Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK 8.1. Tranformasi Skala Semesta Ke Layar 8.2. Grafik Garis dan Bidang 8.3. Grafik Fungsi 8.4. Animasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK 8.1. Tranformasi Skala Semesta Ke Layar 8.2. Grafik Garis dan Bidang 8.3. Grafik Fungsi 8.4. Animasi."— Transcript presentasi:

1 BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK 8.1. Tranformasi Skala Semesta Ke Layar 8.2. Grafik Garis dan Bidang 8.3. Grafik Fungsi 8.4. Animasi

2 Pengertian Grafik Grafik : lebih diartikan ke makna gambar, bukan makna grafik (graph) yang sebenarnya. Fasilitas yang disediakan Borland C++Builder : 1. Graphic Device Interface (GDI) 2. DirectX 3. OpenGL Pembahasan dibatasi pada GDI : fungsi-fungsi antarmuka (interface) grafik yang dibungkus (encapsulated) dalam satu objek VCL, khusus untuk GDI ada dua kelas yang kelas yang digunakan, yaitu kelas TCanvas dan kelas TImage.

3 8.1. Tranformasi Skala Semesta Ke Layar (a) (b) (c) (a) (b) (c) (a). Sistem koordinat siku-siku (b). Monitor modus teks (c). Monitor SVGA modus grafik X+ Y+ X+ Y+ (0,0) (1,1) (80,25) X+ Y+ (0,0) (1024, 768)

4  Pada saat akan menampilkan gambar di monitor terdapat perbedaan mendasar antara sistem koordinat semesta dengan sistem koordinat di monitor.  Dilakukan penyesuaian antara sistim koordinat semesta dengan sistim koordinat monitor melalui transformasi dan penskalaan.  Transformasi berkaitan dengan sistem koordinat, sedangkan penskalaan berkaitan dengan dimensi objek yang digambar (kode programnya pada halaman berikut)

5 void __fastcall TGrafis::FormCreate(TObject *Sender) { Gbr.Left=-100; Gbr.Left=-100; Gbr.Right=1000; Gbr.Right=1000; Gbr.Top=100; Gbr.Top=100; Gbr.Bottom=-100; Gbr.Bottom=-100;} void TGrafis::Transformasi(void) { int Lebar= Gbr.Right-Gbr.Left; int Lebar= Gbr.Right-Gbr.Left; int Tinggi=Gbr.Top-Gbr.Bottom; int Tinggi=Gbr.Top-Gbr.Bottom; SetMapMode(PaintBox1->Canvas->Handle, MM_ANISOTROPIC); SetMapMode(PaintBox1->Canvas->Handle, MM_ANISOTROPIC); SetWindowExtEx(PaintBox1->Canvas->Handle, Lebar,Tinggi, NULL); SetWindowExtEx(PaintBox1->Canvas->Handle, Lebar,Tinggi, NULL); SetViewportExtEx(PaintBox1->Canvas->Handle,PaintBox1- >Width, PaintBox1->Height, NULL); SetViewportExtEx(PaintBox1->Canvas->Handle,PaintBox1- >Width, PaintBox1->Height, NULL); SetWindowOrgEx(PaintBox1->Canvas->Handle,0,0,NULL); SetWindowOrgEx(PaintBox1->Canvas->Handle,0,0,NULL); SetViewportOrgEx(PaintBox1->Canvas->Handle,PaintBox1- >Width*.1, PaintBox1->Height*.5, NULL); SetViewportOrgEx(PaintBox1->Canvas->Handle,PaintBox1- >Width*.1, PaintBox1->Height*.5, NULL);}

6 8.2. Grafik Garis dan Bidang Fasilitas yang terdapat pada objek VCL yang dimiliki Borland C++Builder untuk menggambar grafik ada dua kelas, yaitu : 1. Kelas TCanvas 2. Kelas TImage 1. Kelas TCanvas  Turunan dari Kelas Persistent  Diletakkan pada file header vcl.h (diincludekan)  Bukan merupakan Component Pallete

7 Kelas TCanvas memiliki beberapa properti dan method yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan menggambar, antara lain : a.Properti Pen : digunakan untuk menentukan jenis, warna, dan tebal garis yang dilakukan untuk proses penggambaran. Properti Pen memiliki empat properti yaitu Color, Width, Style, dan Mode. b.Properti Brush : digunakan untuk mengisi suatu area tertentu pada Canvas dengan berbagai jenis warna, gaya arsiran, dan juga latar yang berbentuk gambar. Properti Brush memiliki tiga properti, yaitu : Color, Style, dan Bitmap. c.….

8 c.Properti Font : digunakan untuk menuliskan teks dengan memodifikasi ukuran dan warna teks. Untuk keperluan ini, digabung dengan method TextOut. d.Method MoveTo dan LineTo : digunakan untuk menggambar garis dari (x 1,y 1 ) ke posisi (x 2, y 2 ). Untuk menentukan posisi awal digunakan method MoveTo(x 1,y 1 ) dan untuk menentukan posisi akhir digunakan method LineTo(x 2, y 2 ). e.Method Rectangle dan RoundRect : digunakan untuk menggambar segi empat dari dari sudut kiri atas (x 1,y 1 ) ke sudut kanan bawah (x 2, y 2 ). Method Rectangle digunakan mengambar segiempat dengan titik sudutnya siku-siku, sedangkan method RoudRect titik sudutnya berbentuk seperempat lingkaran.

