Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Flowchart & Pseudocode. Latihan Logika 1 1. Terdapat dua jenis minuman dalam 2 gelas berukuran sama A dan B. Bagaimana algoritma jika diinginkan isi minuman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Flowchart & Pseudocode. Latihan Logika 1 1. Terdapat dua jenis minuman dalam 2 gelas berukuran sama A dan B. Bagaimana algoritma jika diinginkan isi minuman."— Transcript presentasi:

1 Flowchart & Pseudocode

2 Latihan Logika 1 1. Terdapat dua jenis minuman dalam 2 gelas berukuran sama A dan B. Bagaimana algoritma jika diinginkan isi minuman pada gelas A dan B saling dipertukarkan? (gelas A berisi Kopi dan gelas B berisi Teh) 2. Misalkan terdapat sebuah atau sejumlah bola berwarna merah, kuning, hijau pada kotak A. Akan diambil secara acak sebuah bola dari kotak A dan dimasukkan ke kotak B yang kosong. Bagaimana Algoritmanya?

3 Jawab Latihan Logika No {status awal: gelas A berisi Kopi, gelas B berisi Teh status akhir: gelas A berisi Teh, gelas B berisi Kopi} {Dibutuhkan sebuah gelas kosong yaitu gelas C} Algoritma Tuangkan Kopi ke gelas C Tuangkan Teh ke gelas A Tuangkan Kopi (pada gelas C) ke gelas B

4 Seorang Petani akan berpergian ke kota dengan membawa seekor kambing, Anjing dan Rumput Yang ketiganya memliki berat yang tidak jauh berbeda, ditengah jalan petani harus menyebrangi sungai dengan menggunakan perahu dan untuk melaluinya petani tersebut tidak diperbolehkan membawa sekaligus bawaannya mengingat kapasitas kekuatan perahu tersebut, dan untuk melaluinya petani harus membawa satu persatu bawaannya. Ditanya: berapa kali petani tersebut harus melalui jembatan dengan memperhatikan bahwa kambing makan rumput, anjing makan kambing ? Buat Algoritmanya Latihan Logika 2

5 Flowchart Secara formal, flowchart didefinisikan sebagai skema penggambaran dari algoritma atau proses. Beberapa contoh simbol flowchart :

6 Page ConnectorArrow Connector

7 Pedoman-pedoman dalam Membuat Flowchart: Bagan alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri dari suatu halaman. Kegiatan di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas. Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan dimana akan berakhirnya (diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END). Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan, misalnya: "Persiapkan" dokumen "Hitung" gaji Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir harus di dalam urutan yang semestinya. Kegiatan yang terpotong dan akan disambung di tempat lain harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung. Gunakanlah simbol-simbol bagan alir yang standar.

8 Contoh 1 Buat algoritma dan Flowchart untuk Menghitung Luas Segitiga! Jawab: Algoritma : Masukkan alas (a) Masukkan tinggi (t) Hitung luas (L), yaitu hasil 0.5 * alas * tinggi Cetak luas (L)

9 Contoh 1 cont’

10 Pengambilan Keputusan Pengambilan keputusan perlu dilakukan apabila harus menentukan satu pilihan dari (minimal) dua pilihan yang ada Kondisi adalah problem / keadaan yang memiliki kemungkinan pilihan Kondisi dapat berupa perbandingan ataupun pernyataan boolean (true atau false)

11 Notasi Relasional Dalam melakukan pengujian kondisi, terdapat beberapa notasi yang dapat digunakan, contohnya menggunakan notasi relasional

12 Aljabar Boolean Aljabar boolean adalah Kalkulus logika yang digunakan untuk menentukan nilai kebenaran dari suatu ekspresi logika Teknik aljabar ini dikembangkan oleh George Boole pada tahun 1930an Aljabar boolean digunakan jika saat proses pengambilan keputusan terdapat beberapa syarat sekaligus Contoh kasus : Pengendara wajib memiliki SIM dan STNK sebagai syarat mengendarai kendaraan di jalan. Syarat membuka tabungan adalah dengan menunjukkan foto kopi KTP atau SIM.

