Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembentukan perilaku moral Upaya pembentukan perilaku moral bisa di lakukan melalui pendidikan,pembelajaran,pembimbing an dan pendisiplinan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembentukan perilaku moral Upaya pembentukan perilaku moral bisa di lakukan melalui pendidikan,pembelajaran,pembimbing an dan pendisiplinan."— Transcript presentasi:

1 Pembentukan perilaku moral Upaya pembentukan perilaku moral bisa di lakukan melalui pendidikan,pembelajaran,pembimbing an dan pendisiplinan.

2 Perkembangan moral Berjalan seiring dengan perkembangan intelektual,emosional,bahasa dan sosial. Inti dari pembentukan perilaku moral mengandung unsur kesengajaan,di lakukan dalam suatu sistem yg efektif yang mempunyai landasan yg ilmiah dan dpt di pantau arah dan kecepatan perubahan serta di kendalikan faktor- faktor yg mempengarui efisiensi dan efektivitas sistem.

3 Tujuan pembentukan perilaku moral pada AUD Agar anak dapat mengembangkan perilaku sosial sesuai dengan aturan,norma-norma dan sistem nilai yg berlaku dalam keluarga,masyarakat, dan lingkungannya.

4 Secara praktis pembentukan perilaku moral meliputi Upaya pembelajaran anak mengenai ciri-ciri perilaku sosial yang sesuai dan pantas. Tehnik dalam pembentukan perilaku moral menurut schaeffer(1986)mengemukakan bahwa berbagai tehnik pendisiplinan dan pembimbingan perilaku anak dpt di kelompokkan dlm dua pendekatan yaitu pendekatan positif dan pendekatan negatif

5 Pendekatan positif Adalah tehnik-tehnik pembibingan utk pembentukan perilaku moral anak yg bersifat kondusif,fasilitatif,menyenangkan dan bertujuan memberikan efek dorongan bagi perubahan tingkah laku anak.

6 Pendekatan negatif Adalah tehnik pembimbingan yg tidak menyenangkan bagi anak dan bertujuan menghalangi,menghentikan,atau memperbaiki tingkah laku tertentu dengan memberikan efek jera pada anak.

7 Pendekatan yang di anggap efektif bagi pembentukan perilaku moral Adalah tehnik-tehnik pembimbingan dan pembelajaran yg di lakukan secara positif,yaitu dengan contoh,teladan,pujian,persuasi,dorongan, dan hadiah,di bandingkan dengan cara yg negatif seperti hukuman dan omelan yg hanya menghasilkan ketakutan,kekhawatiran dan rasa bersalah anak

8 Upaya pembentukan perilaku moral anak dan pendisiplinan Haras lah memenuhi 3 kriteria yaitu: 1.Menghasilkan suatu perubahan perilaku dan pertumbuhan diri pada anak 2.Tetap terpelihara harga diri anak 3.Selalu terjalin hubungan yg dekat dan akrab antara anak dan pembimbing,orang tua,dan pengasuh.

9 Tehnik-tehnik yg dapat di kembangkan 1.Membiarkan 2.Tidak menghiraukan 3.Memberikan contoh 4.Mengalihkan arah 5.Memuji 6.Mengajak 7.menantang


Download ppt "Pembentukan perilaku moral Upaya pembentukan perilaku moral bisa di lakukan melalui pendidikan,pembelajaran,pembimbing an dan pendisiplinan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google