Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM EKONOMI ISLAM BINTI NUR ASIYAH, M.SI. 1. REALITAS EKONOMI DUNIA Di bawah sistem sosialisme/ komunisme Di bawah sistem kapitalisme Perubahan sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM EKONOMI ISLAM BINTI NUR ASIYAH, M.SI. 1. REALITAS EKONOMI DUNIA Di bawah sistem sosialisme/ komunisme Di bawah sistem kapitalisme Perubahan sistem."— Transcript presentasi:

1 SISTEM EKONOMI ISLAM BINTI NUR ASIYAH, M.SI. 1

2 REALITAS EKONOMI DUNIA Di bawah sistem sosialisme/ komunisme Di bawah sistem kapitalisme Perubahan sistem kapitalisme menjadi ‘modified/ adjusted capitalism’  Kemajuan lebih mengarah aspek fisik saja  Ada kemajuan, tetapi penuh ketimpangan  Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin  Terjadi eksploitasi yang kuat atas yang lemah 2

3 EKONOMI KONVENSIONAL GAGAL MENGANTARKAN : Keadilan Kemakmuran Kesejahteraan Memerangi kemiskinan Dll. 3

4 KAPITALISME MENGAKIBATKAN Penjajahan Penindasan Perampasan hak milik orang lain 4

5 KAPITALISME DIPAKAI BARAT UNTUK : Mengeruk SDA di dunia ketiga Memasarkan produknya ke dunia ketiga Memperkuat dominasinya di dunia ketiga 5

6 HASILNYA ! Kemiskinan dunia ketiga makin parah Keterbelakangan merajalela Ketidakadilan menggejala Kesenjangan pendapatan menganga lebar Pembangunan tidak berkesinambungan 6

7 APA YANG SALAH DENGAN EKONOMI KAPITALIS ? 7

8 Ekonomi Kapitalis: Mencapai keuntungan semaksimal mungkin dengan sumber daya yang terbatas Filosofi Adam Smith “Mekanisme pasar dimetamorfosiskan dengan tangan gaib (invisible hand) yang akan mengatur bagaimana keseimbangan antara penawaran dan permintaan. 8 KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN SISTEM KAPITALIS KEUNTUNGANKELEMAHAN Kebebasan mendorong kreatifitas Eksploitasi sumberdaya untuk memperoleh keuntungan, tanpa mengedepankan moral Rasionalitas, persaingan meningkatkan produksi Efisiensi produksi dalam upaya maksimalisasi profit mengabaikan kesahteraan tenaga kerja Motif profit memotivasi orang berusaha lebih giat Keuntungan dinikmati secara tidak merata Materialistis

9 MENURUT CHAPRA (1992) ADA LIMA CIRI DARI KAPITALISME : Produksi maksimum, perluasan kekayaan yang dipercepat dan kepuasan keinginan untuk kepentingan individu lebih diutamakan Kepemilikan dan manajemen harta pribadi dipandang penting untuk mengamankan kebebasan tanpa batas, mengejar kepentingan diri berkenaan dengan uang Asumsi bahwa inisiatif individu, yang dikombonasikan dengan pasar bebas kompetitif yang terdesentralisasi adalah syarat cukup untuk efisiensi alokasi optimum Peran yang sangat minimal (bila ada) pemerintah atau kebijakan- kebijakan nilai kolektif di dalam efisiensi alokatif atau ekuitas distributif. Klaim bahwa kepentingan sosial kolektif dilayani dengan membiarkan kepentingan diri dari individu untuk dibiarkan bebas 9

10 KOMUNISME Muncul antara 1840 – 1872 untuk menumbangkan Kapitalis Doktrin pokok Komunisme: 1) Keadaan alam yang mendominasi pemikiran zaman kuno dan modern, dari zaman renaisance s/d pertengahan abad 19. 2) Manichaeisme yang menganggap sejarah manusia sebagai perlombaan antara dua kekuasaan yang berdaulat, baik – jahat, roh – zat, terang – gelap. 3) marxisme dengan teori ekonominya mengenai timbul dan berkembangnya tenaga produksi masyarakat kapitalis, kecenderungan kolektif yang terkandung didalamnya dan kepentingan antagonistik, dengan perjuangan kelas sebagai tenaga kekuatan manusia dalam peradaban. 10

