Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Data 12 / 1 - 16 LOCAL AREA NETWORK – LAN Objektif Menyatakan definisi LAN Memahami komponen-komponen utama LAN Memahami bagaimana protokol.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Data 12 / 1 - 16 LOCAL AREA NETWORK – LAN Objektif Menyatakan definisi LAN Memahami komponen-komponen utama LAN Memahami bagaimana protokol."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi Data 12 / LOCAL AREA NETWORK – LAN Objektif Menyatakan definisi LAN Memahami komponen-komponen utama LAN Memahami bagaimana protokol LAN beroperasi Menerangkan jenis-jenis LAN Pengenalan dan Definisi LAN – rangkaian komunikasi yg m’hubungkan beberapa jenis peranti komunikasi data dalam suatu kawasan geografi yang kecil atau dalam jarak yang dekat. LAN menghubungkan peranti-peranti komunikasi untuk membolehkan perkongsian maklumat dan sumber.

2 Komunikasi Data 12 / Ciri-ciri LAN Menghubungkan dua atau lebih peranti komunikasi Terhad kpd satu kawasan geografi yang kecil (cth : dlm satu bangunan, antara bangunan yang berdekatan) Komponen LAN biasanya dimiliki, digunakan dan ditadbir oleh sesebuah organisasi Kadar kelajuan sederhana hingga sangat tinggi (antara 10 – 100 Mbps) Kadar ralat rendah Komponen-komponen LAN Peralatan pengkomputeran. Pelayan (server). Kad antaramuka rangkaian (network interface card – NIC). Kabel rangkaian dan hub. Sistem pengoperasian rangkaian

3 Komunikasi Data 12 / GENERASI LAN a. First CSMA/CD and token ring Terminal to host and client server b. Second FDDI Backbone High performance workstations c. Third ATM Support real time dan aplikasi multimedia Support Live video (2Mbps) Memberi fasilitas LAN/WAN internet working

4 JARINGAN KOMPUTER 12 / TOPOLOGI Topologi Jaringan adalah susunan lintasan aliran data didalam jaringan yang secara fisik menghubungkan simpul yang satu dengan simpul lainnya. Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan.

5 JARINGAN KOMPUTER 12 / A. Topologi Jaringan Bintang (Star) - Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat (concentrator). -Jika dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis. - Beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. - Kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar.

6 JARINGAN KOMPUTER 12 / TOPOLOGI [BUS]

7 JARINGAN KOMPUTER 12 / B. Topologi Jaringan Mesh -Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. -Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). -Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

8 JARINGAN KOMPUTER 12 / C. Topologi Jaringan Bus - Pada jaringan bus yaitu kabel linier, pada suatu saat sebuah mesin bertindak sebagai master dan diijinkan untuk mengirim paket. -Mesin-mesin lainnya perlu menahan diri untuk tidak mengirimkan apapun. - Untuk mencegah terjadinya konflik, ketika dua mesin atau lebih ingin mengirimkan paket secara bersamaan, - Mekanisme pengatur dapat berbentuk tersentralisasi atau terdistribusi. - Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) mengeluarkan aturan yang diberi nama IEEE yang populer disebut Ethernet merupakan jaringan broadcast bus dengan pengendali terdesentralisasi yang beroperasi pada kecepatan 10 sampai dengan 100 Mbps. - Dalam Request for Comments (RfC’s) 1180 dijelaskan bahwa komputer-komputer pada Ethernet dapat mengirim data kapan saja diinginkan, bila dua buah paket atau lebih bertabrakan, maka masing- masing komputer cukup menunggu dengan waktu tunggu yang acak sebelum mengulangi lagi pengiriman.

9 JARINGAN KOMPUTER 12 / D. Topologi Jaringan Pohon (Tree) -Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. -Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. -Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. -Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

10 JARINGAN KOMPUTER 12 /

11 JARINGAN KOMPUTER 12 / e. Topologi Jaringan Cincin (Ring) -Ring adalah salah satu sistem broadcast -Topologi ini setiap bit dikirim ke daerah sekitarnya tanpa menunggu paket lengkap diterima. -Biasanya setiap bit mengelilingi ring dalam waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan beberapa bit. -Seperti sistem broadcast yang lainnya, beberapa aturan harus dipenuhi untuk mengendalikan akses simultan ke ring. -IEEE (token ring) merupakan LAN ring yang populer yang beroperasi pada kecepatan 4 sampai dengan 15 Mbps. -Setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. -Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. -Kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral. -Keuntungan : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem itu.

12 Komunikasi Data 12 / Protokol-protokol pada LAN Jenis-jenis protokol yang terdapat pada Lan, antara lain: 1.Ethernet atau CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Acces / Collision Detection) IEEE Token BUS IEEE Token Ring IEEE Paling awal digunakan secara komersial dan paling populer Dikembangkan oleh IEEE dgn produknya IEEE menggunakan topologi bus, tapi jika disambungkan dengan peranti lain seperti hub untuk menambah jarak/menguatkan isyarat, maka topologi akan terlihat seperti menggunakan topologi bintang. Menggunakan media protokol : CSMA/CD 1. Ethernet atau CSMA/CD

13 Komunikasi Data 12 / CSMA/CD (Carrier Sense multiple Access / Collision Detection), adalah mode protokol yang digunakan pada jaringan Ethernet yang mempunyai ciri-ciri sebgai berikut: a.Setiap peranti mempunyai peluang yg sama untuk memesan keterhubungan dengan jaringan dan peranti bukan saja memesan hubungan dengan jaringan pada sebelum penghantaran data malah sewaktu penghantaran data sudah di transmisikan. b.Sebelum mengirimkan data, komputer ‘mendapat jawaban’ dulu untuk pastikan bahwa jalur yang diinginkan tidak digunakan. c.Jika dua komputer menghantarkan data dalam satu waktu, akan terjadi collision. d.Apabila kedua-dua komputer mengetahui adanya collisio, maka penghantaran data diberhentikan saat itu juga. e.Setiap komputer akan menunggu pada waktu yang akan ditentukan sampai saluran tidak terjadi Collision.

14 Komunikasi Data 12 / Menggunakan IEEE menggunakan topologi cincin Setiap peranti perlu menunggu giliran untuk menghantarkan data dan data dihantarkan dari satu peranti ke satu peranti lain sehingga sampai ke tujuan. Token ring adalah contoh deterministic protocol. Menggunakan konsep transmisi : Token Passing 2. Token Ring

15 Komunikasi Data 12 / Boleh mengatasi masalah Collision dalam CSMA/CD  Setiap peranti perlu menunggu giliran utk meghantarkan data Token berguna untuk menghantarkan informasi/data. Dua jenis token : busy token (membawa data), free token (tidak membawa data) Token bergerak dalam satu arah mengelilingi cincin dan hanya satu token bergerak dlm satu pirode waktu. Token Passing

16 Komunikasi Data 12 / menggunakan IEEE Merupakan gabungan dari Ethernet dan Token Ring. 3. Token Bus


Download ppt "Komunikasi Data 12 / 1 - 16 LOCAL AREA NETWORK – LAN Objektif Menyatakan definisi LAN Memahami komponen-komponen utama LAN Memahami bagaimana protokol."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google