Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EVALUASI DOBLE SEAMER Oleh: Dr. T.J. Moedjiharto MAppSc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EVALUASI DOBLE SEAMER Oleh: Dr. T.J. Moedjiharto MAppSc."— Transcript presentasi:

1 EVALUASI DOBLE SEAMER Oleh: Dr. T.J. Moedjiharto MAppSc.

2 EVALUASI SAMBUNGAN LIPATAN GANDA (DOUBLE SEAM) Pembuatan kaleng dan pengemas secara konsisten sambungan lipatan (kelingan) ganda alat pemutar (roll) memiliki kwalitas tetap yang memberikan perhatian beberapa faktor yang amat penting. Dimensi sambungan lipatan (kelingan), tingkat pengkerutan pada lipatan pengait tutup (cover hook), dan posisi serta bentuk (shape) pada badan kaleng dan lipatan mutu penutup harus bagus merupakan spesikasi yang utama.

3 Komponen-komponen pengisi harus menggunakan bahan yang mutunya bagus harus digunakan, setelah memutuskan persyaratan yang dibutuhkan dalam pengepakan. Tipe yang tepat, jumlah dan penempatan komponen sangat dibutuhkan untuk menghasilkan efisiensi maksimum dalam sambungan lipatan, ketahanan terhadap kebocoran yang diakibatkan oleh ketidak cermatan (abuse), dan perlindungan terhadap badan kaleng dan pada akhir daerah sambungan lipatan ganda kaleng.

4 Bahasan dalam hal ini menyangkut diskripsi luar dan bagian dimensi bagian dalam dan bagaimana pengukurannya. Berbagai struktur sambungan lipatan disajikan dalam gambar dalam rangka membantu dalam pengaturan sambungan lipatan yang tepat dan betul dalam rangka memberikan hasil secara komersial sambungan lipatan ganda yang dapat diterima.

5 Penggunaan yang tepat dan penempatan komponen bahan isian juga diinskripsikan. Efisiensi sambungan lipatan dihasilkan ketika sambungan lipatan ganda adalah sifat kemilikan terbentuk dan komponen yang tepat digunakan.

6 SAMBUNGAN LIPATAN SECARA HERMITIS Pada akhir ini kaleng baja berlapis timah dan minuman kaleng umumnya mempunyai tiga penutup hermitis satu sepanjang sisi penutup dan satu sisi pada bagian atas dan pada akhir alas kaleng. Terakhir dari dua pentupan disebut sambungan lipatan ganda. Kaleng dari bahan alumunium memungkinkan mempunyai sifat sambungan lipatan ke kehermitisan tiga sisi, tetapi umumnya hanya mempunyai satu sisi, yaitu sambungan lipatan ganda pada ujung kaleng.

7 Kata hermitis berarti tidak dapat tembus udara. Sambungan lipatan kaleng secara hermitis sangat penting bertujuan untuk menjaga sanitasi, merupakan tujuan dari penge-masan. Sambungan lipatan secara hermitis mempunyai beberapa fungsi yang penting. Hal tersebut mempertahankan gangguan bakteri dari luar kaleng, hal tersebut merupakan fungsi yang amat penting.

8 Hal tersebut mencegah bagian luar (seepage) kaleng, mecegah keluarnya atau masuknya cairan keluar atau ke dalam kaleng, dan menjaga kevakuman kaleng. Untuk mewujudkan kehermitisan kaleng, sumbatan dilakukan secara mekanis, bahan penyumbat harus diisikan secara tepat dengan menggunakan komponen penyumbat, semen, dilas ataupun disolder.

9 KONSTRUKSI TUTUP Bagian tutup disatukan dengan menggunakan dari dua ujung pendek pada badan kaleng kosong, yang dikunci dan dilipat (dikeling) secara mekanis, dan disolder dilipat dan dilas, dikunci dan disemen atau dilipat dan disemen, Di las, sement, atau disolder pada bagian dalam sisi samping tutup yang mengakibatkan kaleng ditutup secara hermitis.

10 Formasi dan mutu sisi samping (sambungan lipatan/kelingan secara hermitis) adalah sangat amat penting sebagai hasil akhir kaleng dan sebagai tanggung jawab penutup kaleng. Sisi sambungan lipatan kaleng tidak akan sama dengan berikutnya dalam buklet ini, terkecuali hal tersebut berpengaruh pada mutu pada sambungan lipatan ganda.

