Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAN ALLAH DALAM KELUARGA. ALLAH: OKNUM PEMBENTUK KELUARGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAN ALLAH DALAM KELUARGA. ALLAH: OKNUM PEMBENTUK KELUARGA."— Transcript presentasi:

1 PERAN ALLAH DALAM KELUARGA

2 ALLAH: OKNUM PEMBENTUK KELUARGA

3 Kejadian 2:21-25 Tuhan menciptakan wanita memikat dan laki-laki itu mempesona, sehingga keduanya akan mengalami persekutuan yang indah, yang disebut keluarga.

4 3 landasan membangun keluarga Kristen menurut firman Allah terdapat pada ayat ke-24. Meninggalkan ayah dan ibu Bersatu dengan suami atau istri Keduanya menjadi satu daging

5 DISCUSS IN GROUP, PLEASE…

6 PRESENTASI

7 Mengapa keluarga sangat membutuhkan Tuhan dalam kehidupan mereka? Karena dengan menjadikan Tuhan kepala keluarga, kesetiaan dan kekuatan itu pasti akan selalu ada bersama dengan keluarga tersebut. Kesukaran pastiditemui, namun kepedulian kasih Kristus jauh melebihi pemahaman manusia, asalkan benar- benar keluarga itu mengandalkan-Nya (Bdk. Yoh 2:1-11 dan 1 Kor 11:3)

8 Anak memiliki dua dimensi jenjang kehidupan yang sedang dan akan dijalani. Satu sisi, kamu adalah remaja yang berkembang dalam posisi sebagai salah satu anggota keluarga. Sisi lain, kamu kelak akan membentuk keluarga baru pada masa yang akan datang. Jadi, kamu perlu disiapkan sejak dini melalui berbagai pengalaman yang diturunkan dalam keluarga kamu

9 “Tak ada gading yang tak retak” Begitupun keluarga. Tidak ada keluarga yang benar-benar sempurna dan tidak pernah mendapatkan masalah. Kenyataan hidup terkadang berbanding terbalik dengan keinginan hati. Banyak hal terjadi karena sebuah keluarga yang tidak berjalan dengan baik. So, what can we do then?

10 Dengan mengingat kembali kasih Allah dan nilainya dalam kehidupan kita, yaitu dengan tetap menyadari bahwa: Keluarga sebagai pusat pembentukan kehidupan rohani. Dari keluarga kita mempelajari pola-pola hubungan akrab dengan orang lain, nilai-nilai, ide dan perilaku yang juga didukung oleh sekolah, gereja dan kelompok masyarakat lain yang berperan membentuk jati diri dan kehidupan rohani. Keluarga sebagai pusat pembentukan kehidupan rohani. Dari keluarga kita mempelajari pola-pola hubungan akrab dengan orang lain, nilai-nilai, ide dan perilaku yang juga didukung oleh sekolah, gereja dan kelompok masyarakat lain yang berperan membentuk jati diri dan kehidupan rohani.

11 Keluarga sebagai tempat bernaung kudus. Maksudnya adalah keluarga merupakan tempat penerimaan, pembinaan, pertumbuhan yang memberdayakan anggota-anggota keluarga untuk berperan serta dalam tindakan kasih dan penyelamatan Allah yang terus berlanjut. Keluarga sebagai tempat bernaung kudus. Maksudnya adalah keluarga merupakan tempat penerimaan, pembinaan, pertumbuhan yang memberdayakan anggota-anggota keluarga untuk berperan serta dalam tindakan kasih dan penyelamatan Allah yang terus berlanjut.

12 Keluarga yang mencerminkan kasih Allah secara holistik baik fisik, mental/emosional, sosial, spiritual/rohani kepada para anggotanya. Keluarga yang mencerminkan kasih Allah secara holistik baik fisik, mental/emosional, sosial, spiritual/rohani kepada para anggotanya. Keluarga sebagai pencerita yang menceritakan karya-karya Allah di dalam keluarga sebagai kabar kesukaan. Keluarga sebagai pencerita yang menceritakan karya-karya Allah di dalam keluarga sebagai kabar kesukaan.

13 Tuhanpun memiliki peran yang khas dalam sebuah keluarga Berkat. Tidak selalu berarti materi, uang atau kekayaan. Berkat Tuhan juga meliputi kesehatan, sukacita, damai sejahtera, kemenangan, umur panjang, kebahagiaan, dan sebagainya. Karena penyertaan Tuhan itu selalu bagi yang berkenan kepada-Nya. Contoh: Kejadian 24:1 = Penyertaan Tuhan kepada Abraham.

14 Pengampunan Tuhan Pengampunan adalah sesuatu yang sangat indah, karena selalu membawa kedamaian, keharmonisan, menumbuhkan persekutuan dan hubungan yang baik dengan sesama, sehingga pengampunan ini menjadi salah satu kekhasan keluarga Kristen yang menjadikan Tuhan sebagai pedoman kehidupan keluarga. Tak seorangpun yang hidupnya sempurna di dunia ini. Kita berbuat dosa di dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan. Tahukah kamu, karena dosa-dosa kita itu Tuhan Yesus dihukum sampai mati di atas kayu salib? KematianNya merupakan tanda kasih yang sangat besar kepada umat manusia sebagai Tuhan Yang Maha Pengampun. Pengampunan adalah sesuatu yang sangat indah, karena selalu membawa kedamaian, keharmonisan, menumbuhkan persekutuan dan hubungan yang baik dengan sesama, sehingga pengampunan ini menjadi salah satu kekhasan keluarga Kristen yang menjadikan Tuhan sebagai pedoman kehidupan keluarga.

15 Pembaharuan oleh Tuhan Pembaharuan oleh Tuhan Pembaharuan oleh Tuhan sering disebut juga dalam kekristenan sebagai ‘hidup baru’. Artinya, manusia memulai kehidupan yang lebih baik dan berarti di dalam Kristus. Kristus masuk dan berdiam dalam kehidupan manusia yang baru, yang tidak sama dengan kehidupannya yang lama. Pembaharuan oleh Tuhan dalam keluarga kita akan dirasakan dalam arah dan tujuan kehidupan keluarga yang sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Tuhan.


Download ppt "PERAN ALLAH DALAM KELUARGA. ALLAH: OKNUM PEMBENTUK KELUARGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google