13 Operasi Dasar Aljabar Boolean AND : atau dalam bahasa Indonesia adalah hubungan “DAN”. Ekspresi konektor AND bernilai TRUE jika Kedua kondisi terpenuhi Ekspresi konektor AND bernilai FALSE jika Salah Satu atau Kedua kondisi tidak terpenuhi. OR : atau dalam bahasa Indonesia adalah hubungan “ATAU”. Ekspresi konektor OR bernilai TRUE jika Kedua atau Salah Satu kondisi terpenuhi Ekspresi konektor OR bernilai FALSE jika Kedua kondisi tidak terpenuhi. NOT : atau dalam bahasa Indonesia adalah”TIDAK”.

14 Tabel Kebenaran

15 Contoh 2

16 Contoh 2 cont’

17 Contoh 3 Buat Algoritma Penterjemahan Total Nilai Mahasiswa dari nilai UTS, UAS dan TUGAS dalam angka menjadi nilai indeks. Aturan : Indeks A : untuk Total nilai 85 s/d 100 Indeks B : untuk Total nilai 70 s/d 84 Indeks C : untuk Total nilai 50 s/d 69 Indeks D : untuk Total nilai 35 s/d 49 Indeks E : untuk Total nilai 0 s/d 34

18 Jawab: Algoritma : Inputan nilai UTS Inputan nilai UAS Inputan nilai TUGAS Hitung Total Nilai (N) dengan rumus N= nilai UTS + nilai UAS + nilai TUGAS Cek apakah 85 ≤ N ≤ 100 Jika Ya maka keluarkan indeks A, jika Tidak maka masuk ke proses pengecekan selanjutnya Cek apakah 70 ≤ N ≤ 84 Jika Ya maka keluarkan indeks B, jika Tidak maka masuk ke proses pengecekan selanjutnya Cek apakah 50 ≤ N ≤ 69 Jika Ya maka keluarkan indeks C, jika Tidak maka masuk ke proses pengecekan selanjutnya Cek apakah 35 ≤ N ≤ 49 Jika Ya maka keluarkan indeks D, jika Tidak maka masuk ke proses pengecekan selanjutnya Cek apakah 0 ≤ N ≤ 34 Jika Ya maka keluarkan indeks E, jika Tidak maka keluarkan peringatan bahwa inputan nilai tidak berada dalam range 100 s/d 0 (Nilai inputan salah)

19 START Inputan Nilai UTS 85 ≤ N ≤ 100 Inputan Nilai UAS Inputan Nilai TUGAS Hitung Total Nilai (N) N = Nilai UTS + Nilai UAS + Nilai TUGAS Cetak “A” 70 ≤ N ≤ 84 Cetak “B” 50 ≤ N ≤ 69 Cetak “C” 35 ≤ N ≤ 49 Cetak “D” 0 ≤ N ≤ 34 Cetak “E” Cetak Peringatan “Maaf Inputan Anda Salah” END Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak

20 Perulangan Contoh : Seorang staf IT diminta untuk menampilkan Nama Pegawai pada suatu perusahaan dengan cara membaca tabel yang berisi list nama pegawai yang sudah disediakan oleh perusahaan tersebut. Nama yang ditampilkan adalah nama pegawai dengan no urut 1 paling pertama atau no.1 Algoritma : Terima Inputan : No Urut = 1 Membaca data Nama pegawai pada tabel sesuai No Urut yang diinputkan Tampilkan Nama Pegawai

21 TUGAS Staf IT yang baru : diminta untuk menampilkan SEMUA Nama Pegawai pada suatu perusahaan dengan cara membaca tabel yang berisi list nama pegawai yang sudah disediakan oleh perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut memiliki 100 pegawai. Algoritma?????

22 Contoh 4 (pengulangan)

23 Latihan 2 Buatlah Algoritma dan Flowchart untuk kasus di bawah ini Menghitung hasil kali 3 buah bilangan. Menentukan status bilangan (Ganjil atau Genap) Menentukan siapakah yang memiliki umur lebih tua antara si X dan si Y. Menentukan jumlah poin bonus yang didapatkan seorang customer pada saat berbelanja di sebuah supermarket. Dengan aturan pemberian point adalah pembelanjaan diatas Rp mendapatkan 1 point, pembelanjaan diatas Rp mendapatkan 2 point, pembelanjaan diatas Rp mendapatkan 3 point. Pemberian point tidak berlaku kelipatan.


Download ppt "Flowchart & Pseudocode. Latihan Logika 1 1. Terdapat dua jenis minuman dalam 2 gelas berukuran sama A dan B. Bagaimana algoritma jika diinginkan isi minuman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google