11 Marx yakin bahwa peristiwa ekonomi mengendalikan kehidupan sosial politik. Sistem ekonomi sebagai substruktur dan agama, hukum, etika merupakan super struktur. Penafsiran ekonomi marx terangkum dalam 5 prinsip: hukum konsentrasi, nilai surplus, perjuangan dua kelas, teori produksi berlebihan masa depresi, dan revolusi sosial. Dalam komunis, konsumsi dan produksi dikendalikan secara kolektif, dan uang, harga, upah, pertukaran bebas akan dihapuskan. 11

12 SISTEM EKONOMI SOSIALIS Tujuan untuk kemakmuran bersama dengan filosofi “bersama- sama mendapatkan kesejahteraan”. Munculnya sosialisme sebagai kritik atas sikap kapitalis yang disebut sebagai kaum borjuis yang mendapat legitimasi gereja dalam mengeksploitasi buruh. Kal Marx mengkritik sistem kapitalis tidak sesuai dengan kemasyarakatan. Menurut Marx, alat produksi harus dikuasai oleh negara guna melindungi rakyat. Kecenderungan sistem ekonomi sosialis: 1.Pemilikan harta oleh negara 2.Kesamaan ekonomi 3.Disiplin politik (menempatkan pemerintah di bawah peraturan kaum buruh) 12

13 Keuntungan dan kelemahan sistem ekonomi sosialis 13 KeuntunganKelemahan Warga disediakan kebutuhan pokok Sulit melakukan transaksi (jual beli dll), harga ditentukan negara Semua permasalahan didasarkan perencanaan negara Membatasi kebebasan Produksi dikelola negara Mengabaikan moral

14 SISTEM EKONOMI FASISME Faham fasisme adalah faham nasionalis yang militan. Individu memiliki hak pribadi sepanjang tidak bertentangan dengan kebutuhan negara, dan hak untuk memperkuat negara. Kekuatan militer menjadi ujung tombak perluasan negara, oleh karenanya ekspansi terus-menerus untuk mengabdi ke politik kekuasaan dibenarkan. Faham ini muncul di Eropa. Efisiensi yang dilakukan dengan mengorbankan hak- hak individu 14

15 Filsafat ekonomi fasisme dituntun oleh filsafat dasar negara. Program ekonomi terpimpin, pengusaha bertanggungjawab kepada negara. Negara menekan produksi o/ setiap pengusaha, pekerja. Penekanan ekonomi fasisme bukan pada kapitalis maupun kolektiv (sosialis) melainkan untuk tujuan bertambahnya kekuatan militer. Fasisme mendorong pertumbuhan penduduk dengan cepat untuk membangun tentara yang besar Fasisme berakhir di Jerman dan Itali. 15

16 SUB SISTEM DALAM SISTEM ISLAM Islam sebagai sistem kehidupan SISTEM EKONOMI SISTEM POLITIKSISTEM HUKUM SISTEM SOSIAL BUDAYA AKTIFITAS EKONOMI AKTIFITAS POLITIK AKTIVITAS HUKUM AKTIVITAS SOSIAL BUDAYA AKTIVITAS KEHIDUPAN Sistem Islam bersifat integral dan komprehensif 16

17 SISTEM EKONOMI ISLAM NILAI EKONOMI ISLAM PRINSIP EKONOMI ISLAM INSTRUMEN EKONOMI ISLAM SISTEM EKONOMI ISLAM ISLAM AKHLAKAKIDAH SYARIAH MUAMALAH 17

18 KARAKTERISTIK SISTEM EKONOMI ISLAM

19 ADAKAH SISTEM EKONOMI ISLAM ? EKONOMI SEBAGAI DISIPLIN ILMU MACRO MICRO DEVELOPMENT ETC. EKONOMI SEBAGAI SISTEM FISKAL - BAITUL MAAL - ZAKAT - KAFARAT - DIYAT - JIZYAH - DHARIBAH MONETER - KONTROL DINAR/ DIRHAM - PENGHAPUSAN SUKU BUNGA - SISTEM EMAS 19

