Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

USAHA KECIL DAN KEWIRAUSAHAAN. USAHA KECIL Yaitu usaha yang mempunyai ciri : 1. Modal awal kecil 2. Nilai kekayaan (Asset) yang kecil 3. Jumlah pekerja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "USAHA KECIL DAN KEWIRAUSAHAAN. USAHA KECIL Yaitu usaha yang mempunyai ciri : 1. Modal awal kecil 2. Nilai kekayaan (Asset) yang kecil 3. Jumlah pekerja."— Transcript presentasi:

1 USAHA KECIL DAN KEWIRAUSAHAAN

2 USAHA KECIL Yaitu usaha yang mempunyai ciri : 1. Modal awal kecil 2. Nilai kekayaan (Asset) yang kecil 3. Jumlah pekerja yang sedikit Di Indonesia disebut usaha kecil cirinya yaitu modal kurang dari Rp. 200 jt dan jumlah pekerja kurang dari 20 orang. Level yang lebih kecil lagi disebut sebagai usaha Mikro

3 BENTUK USAHA KECIL  Trading (QS Al-Baqarah:275) Contohnya : toko kelontong, agen/grosir  Manufacturing (QS Al-A’raaf:26) Contohnya : Konveksi, pabrik kecap, pabrik tahu/tempe.  Service (QS An-Nahl:7-8) Contohnya : konsultan bangunan, perusahaan jasa cleaning servise, jasa pembuangan sampah.

4 SUMBANGAN USAHA KECIL KEPADA MASYARAKAT & NEGARA Memberikan lapangan pekerjaan Penciptaan teknologi atau metode baru Penciptaan produk baru untuk kepentingan Negara Sebagai pemasok (Vendor) bagi usaha besar.

5 WIRAUSAHA Yaitu : Seseorang yang gigih berusaha untuk menjalankan suatu kegiatan bisnis dengan tujuan untuk mencapai hasil yang membanggakan. Wirausaha adalah orang yang kreatif, yaitu : -P-Pencipta perusahaan -P-Pencipta produk yang dapat diperkenalkan -P-Pencipta lapangan pekerjaan

6 KEWIRAUSAHAAN Yaitu : Sifat dan keahlian yang dimiliki oleh para wirausaha, diantaranya : - Berani mengambil resiko - Bijaksana dalam membuat keputusan - Pandai membaca peluang - Punya kemampuan menjadi manajer yang baik - Mampu menciptakan suatu organisasi yang efektif dan efisien - Mampu menghasilkan sesuatu yang baru dan bernilai. Sifat Wirausaha Adalah Hasil Proses Belajar ….

7 CIRI-CIRI WIRAUSAHA YANG BERHASIL Percaya diri Berorientasi kemanusiaan Berorientasi tugas dan keputusan Sikap keaslian ide dan kreatif Berorientasi masa depan Bersedia mengambil resiko Mampu membuat keputusan Berorientasi perencanaan Mampu mendirikan perusahaan Punya kemampuan manajemen

8 ALASAN MEMBUKA USAHA SENDIRI Bebas membuat keputusan Dorongan diri yang kuat Kesanggupan untuk mengambil resiko Punya minat untuk berdagang Mendapat kesempatan berusaha

9 MANFAAT MEBUKA BISNIS SENDIRI Bebas menentukan kekayaan yang ingin Anda miliki Bebas berkreasi Menjadi bos bagi diri Anda sendiri Bebas mengatur waktu Memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk keluarga Bebas beribadah dan lebih dekat dengan Tuhan Hidup lebih bahagia Bisa membantu orang lain yang membutuhkan Dan masih banyak manfaat dan kesenangan lainnya

10 PERBEDAAN GAYA MANAJER WIRAUSAHA DAN MANAJER Wirausaha Aktif mencari perubahan dengan mengeksploitasi peluang-peluang Menerima/mengendalikan resiko Dimotivasi oleh kebebasn dan peluang untuk menciptakan keuntungan financial Cenderung menerima kesalahan sebagai suatu bagian norma/biasa Lebih intens/langsung terlibat dlm aktivitas operasional organisasi Manajer Meminimalkan resiko Cenderung menghindarkan resiko Dimotivasi oleh promosi karir dan imbalan lainny. Menghindari kesalahan Cenderung mendelegasikan tugas-tugas dan mengawasi pekerja.

11 METODE MENGEMBANGKAN DAYA CIPTA : Melalui kuesioner Melalui Brainstorming Melalui pemerhatian Mengembangkan dan mengumpulkan ide Mencari ide dari konsumen Analisis mengenai pekerja.

12 PROSES TERBENTUKNYA WIRAUSAHA  TEORI LIFE PATH CHANGE : -Negative displacement Karena dipecat, terhina, mengalami kebosanan dlm bekerja, dipaksa/terpaksa pindah dari daerah asal, pensiun, cerai, dll. -Being Between Things Seakan berada di tengah-tengah. Contohnya keluar dari sekolah, ketentaraan, penjara, dll. -Having Positive Pull Mendapat dukungan dari mitra kerja, investor, pelanggan, dll.

13 PROSES TERBENTUKNYA WIRAUSAHA TEORI OUTCOME EXPECTANCY Keyakinan seseorang mengenai hasil yang akan diperolehnya jika ia melaksanakan suatu perilaku tertentu, yaitu perilaku yang menunjukkan keberhasilan.

14 STRATEGI MEMULAI BISNIS MENANGKAP PELUANG MENJAWAB BEBERAPA PERTANYAAN : -Mengapa Saya Ingin Berbisnis Sendiri? -Bisnis Apa Yang Ingin Saya Tekuni? -Siapkah Saya Memulai Bisnis Yang Telah Saya Pilih? -Saya Telah Siap, Namum Mungkinkah Saya Gagal? -Benarkah Saya Telah Siap?

15 LIMA KUNCI SUKSES DARI Rhenal Kasali REPUTASI DULU TUMBUH DARI BAWAH KONSENTRASI PADA BIDANG YG DIKUASAI ANTI KERUMUNAN MODAL HANYALAH PELENGKAP

16 Seorang wirausaha yang memiliki potensi sukses adalah mereka yang mengerti kegunaan pendidikan untuk menunjang kegiatan serta mau belajar untuk meningkatkan pengetahuan.

17 USAHA WARALABA  KEUNTUNGAN SISTEM WARALABA : -Adanya pelatihan khusus diberikan oleh pemegang lisensi -Merk yang sudah dikenal -Mempunyai jaringan pemasaran yang kuat -Standarisasi mutu -Biaya produksi rendah -Kesiapan manajemen -Bantuan manajemen dan teknik -Perlindungan wilayah

18 USAHA WARALABA  KEKURANGAN : -Biaya paten yang harus dibayar oleh pemegang lisensi -Kontrol dari perusahaan pemegang paten yang ketat -Janji-janji dari pemegang paten yang biasanya tidak ditepati.


Download ppt "USAHA KECIL DAN KEWIRAUSAHAAN. USAHA KECIL Yaitu usaha yang mempunyai ciri : 1. Modal awal kecil 2. Nilai kekayaan (Asset) yang kecil 3. Jumlah pekerja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google