Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika 41812120194.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika 41812120194."— Transcript presentasi:

1 Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika

2 MultiMedia Yang dimaksud multimedia adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media. Anda bisa melihat informasi pada layar baik merupakan teks ataupun gambar dan video dan pada waktu yang bersamaan anda dapat mendengarkan paparan melalui suara dengan speaker.

3 Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara(sound card), sepasang speaker, dan mikropon.  Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio  Speaker adalah piranti untuk menyajikan suara  Mikropon adalah piranti untuk menerima suara manusia Umumnya komputer pada masa sekarang telah dilengkapi dengan komponen-komponen tersebut.

4 Berbagai peralatan yang digunakan dalam aplikasi multimedia: Keyboard CD Mikropon Speaker Monitor Scanner Printer Kamera digital Video cassete recorder Tape recorder Mouse

5 Elemen – elemen Multimedia Sebagaimana tersirat dalam definisi multimedia didepan, elemen multimedia meliputi: Teks Suara Gambar statis Animasi Video

6  Teks Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris, perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.  Suara Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu misalnya untuk memperdengarkan cara untuk melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris.

7  Gambar Statis Umumnya gambar disimpan dengan cara di mampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Ada dua teknik yang digunakan yaitu yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua teknik lossy. Teknik pemanpatan Lossy adalah teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik pemampatan Lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengangambar aslinya.

8  Animasi Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Contoh, dapat dilihat pada layar secara berturut-turut dan bergantian, maka akan terkesan adanya harimau yang sedang berlari.

9 Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia Perangkat lunak yang secara khusus ditunjukkan untuk membuat aplikasi multimedia authoring system. Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director. Virtual Reality Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.

10 Piranti Virtual Reality Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter. Glover adalah piranti masukkan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan kesistem virtual reality. Headset adalah piranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki.

11 Cara Kerja Virtual reality Cara kerja system virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

12 TERIMA KASIH


Download ppt "Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika 41812120194."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google