

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INFORMATICS UB ATTENDANCE SYSTEM.  Tika Rahmadian [0910680034]  Dyah Ayu Marhaeningtya Galuh Wisnu [0910680052]  Aulia Meitika Kusumawardhani [0910681004]"— Transcript presentasi:

1 INFORMATICS UB ATTENDANCE SYSTEM

2  Tika Rahmadian [ ]  Dyah Ayu Marhaeningtya Galuh Wisnu [ ]  Aulia Meitika Kusumawardhani [ ]

3  INCUBASYS adalah perangkat lunak berbasis sistem informasi yang berfungsi untuk mempermudah proses absensi yang ada di Universitas Brawijaya terutama di Teknik Informatika.

4  Di Universitas Brawijaya khususnya pada Teknik Informatika, sekarang ini memiliki mahasiswa dengan jumlah yang cukup banyak. Karena hal inilah, proses absensi terkadang menjadi suatu hal yang menyulitkan dikarenakan pengerjaannya dilakukan secara manual. Yang terkadang bisa menimbulkan kesalahan dalam perhitungan prosesntasi absensi. Padahal prosentase absensi mahasiswa Universitas Brawijaya khususnya di Teknik Informatika sangat berperan dalam menentukan kelayakan seorang mahasiswa untuk mengikuti ujian dengan batas 80% kehadiran.

5  Selain itu, dengan absensi secara manual besar sekali kemungkinan adanya kasus seorang mahasiswa menandatangani absensi mahasiswa lain. Jadi pembuatan INFORMATICS UB ATTENDANCE SYSTEM berguna untuk meminimalisir semua permasalahan yang ada dan bisa mendapatkan data yang akurat. Customer yang akan memakai sistem ini adalah Bagian Administrasi Teknik Informatika Universitas Brawijaya, yang selama ini mengelola data absensi mahasiswa.

6  Pendeteksi/scanner barcode Pendeteksi/scanner barcode ini digunakan untuk mendeteksi barcode di setiap KTM mahasiswa sehingga tidak bisa dipalsukan oleh mahasiswa yang lainnya.

7  Webcam sebagai pendeteksi wajah Selain pendeteksi/scanner barcode KTM yang memiliki kelemahan dimana KTM bisa dipinjamkan, webcam ini berguna untuk mendeteksi wajah mahasiswa yang sesuai dengan KTM yang terdeteksi oleh pendeteksi barcode.

8  Sistem login logout oleh dosen Sistem ini masih memiliki keamanan dimana periode waktu absensi ditentukan oleh dosen. Jadi waktu absensi dimulai saat dosen melakukan login sesuai mata kuliah yang diampunya dan me-logoutnya saat jam perkuliahan selesai.

9  Mempermudah pihak administrator dalam mengolah dan memroses absensi mahasiswa Teknik Informatika Universitas Brawijaya  Pihak pengelola fasilitas ini tidak perlu memasukan data absensi secara manual ke database yang ada  Dengan adanya sistem ini meminimalisir kesalahan perhitungan prosentasi absensi dari mahasiswa Teknik Informatika Universitas Brawijaya  Apabila terjadi masalah dalam hal proses absensi mahasiswa bisa langsung ditangani secara cepat

10

11  Tujuan : Untuk memulai penggunaan sistem  Aktor : dosen dan petugas administrasi  Use Case : Sistem akan meminta id dan password untuk melakukan login. Login ini berguna untuk membuka sistem sesuai jadwal kuliah yang ditentukan sebelum mahasiswa bisa melakukan proses absensi. Selain itu proses login ini sendiri berguna untuk absensi dari dosen dan petugas administrasi yang bersangkutan. [INCUBASYS- UC.0001]

12  Tujuan : Untuk memroses absensi yang dilakukan user  Aktor : mahasiswa  Use Case : Pada proses absensi, dibutuhkan KTM untuk melakukan prosesnya. Disini absensi menggunakan kode barcode dan deteksi wajah sebagai acuan seorang mahasiswa hadir atau tidak. Mahasiswa harus mencocokkan kode barcode di KTMnya dan pola wajahnya dengan yang ada di database, apabila cocok maka data kehadiaran mahasiswa saat itu dikirimkan ke database. [INCUBASYS-UC.0002]

13  Tujuan : Untuk mengakhiri proses absensi pada jadwalnya  Aktor : dosen dan petugas administrasi  Use Case : Apabila waktu perkuliahan telah berakhir, dosen wajib melog-out sistem agar mahasiswa tidak bisa melakukan absensi kembali. Sehingga mahasiswa hanya bisa absen pada waktu yang telah ditentukan saja. [INCUBASYS-UC.0003]

14  Ketahanan  Sistem absensi INCUBASYS ini diharapkan tidak akan crash atau hang terkecuali apabila ada kerusakan dari sistem itu sendiri. Selain itu system ini diharapkan selalu memperbarui sitem securitinya agar proses absensi dan rekapitulasinya tidak terganggu.

15  Keselamatan  System ini bekerja 16 jam per hari dalam 5 hari. Sehingga pengguna tidak selalu memantau secara langsung dikarenakan sistem berjalan secara otomatis. Sehingga user tidak selalu berada di depan PC yang bisa mengganggu kesehatan user itu sendiri.

16  Perawatan  Dalam sistem ini dibutuhkan perawatan dalam hal penggunaannya, yakni dikelola secara teratur dan up to date, dan menjaga agar jaringan internet atau LAN tetap stabil sehingga user bisa membuka interfacenya. Selain itu diperlukan adanya scanning virus secara rutin untuk meminimalisir sistem terkena virus yang bisa menghambat kinerja sistem.

17


Download ppt "INFORMATICS UB ATTENDANCE SYSTEM.  Tika Rahmadian [0910680034]  Dyah Ayu Marhaeningtya Galuh Wisnu [0910680052]  Aulia Meitika Kusumawardhani [0910681004]"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google