11 FORMASI SAMBUNGAN LIPATAN GANDA  Sambungan lipatan ganda dibentuk saling berkaitan (keling/mengunci) secara mekanik tutup dengan badan kaleng disajikan pada Gambar 1.

12 Coba perhatikan sekarangan bentuk kelingan pada badan kaleng bila dilihat secara penampang melintang Gambar 2. Sambungan ganda pada bagian badan kaleng

13 Berbagai bagian pada tutup kaleng yang nama-namanya secara umum dapat diterima disajikan pada Gambar 3. Gambar 3 Profil Bagian tutup kaleng.

14 Penampang melintang sambungan lipatan ganda secara komersial disajikan pada Gambar 4. Gambar 4. Potongan Melintang pada sambungan lipatan ganda.

15 Sambungan lipatan ganda dengan pemberian nama-nama bagian disajikan pada Gambar 5.

16 Lipatan pengait pada bagian penutup (cover hook) pada gambar ini berasal dari lengkungan ujung kaleng lihat pada Gambar 4. Dan dinding penutup merupakan bagian terbesar pada panel tutup pada Gambar 5.

17 Gambar 6. Profil se- cara parsial pada ujung tutup kaleng.

18 Badan lipatan pengait (body hook) dalam Gambar 7. Merupakan bagian lekukan badan kaleng pada Gambar 2. Gambar 7. Bagian-bagian pada sambungan lipatan ganda kaleng.

19 Dalam pencetakan kelingan pada bagian penutup pada alas kaleng dan tutup kaleng membutuhkan alat meletakkan dasar kaleng sbb. Gambar 8. Bentuk tempat meletakkan Alas dasar kaleng

20 Sekarang mari kita amati bentuk Alat pengepres bagian tutp kaleng atau dikenal dengan Seaming Chuck Gambar 8. Bentuk Alat pengepres tutup kaleng

21 Bagian Potongan Melintang Kaleng Dengan alat mikroskup potongan melintang dalam sambungan lipatan ganda yang sempurna terdapat lima lapisan bahan kaleng. Dua lapisan berasal dari badan kaleng dan tiga lapisan berasal dari ujung penutup kaleng.

22 Sambungan lipatan ganda dengan pemberian nama-nama bagian disajikan pada Gambar 5. Gambar 11. Potongan melintang Tutup kaleng

23 Lipatan pengait pada bagian penutup (cover hook) pada gambar ini berasal dari lengkungan ujung kaleng lihat pada Gambar 6. Dan dinding penutup merupakan bagian terbesar pada panel tutup pada Gambar 2. Badan lipatan pengait (body hook) dalam Gambar 7. Merupakan bagian lekukan badan kaleng pada Gambar 2.

24 Sambungan Lipatan Ganda Secara komersial sambungan lipatan ganda dibentuk secara mekanik oleh alat penutup ganda secara manual atau dikenal dengan istilah sambungan lipatan kaleng. Sambungan lipatan tersebut dapat pula dikerjakan secara atomatis ataupun semi otomatis dengan satu atau lebih tahapan sambungan lipatan. Jumlah kaleng yang ditutup oleh suatu mesin penutup bervariasi pada rentang yang sangat besar, tergantung pada jumlah alat dan kecepatan mesinnya yang digunakan.

25 Tutup, badan kaleng, dan alat penutup ganda merupakan tiga bahan yang sangat esensial dalam sambungan lipatan ganda secara hermitis. Keempat adalah bahan komponen pengisi dalam bagian pundak (bagian atas)-datar-lengkung pada tutup kaleng dalam fungsinya sebagai penahan (bahan pengisi).

26 Aplikasi dalam pelapisanya komponen pengisi dilakukan secara mekanis ditempat terpisah pada akhir proses dalam pembuatannya di pabrik dan hal tersebut dikaitkan dengan proses pelapisan. Hal tersebut amatlah penting jumlah yang tepat dan benar di tempat yang tepat untuk memberikat manfaat yang amat besar.


Download ppt "EVALUASI DOBLE SEAMER Oleh: Dr. T.J. Moedjiharto MAppSc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google