20 DEFINISI EKONOMI ISLAM Ekonomi Islam adalah ilmu sosial yang mempelajari masalah ekonom masyarakat yang diilhami oleh nilai-nilai islam (Mannan) Ekonomi Islam adalah suatu upaya yang sistematik untuk memahami masalah ekonomi dan perilaku masyarakat, dalam perspektif Islam. (Khurshid Ahmad) 20

21 Pembayaran terhadap pinjaman dengan nilai yang berbeda dari nilai pinjaman dengan nilai ditentukan sebelumnya tidak diperbolehkan=riba Pemberi dana harus turut berbagi keuntungan dan kerugian sebagai akibat hasil usaha institusi yang meminjam dana = profit loss sharing Islam tidak memperbolehkan "menghasilkan uang dari uang". Uang hanya merupakan media pertukaran dan bukan komoditas karena tidak memiliki nilai intrinsik Unsur Gharar (ketidakpastian, spekulasi) tidak diperkenankan. Kedua belah pihak harus mengetahui dengan baik hasil yang akan mereka peroleh dari sebuah transaksi Investasi hanya boleh diberikan pada usaha-usaha yang tidak diharamkan dalam Islam. Usaha minuman keras misalnya tidak boleh didanai oleh perbankan syariah

22 SISTEM EKONOMI ISLAMI Sebuah tata perekonomian yang dijalankan sesuai dengan ketentuan yan diatur oleh Islam Sistem ekonomi islam bukan barang atau sesuatu yang baru Logikanya, sistem ini sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW mengajarkan dan menyebarkan agama suci ini Bukti empiris membuktikan terjadinya masa keemasan islam, yang tidak mungkin tidak, di dalamnya termasuk kejayaan sistem ekonomi 22

23 SISTEM EKONOMI ISLAMI Beberapa tokoh ekonomi Islam yang tercatat dalam sejarah misalnya : Abu Yusuf ( ); peranan negara, pekerjaan umum dan perkembangan pertanian Yahya bin Adam (meninggal 818) El-Hariri ( ) Tusi ( ); ketekunan dlm hal profesi individu dalam menghasilkan konsumsi dan adanya pertukaran hasil produksi sehingga memunculkan sistem ekonomi. Ibn Taimiyyah ( ); harga ekuivalen thp ketidaksempurnaan pasar dan pengendalian harga yg ditekankan pada peranan negara dalam menjamin dipenuhinya kebutuhan pokok rakyat. Ibnu Khaldun ( ); mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai ilmu pengetahuan yang positif maupun normatif untuk meningkatkan kesejahteraan massa. Shah Waliullah ( ), dan banyak lagi.. 23

24 SISTEM EKONOMI ISLAM System ekonomi Islam dapat didefinisikan sebagai kumpulan institusi yang didesain oleh shahibut tasyri’ – yakni Allah SWT- melalui berbagai peraturan yang dipaparkan dalam Al-Qur’an, dioperasionalkan oleh sunah Rasulullah SAW. dan diperluas untuk situasi baru oleh ijtihad, untuk menangani alokasi sumber daya yang terbatas, produksi, pertukaran barang dan jasa, dan distribusi pemasukan dan kekayaan Sebuah sistem perekonomian sunnatulloh yang mendorong adanya aliran investasi (by zakat) secara optimal (by anti riba) yang bersifat produktif (by anti judi) 24

25 Nilai Dasar Sistem Ekonomi PemilikanKeseimbanganKeadilan 1.Pemilikan hanya atas manfaatnya 2.Pemilikan terbatas sepanjang umur 3.Tak ada pemilikan individu atas barang umum 1.Sederhana 2.Hemat 3.Menjauhi pemborosan (thdp pemilikan & pengelolaan sumber daya) 4.Menikmati hasil pembangunan 5.Perbaikan kesejahteraan setiap individu 1.Berarti kebebasan bersyarat akhlak Islam 2.Harus diterapkan di semua fase kegiatan ekonomi 3.Alokasikan sejumlah hasil kepada yang tak mampu masuk pasar atau tak sanggup membeli menurut kekuatan pasar. 4.Kebenaran, Kejujuran, Keberanian, Kelurusan 25

26 Nilai Instrumental Sistem Ekonomi Islam 1.Zakat 2.Pelarangan Riba 3.Kerjasama Ekonomi 4.Jaminan Sosial 5.Peranan Pemerintah Kebebasan Individu didasarkan nilai tauhid 7. Hak terhadap harta 8. Ketidaksamaan ekonomi dalam batas wajar 9. Distribusi kekayaan 10. Larangan menumpuk kekayaan

