Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANUSIA DAN HARAPAN. Pengertian Setiap manusia mempunyai harapan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANUSIA DAN HARAPAN. Pengertian Setiap manusia mempunyai harapan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam."— Transcript presentasi:

1 MANUSIA DAN HARAPAN

2 Pengertian Setiap manusia mempunyai harapan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Manusia tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang mau meninggal masih mempunyai harapan berupa pesan-pesan kepada ahli waris. Orang yang mau meninggal masih mempunyai harapan berupa pesan-pesan kepada ahli waris. Harapan itu biasanya berdasarkan : pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan. Harapan itu biasanya berdasarkan : pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan. Harapan harus berdasar kepercayaan terhadap diri sendiri dan Tuhan Yang Maha Esa. Harapan harus berdasar kepercayaan terhadap diri sendiri dan Tuhan Yang Maha Esa.

3 Harapan agar tercapai harus berusaha dan tidak boleh lepas/ bosan berdo’a. Harapan agar tercapai harus berusaha dan tidak boleh lepas/ bosan berdo’a. Harapan dan kepercayaan tidak dapat dipisahkan karena bagian dari hidup manusia. Harapan dan kepercayaan tidak dapat dipisahkan karena bagian dari hidup manusia. Harapan itu juga dapat/ banyak menimbulkan daya kreativitas seniman untuk menciptakan seni seperti : Harapan itu juga dapat/ banyak menimbulkan daya kreativitas seniman untuk menciptakan seni seperti : Seni sastra Seni sastra Seni patung Seni patung Seni film Seni film Seni lukis Seni lukis Seni musik Seni musik Seni filsafat Seni filsafat

4 Tuhan adalah tumpuan segala harapan. Tuhan adalah tumpuan segala harapan. Harapan berasal dari kata harap artinya keinginan supaya sesuatu terjadi. Harapan berasal dari kata harap artinya keinginan supaya sesuatu terjadi. Harapan itu datang dari hati yang sifatnya terpatri dan sukar dilukiskan dan merupakan karunia Tuhan. Harapan itu datang dari hati yang sifatnya terpatri dan sukar dilukiskan dan merupakan karunia Tuhan. Putus harapan berarti putus asa. Putus harapan berarti putus asa. Putus/ keinginan dapat diwujudkan seseorang dengan cara yang benar juga kadang dengan melanggar norma-norma hukum. Putus/ keinginan dapat diwujudkan seseorang dengan cara yang benar juga kadang dengan melanggar norma-norma hukum.

5 APA SEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN Dorongan Kodrat Dorongan Kodrat Kodrat adalah sifat, keadaan, pembawaan alamiah Kodrat adalah sifat, keadaan, pembawaan alamiah Contoh : Menangis, bergembira, berpikir, bercinta, mempunyai keturunan, dan lain-lain. Contoh : Menangis, bergembira, berpikir, bercinta, mempunyai keturunan, dan lain-lain. Kodrat juga terdapat pada tanaman dan binatang. Kodrat juga terdapat pada tanaman dan binatang. Contoh : hidup, makan, berkembangbiak, mati. Contoh : hidup, makan, berkembangbiak, mati. Dorongan kebutuhan hidup. Dorongan kebutuhan hidup. Kebutuhan jasmani : pangan, sandang, papan. Kebutuhan jasmani : pangan, sandang, papan. Kebutuhan rohani : sukses, kegembiraan, kepuasan, bahagia. Kebutuhan rohani : sukses, kegembiraan, kepuasan, bahagia.

6 Abraham Maslow mengatakan ada 5 macam kebutuhan manusia : Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup (survival) Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup (survival) Harapan untuk memperoleh keamanan (safety). Harapan untuk memperoleh keamanan (safety). Harapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai (being loving and love). Harapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai (being loving and love). Harapan memperoleh status/ diterima di lingkungan. Harapan memperoleh status/ diterima di lingkungan. Harapan untuk memperoleh perwujudan dan cita-cita. Harapan untuk memperoleh perwujudan dan cita-cita.

7 Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Dalam Mencapai Harapan Ekonomi Ekonomi Lingkungan Sosial Lingkungan Sosial Pendidikan Pendidikan Kurang beriman Kurang beriman Kurang rasa percaya diri Kurang rasa percaya diri Kurang pendidikan mentalo Kurang pendidikan mentalo Bakat lahir Bakat lahir

8 MANFAAT HARAPAN DAN SENI Seni tari  Tari serimpi, tari bondan, dan lain-lain. Seni tari  Tari serimpi, tari bondan, dan lain-lain. Seni sastra  Puisi, biografi, dan lain-lain. Seni sastra  Puisi, biografi, dan lain-lain. Seni musik  Pop, dangdut, rock, dan lain-lain. Seni musik  Pop, dangdut, rock, dan lain-lain. Seni suara  Solo, paduan suara, trio, dan lain-lain. Seni suara  Solo, paduan suara, trio, dan lain-lain. Seni ketrampilan  Kaset, sapu, dan lain-lain. Seni ketrampilan  Kaset, sapu, dan lain-lain. Seni menjahit  Wanita,anak-anak,busana laki-laki Seni menjahit  Wanita,anak-anak,busana laki-laki Seni melukis  Pemandangan, binatang, dan lain-lain. Seni melukis  Pemandangan, binatang, dan lain-lain. Seni pahat  Patung arca, dan lain-lain. Seni pahat  Patung arca, dan lain-lain. Seni taman/ Dekorasi. Seni taman/ Dekorasi. DLL. DLL.

9 SEKIAN


Download ppt "MANUSIA DAN HARAPAN. Pengertian Setiap manusia mempunyai harapan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google