9 f.Method Ellipse : digunakan untuk menggambar lingkaran atau oval (ellips) dari sudut kiri atas (x 1,y 1 ) ke sudut kanan bawah (x 2, y 2 ). g.Method Arc, Chord, dan Pie : digunakan untuk menggambar Busur (Arc), Tembereng (Chord), dan Juring (Pie) lingkaran dari dari sudut kiri atas (x 1,y 1 ) ke sudut kanan bawah (x 2, y 2 ) dengan ujung kanan (x 3, y 3 ) dan ujung kiri (x 4, y 4 ). h.Method Polygon, dan Polyline : digunakan untuk menggambar bangun segibanyak (Polygon) dan menggambar garis-garis yang saling menyambung (Polyline).

10 2. Kelas TImage  Merupakan Turunan dari Kelas Component Pallete  Diletakkan pada file header vcl.h (diincludekan)  Dimunculkan pada Component Pallete  Digunakan untuk menampilkan gambar yang bertipe Bitmap (BMP), Icon (ICO), dan Metafile (WMF). Penempatan gambar dapat dilakukan dengan 2 cara : 1.Melalui properti Picture (file gambar) 2.Memanggil langsung saat aplikasi dijalankan

11 8.3. Grafik Fungsi Menggambar grafik fungsi, dapat dilakukan dengan memanfaatkan properti dan method yang dimiliki kelas TCanvas, dengan tahap-tahap sebagai berikut : 1. Transformasi yaitu menyesuaikan sistem koordinat layar dengan sistem koordinat semesta. 1. Transformasi yaitu menyesuaikan sistem koordinat layar dengan sistem koordinat semesta. 2. Penskalaan yaitu menyesuaikan koordinat minimum dan maksimum semesta dengan layar. 2. Penskalaan yaitu menyesuaikan koordinat minimum dan maksimum semesta dengan layar. 3. Membuat sumbu koordinat. 3. Membuat sumbu koordinat. 4. Menentukan titik koordinat dari fungsi (hitung). 4. Menentukan titik koordinat dari fungsi (hitung). 5. Menggambar kurva fungsi dengan menghubungkan titik-titik koordinat dengan menggunakan method MoveTo( ) dan LineTo( ). 5. Menggambar kurva fungsi dengan menghubungkan titik-titik koordinat dengan menggunakan method MoveTo( ) dan LineTo( ).

12 8.4. Animasi Animasi merupakan salah satu bagian dari grafika komputer yang menyajikan tampilan secara atraktif dengan gambar bergerak. Animasi merupakan salah satu bagian dari grafika komputer yang menyajikan tampilan secara atraktif dengan gambar bergerak. Manfaat Animasi :  Menarik perhatian pemakai komputer  Memvisualisasikan cara kerja suatu alat atau mekanisme tertentu  Menampilkan gambar-gambar yang menarik  Program permainan Saat ini sudah banyak software yang khusus untuk Animasi, mis : Flash MX, 3ds max, dll.

13 Teknik Animasi ada 4 macam, yaitu : Teknik Animasi ada 4 macam, yaitu : 1.Teknik Animasi inbetweening. 2.Teknik Animasi Menggerakkan Citra 3.Teknik Animasi dengan mengubah palet. 4.Teknik Animasi dengan permainan Halaman

14 1. Teknik Animasi inbetweening Langkah-langkahnya :  Tentukan posisi awal dan posisi akhir  Gambar objek pada posisi awal  Tentukan posisi yang baru untuk objek  Hapus objek pada posisi yang lama  Gambar objek pada posisi yang baru  Lakukan hal yang sama sampai objek berada pada posisi akhir yang dituju.

15 2. Teknik Animasi Menggerakkan Citra Langkah-langkahnya :  Alokasikan peubah dinamis untuk menyimpan citra.  Simpan citra pada tempat yang sudah dipesan.  Tempatkan citra pada posisi awal  Pindahkan citra ke lokasi baru.  Lakukan hal yang sama sampai citra berada pada posisi akhir yang dituju.  Dealokasikan citra dari peubah dinamis.

16 3. Teknik Animasi dengan mengubah palet. Langkah-langkahnya :  Siapkan palet (palette) elektronis sebagai pencampur warna.  Gambar objek menggunakan palet dengan warna tertentu.  Hapus objek pada posisi yang lama dengan mewarnai objek dengan warna latar belakang.  Gambar objek pada posisi yang baru dengan warna tertentu  Lakukan hal yang sama sampai objek berada pada posisi akhir yang dituju.

17 4. Teknik Animasi dengan permainan Halaman Langkah-langkahnya :  Gambar masing-masing objek yang dianimasi pada halaman yang berbeda menurut urutan animasinya.  Tampilkan masing-masing halaman secara bergantian menurut urutan animasinya.  Lakukan hal yang sama sampai objek berada pada posisi akhir yang dituju (urutan animasi terkhir).


Download ppt "BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK 8.1. Tranformasi Skala Semesta Ke Layar 8.2. Grafik Garis dan Bidang 8.3. Grafik Fungsi 8.4. Animasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google