27 KERANGKA KERJA KELEMBAGAAN SISTEM EI: 1.SISTEM KEPEMILIKAN a.Manusia sbg khalifah/wakil Allah yang aktif. b.Diakui hak kepemilikan individu dengan cara2 yang dibenarkan syariah c.Hak kepemilikan hanyalah dalam pemanfaatan (tidak mutlak) d.Ada hak milik umum dan hak milik negara yang tidak dimiliki individu 2. PENGAMBILAN KEPUTUSAN Didasarkan atas kerjasama yang bebas antara individu & negara berdasarkan peraturan yang ditetapkan bersama

28 3. PERAN NEGARA a.Pemerataan distribusi melalui sistem zakat, kewarisan, pajak, sistem pendidikan b.Menyediakan kebutuhan dasar minimum rakyat & menghapuskan kemiskinan c.Memproduksi kebutuhan masyarakat/umum d.Pengawas pasar 4. PERAN INSTITUSI ZAKAT 5. PELARANGAN RIBA DAN MENGGANTINYA DENGAN SISTEM BAGI HASIL (SYIRKAH/MUDHARABAH)

29 DASAR SISTEM EKONOMI ISLAM أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. (QS Al Baqarah 208) 29

30 DASAR SISTEM EKONOMI ISLAM Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. (QS Al Maidah : 3) الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا 30

31 TUJUAN SISTEM EKONOMI ISLAM 1.Kesejahteraan Ekonomi dalam rangka norma moral Islam. (Al-Qur’an 2:60; 5:87-88 ; 62:10) 2.Persaudaraan dan keadilan universal. (Al-Qur’an 49:13 ; 7:158) 3.Distribusi pendapatan dan kekayaan yang merata (adil). (Al Qur’an 6:125 ; 16:71 ; 43:32) 4.Kebebasan individu dalam konteks kemaslahatan sosial. (Al Qur’an 13 : 36 dan 31:22) 31

32 TUJUAN SISTEM EKONOMI ISLAM 1.Kesejahteraan Ekonomi dalam kerangka norma moral islam Al Qur’an 2:60; 2:168; 5:87-88 ; 62:10 32

33 QS AL BAQARAH : 60...Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.... كُلُوا وَاشْرَبُوا مِنْ رِزْقِ اللَّهِ وَلا تَعْثَوْا فِي الأرْضِ مُفْسِدِينَ 33

34 QS. AL BAQARAH :168 Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu. يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الأرْضِ حَلالا طَيِّبًا وَلا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ 34

35 QS. AL MAIDAH : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa- apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلا تَعْتَدُوا إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلالا طَيِّبًا وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ 35

36 QS. AL JUMU’AH : 10 Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 36

37 TUJUAN SISTEM EKONOMI ISLAM 2. Persaudaraan dan Keadilan Universal Al-Qur’an 49:13, dan 7:158 Keadilan meliputi dua aspek : sosial dan ekonomi 37

38 QS AL HUJARAT (49) : 13 Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ 38

39 QS AL A’RAAF (7) : 158 Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul Nya, Nabi yang umi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk". قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ 39

40 TUJUAN SISTEM EKONOMI ISLAM 3. Distribusi Pendapatan dan Kekayaan yang merata (adil) -Islam mentolerir kesenjangan kekayaan dan penghasilan karena manusia tidak sama dalam hal karakter, kemampuan, kesungguhan, dan bakat. Perbedaan dalam hal-hal di atas akan menyebabkan perbedaan dalam pendapatan dan kekayaan. - Lihat Al-Qur’an 6:165 ; 16:71 ; dan 43:32 40

41 QS. AL AN’AAM (6) : 165 Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلائِفَ الأرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ 41

42 QS. AN NAHL (16) :71 Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebahagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang-orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezeki mereka kepada budak-budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezeki itu. Maka mengapa mereka mengingkari nikmat Allah? وَاللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ فِي الرِّزْقِ فَمَا الَّذِينَ فُضِّلُوا بِرَادِّي رِزْقِهِمْ عَلَى مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَهُمْ فِيهِ سَوَاءٌ أَفَبِنِعْمَةِ اللَّهِ يَجْحَدُونَ 42

