Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengujian software Definisi Pengujian software adalah sebuah proses formal yang dilakukan oleh tim pengujian khusus dimana unit perangkat lunak, beberapa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengujian software Definisi Pengujian software adalah sebuah proses formal yang dilakukan oleh tim pengujian khusus dimana unit perangkat lunak, beberapa."— Transcript presentasi:

1

2 Pengujian software Definisi Pengujian software adalah sebuah proses formal yang dilakukan oleh tim pengujian khusus dimana unit perangkat lunak, beberapa unit perangkat lunak yang terintegrasi atau seluruh paket perangkat lunak diperiksa dengan menjalankan program pada komputer. Semua tes terkait ditunjukkan sesuai dengan prosedur pengujian yang disetujui uji kasus. Tujuan pengujian software  Untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan kesalahan sebanyak mungkin dalam perangkat lunak diuji.  Untuk membawa software yang diuji setelah koreksi kesalahan diidentifikasi dan pengujian ulang, pada kualitas yang memadai.  Untuk melakukan tes yang dibutuhkan secara efisien dan efektif, dalam anggaran dan penjadwalan keterbatasan.

3 Dasar pengujian software  Pengujian big-bang : Pengujian perangkat lunak secara keseluruhan setelah menyelesaikan paket yang tersedia.  Pengujian Incremental : Pengujian sotware sedikit demi sedikit pada modul yang telah selesai. Kemudian melakukan tes integrasi yaitu menguji modul – modul yang telah terintegrasi. Proses ini berlanjut sampai semua paket modul telah selesai diuji. Setelah semua telah selesai dilakukan pengujian paket secara keseluruhan.

4 Big bang vs incremental testing Incremental testing   lebih mudah untuk mengidentifikasi persentase kesalahan bila dibandingkan dengan pengujian seluruh paket perangkat lunak  Identifikasi dan koreksi kesalahan jauh lebih sederhana karena identifikasi kesalahan dilakukan pada bagian awal.  Kerugian utama dari pengujian incremental adalah kuantitas pemrograman, sumber daya yang diperlukan untuk persiapan bertopik dan driver untuk unit dan integrasi tes.  Kelemahan lain utama adalah kebutuhan untuk menguji banyak program dalam rentang waktu. Big – Bang   Kecuali program yang diuji sangat kecil dan sederhana, aplikasi pengujian big bang membuat kerugian. Identifikasi kesalahan menjadi cukup rumit sehubungan besarnya dari perangkat lunak. Banyaknya koreksi yang harus dilakukan pada keseluruhan perangkat lunak dalam satu waktu membuat terganggunya jadwal dan anggaran yang telah dibuat.  Namun keuntungan pengujian big bang hanya membutuhkan operasi pengujian tunggal.

5 Dasar pengujian software  Selanjutnya, tambahan pengujian juga dilakukan menurut dua dasar strategi: bottom-up dan top-down.  Pengujian top-down modul pertama diuji adalah modul utama, modul tingkat tertinggi dalam struktur perangkat lunak; modul terakhir menjadi diuji adalah modul tingkat terendah.  Pengujian bottom-up urutan pengujian dibalik: modul tingkat terendah diuji pertama, dengan utama modul diuji kemudian.

6 Bottom Up

7 Top Down

8 Bottom-up versus top- down strategi  Keuntungan bottom up  adalah relatif mudah kinerjanya  Kerugian  keterlambatan di mana program secara keseluruhan dapat diamati (yaitu, pada tahap berikut pengujian modul terakhir).  Keuntungan  dari strategi top-down adalah kemungkinan ia menawarkan untuk menunjukkan fungsi seluruh program lama setelah aktivasi dari tingkat atas modul telah selesai. Dalam banyak kasus, ini karakteristik memungkinkan untuk identifikasi awal dari kesalahan analisis dan desain yang berhubungan dengan algoritma, persyaratan fungsional, dan sejenisnya.  Kerugian  dari strategi ini adalah kesulitan mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan

9 Klasifikasi menurut konsep pengujian  Kotak hitam (fungsionalitas) pengujian. Pengujian yang mengabaikan mekanisme internal sistem atau komponen dan hanya berfokus pada output yang dihasilkan. Pengujian dilakukan untuk mengevaluasi pemenuhan sistem atau komponen dengan kebutuhan fungsional tertentu.  Kotak putih (struktural) pengujian. Pengujian yang memperhitungkan mekanisme internal sistem atau komponen.

10 Keuntungan dan Kerugian Pengujian Kotak Hitam Keuntungan ■ Hal ini memungkinkan tester untuk melakukan hampir semua kelas tes. ■ Membutuhkan sumber daya jauh lebih sedikit. Kerugian ■ Hal ini memungkinkan untuk identifikasi kesalahan kebetulan sebagai benar. ■ Ini tidak memiliki kontrol ■ Ini tidak memiliki kemungkinan untuk menguji kualitas coding kerja.

11 Keuntungan dan Kerugian Kotak Putih Keuntungan ■ Ini memungkinkan pemeriksaan langsung dari jalur proses dan algoritma. ■ Ini memberikan daftar program yang belum dieksekusi. ■ Hal ini mampu untuk melakukan pengujian kualitas coding. Kerugian ■ Hal ini membutuhkan sumber daya yang luas. ■ Tidak bisa menguji kinerja perangkat lunak dalam hal ketersediaan,kehandalan dll

12  Pengujian kotak hitam diklasifikasikan menjadi tiga kelompok: ■ Pengujian Operasi ■ Pengujian Revisi ■ Pengujian Transisi.

13  Operasi pengujian meliputi: (1) Pengujian kebenaran output (2) Pengujian Dokumentasi (3) Pengujian Ketersediaan (4) Pengujian Kehandalan (5) Pengujian Stres (daya tahan) (6) Pengujian sistem keamanan Software (7) Pengujian pelatihan (8) Pengujian Operasional.

14  Revisi pengujian meliputi: (1) Pengujian pemeliharaan (maintain) (2) Pengujian fleksibilitas (3) Testability.  Transisi pengujian meliputi: (1) Pengujian portabilitas (2) Pengujian usabilitas (kegunaan) (3) Pengujian antarmuka software (4) Pengujian antarmuka peralatan


Download ppt "Pengujian software Definisi Pengujian software adalah sebuah proses formal yang dilakukan oleh tim pengujian khusus dimana unit perangkat lunak, beberapa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google