Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROXY LIBRARY Rhiza S. Sadjad

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROXY LIBRARY Rhiza S. Sadjad"— Transcript presentasi:

1 PROXY LIBRARY Rhiza S. Sadjad

2 SEMANGAT Open Source Open Content non-proprietary no “copy right” pembajakan pelanggaran hak cipta

3 GAGASAN AWAL Pengguna Gambar 1 Tahap Awal: Implementasi di Kampus UNHAS INTERNET INTRANET UNHAS Existing UNHAS’: web-server mail-server PROXY SERVER Self-Developing Proxy Library Server Kendala Perpustakaan: KOLEKSI! Kebiasaan para PENGGUNA INTERNET: koleksi files hasil download Ada file-server di sekitar kita (di “proximity”)

4 “MUKADIMAH” Setiap pengguna Internet umumnya memiliki koleksi pribadi berupa macam-macam electronic-files hasil kreasinya sendiri atau yang diperolehnya dari Internet (dikirim melalui attachments, di-down- load, dan lain-lain). Dokumen-dokumen ini tersimpan dalam berbagai media, misalnya dalam hardisk di PC dan laptop, flash-disk, CD-ROM atau pada suatu situs web di Internet. Jika dokumen-dokumen tersebut (pernah) bermanfaat bagi si pengguna, tentu besar kemungkinan akan bermanfaat pula bagi pengguna lainnya. Oleh karena itu alangkah baiknya jika dapat dibangun suatu tempat penyimpanan electronic-files bersama yang isinya tersusun secara sistematik seperti laiknya suatu perpustakaan digital (e-library), yang juga dapat di-akses dengan mudah oleh pengguna lainnya (karena berada di proximity, atau “in the neighborhood”). Tempat penyimpanan bersama ini dapat disebut Perpustakaan Proxy Yang Berkembang Sendiri atau Self-Developing Proxy Library. Untuk keperluan ini, dalam rangka Program Hibah Kompetisi INHERENT K-1 di UNHAS akan dikembangkan suatu paket piranti lunak aplikasi yang disebut program “PROXY-LIB”.

5 PROXY-LIBRARY Pengguna Gambar 1 Tahap Awal: Implementasi di Kampus UNHAS INTERNET INTRANET UNHAS Existing UNHAS’: web-server mail-server PROXY SERVER Self-Developing Proxy Library Server

6 Karakteristik/Spesifikasi Merupakan suatu “REPOSITORY” (tempat penyimpanan bersama), bisa diakses oleh siapa saja yang memerlukan isinya Pengembangan isi dilakukan bersama oleh “anggota” atau “peserta” File-server diletakkan di “neighborhood”, di “proximity”, di dekat pengguna, bisa di-akses dari Intranet mau pun Internet Dokumen, berkas, files yang disimpan dari jenis apa saja, tentu saja yang “legal”, bisa hasil kreasi sendiri, atau hasil men-down-load dari Internet.

7 Menjadi ANGGOTA??? Diharapkan yang menjadi anggota perpustakaan ini adalah civitas academica dan alumni perguruan tinggi di lingkungan INHERENT yang memiliki identitas yang jelas dan bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan perpustakaan digital ini. Kepada setiap anggota diberikan user login name, membership account dan space awal sebesar 0.5 Gb pada file-server perpustakaan. Ke dalam space sebesar 0.5 Gb tersebut setiap anggota bebas meng-upload (jika berasal dari koleksi pribadinya sendiri) dan men-down-load (jika berasal dari Internet) electronic-files dalam berbagai format (e-book, avi, mov, mpeg, pdf, doc, html, ppt, txt, zip, exe, dll.) yang dianggap relevan dengan tujuan perpustakaan dan dinilai bermanfaat untuk di-share dengan anggota lainnya. Koleksi anggota yang tersimpan dalam space 0.5 Gb tersebut menjadi milik perpustakaan dan dapat dimanfaatkan secara bersama oleh anggota lainnya (bersifat open source dan open content).

8 TINGGAL PRAKTEKNYA NEXT !


Download ppt "PROXY LIBRARY Rhiza S. Sadjad"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google