43 QS. AZ ZUKHRUF (43) : 32 ….Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebahagian yang lain beberapa derajat, agar sebahagian mereka dapat mempergunakan sebahagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan. نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَتَّخِذَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا سُخْرِيًّا وَرَحْمَةُ رَبِّكَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ 43

44 TUJUAN SISTEM EKONOMI ISLAM 4. Kebebasan Individu dalam konteks kemaslahatan sosial. -Kebebasan individu ini didasarkan pada pengertian bahwa manusia diciptakan oleh Allah dan hanya diperintahkan untuk tunduk kepadaNya. Al Qur’an 13:36 ; 31:32 44

45 QS. AR RA’D (13) : 36 …Katakanlah: "Sesungguhnya aku hanya diperintah untuk menyembah Allah dan tidak mempersekutukan sesuatu pun dengan Dia. Hanya kepada-Nya aku seru (manusia) dan hanya kepada-Nya aku kembali". قُلْ إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ وَلا أُشْرِكَ بِهِ إِلَيْهِ أَدْعُو وَإِلَيْهِ مَآبِ 45

46 QS LUQMAN (31) : 22 Dan barang siapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah- lah kesudahan segala urusan. وَمَنْ يُسْلِمْ وَجْهَهُ إِلَى اللَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى وَإِلَى اللَّهِ عَاقِبَةُ الأمُورِ 46

47 KAIDAH-KAIDAH USHUL FIQH YANG DIPAKAI UNTUK MENGHARMONISKAN KONFLIK ANTARA KEPENTINGAN INDIVIDU DAN MASYARAKAT 1.Kemaslahatan masyarakat yang lebih besar harus didahulukan daripada kemaslahatan individu yang lebih sempit 2.Meskipun “menghilangkan bahaya(kesukaran)” dan “mendorong kemaslahatan” kedua-duanya merupakan tujuan pokok syariah, namun yang pertama harus lebih didahulukan. 3.Kerugian yang lebih besar tidak dapat ditimpakan untuk menghindari kerugian yang lbih smepit atau kemaslahatan yang lebih besar tidak dapat dikorbankan untuk mendapatkan kemaslahatan yang lebih kecil. 47

48 BEBERAPA KARAKTERISTIK SISTEM EKONOMI ISLAM 1.Mengakui hak milik individu terhadap kapital (property right) 2.Tiadanya transaksi berbasis bunga (riba) 3.Berfungsinya institusi zakat 4.Mengakui mekanisme pasar 5.Mengakui motif mencari keuntungan 6.Mengakui kebebasan berusaha 48

49 PERAN NEGARA (PEMERINTAH) DALAM EKONOMI ISLAM 1.Menjunjung tinggi undang-undang dan melindungi kehidupan dan harta benda 2.Memberlakukan etika bisnis islam 3.Memastikan bahwa mekanisme pasar bekerja efisien dan kemaslahatan dinikmati semua pihak 4.Menyediakan infrastruktur sosial dan fisik bagi pertumbuhan ekonomi 5.Memberlakukan jaminan sosial 49

50 PERBEDAAN ANTARA SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KAPITALIS noISLAMKAPITALIS 1 Sumbernya dari Al-Qur’an, As Sunnah dan Ijtihad Sumbernya dari pikiran dan pengalaman manusia 2Berpandangan dunia holistikBerpandangan dunia sekuler 3 Kepemilikan individu terhadap kapital adalah nisbi Kepemilikan individu terhadap kapital adalah mutlak 4 Mekanisme pasar bekerja menuurut maslahat Mekanisme pasar dibiarkan bekerja sendiri 5Kompetisi pasar dikontrol oleh diktum syariah Kompetisi pasar bersifat bebas dan melahirkan monopoli-survival of the fittest 50

51 PERBEDAAN ANTARA SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KAPITALIS 6 Kesejahteraan fungsi dari jasmani, ruhani, dan akal Kesejahteraan ditentukan oleh faktor-faktor materi jasadiah 7 Profit motive diakui lewat cara-cara yang halal Profit motive diakiu tanpa ada batasan normatif 8 Mengakui free enterprise dalam koridor yang halal Mengakui free enterprise tanpa batasan apapun 9 Pemerintah aktif sebagai pengawas, pengontrol, dan wasit yang adil Pemerintah sebagai penonton pasif yang netral 10Mekanisme redistribusi pendapatan sangat menonjol Tidak dikenal, hanya bila ada tekanan dari berbagai kelompok noISLAMKAPITALIS 51

52 PERBEDAAN ANTARA SISTEM EKONOMI ISLAM DAN SOSIALIS noISLAMSOSIALIS 1 Sumbernya dari Al-Qur’an, As Sunnah dan Ijtihad Hasil pikiran, filsafat, dan pengalaman manusia 2 Berpandangan dunia holistik (holistic world view) Berpandanagan dunia sekuler ekstrem (atheisme) 3 Mengakui kepemilikan individu terhadap kapital dan properti Membatasi bahkan menghapuskan kepemilikan individu atas modal dan properti 4 Perekonomian dijalankan lewat mekanisme pasar dan dikawal oleh maslahat Perekonomian dijalankan lewat perencanaan pusat (sosialis marxis) 5Berlaku mekanisme hargaTidak berlaku meknaisme harga (sosialis marxis) 52

53 PERBEDAAN ANTARA SISTEM EKONOMI ISLAM DAN SOSIALIS 6 Negara aktif sebagai wasit dan pengawas yang adil Negara sebagai pemilik, pengawas dan penguasa utama perekonomian 7 Mengakui profit motive dalam batas normatif syariah Tidak mengakui profit motive sama sekali 8Mengakui free enterprise Negara mengambil alih semua kegiatan ekonomi 9 Mengakui perbedaan distribusi pendapatan dan kekayaan Menyamakan pendapatan dan penghasilan individu 10Mengakui laba, return on capital dan bagi hasil Tidak Mengakui laba, return on capital dan bagi hasil karena tidak mengakui property right 53

54 APA YANG AKAN DIPERSEMBAHKAN EKONOMI ISLAM KEPADA MANUSIA ? Ekonomi Islam mempersembahkan kepada anda : 1.Kemakmuran dan kesejahteraan sejati (falah dan hasanah) 2.Keadilan (al-adalah) 3.Persaudaraan (al-ukhuwah) 4.Distribusi pendapatan dan kekayaan yang merata 5.Menjaga agar individual interest harmonis dengan sosial interest 54

55 PILAR EKONOMI SYARIAH ADALAH Yang tercermin dari aktivitas ekonomi yang menghindari riba, maysir, ghrarar, dhalim, dan haram, adanya keseimbangan aktivitas di sektor riil-finansial, pengelolaan risk-return, aktivitas bisnis sosial, aspek spiritual-material dan azas manfaat-kelestarian lingkungan, serta melindungi keselamatan kehidupanberagama, proses regenerasi, perlindungan jiwa, harta, dan akal. 55

56 MENCIPTAKAN INTEGRITAS DAN KONSISTENSI YANG DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN KEAMANAN TRANSAKSI KEUANGAN YANG AKAN BERPENGARUH PADA TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT YANG TINGGI 56

57 FONDASI EKONOMI ISLAM Yang meletakkan tata hubungan bisnis dalam konteks persaudaraan universal untuk mencapai kesuksesan bersama. Yang membimbing aktivitas ekonomi sehingga sesuai dengan kaidah-kaidah syariah. Yang membimbing aktivitas ekonomi senantiasa mengedepankan moralitas sebagai cara mencapai tujuan. Membentuk integritas yang membentuk good governance dan market dicipline yang baik. 57

58 PETA KAJIAN EKONOMI ISLAM KAJIAN EKONOMI ISLAM AMERIKA SERIKAT -Harvard University INGGRIS - Loughbrough & Durham University) Bank of England ASIA BARAT -Turkey -Iran ASIA TENGGARA -Malaysia -Indonesia -Brunei ASIA SELATAN -Pakistan -India TIMUR TENGAH -Saudi -Kuwait -Bahrain 58


Download ppt "SISTEM EKONOMI ISLAM BINTI NUR ASIYAH, M.SI. 1. REALITAS EKONOMI DUNIA Di bawah sistem sosialisme/ komunisme Di bawah sistem kapitalisme Perubahan sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google