Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS LOGIKA MENGANALISIS LIRIK LAGU. LIRIK LAGU HARMONI by Padi Aku mengenal dikau Tak cukup lama... Separuh usiaku Namun begitu banyak... pelajaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS LOGIKA MENGANALISIS LIRIK LAGU. LIRIK LAGU HARMONI by Padi Aku mengenal dikau Tak cukup lama... Separuh usiaku Namun begitu banyak... pelajaran."— Transcript presentasi:

1 TUGAS LOGIKA MENGANALISIS LIRIK LAGU

2 LIRIK LAGU HARMONI by Padi Aku mengenal dikau Tak cukup lama... Separuh usiaku Namun begitu banyak... pelajaran Yang aku terima Kau membuatku mengerti hidup ini Kita terlahir bagai selembar kertas putih Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai Dan terwujud harmoni Segala kebaikan Tak akan terhapus oleh kepahitan Kulapangkan resah jiwa Karna kupercaya Kan berujung indah Kau membuatku mengerti hidup ini Kita terlahir bagai selembar kertas putih Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai Dan terwujud harmoni ( 2x)

3 Salah satu manfaat logika adalah meningkatkan daya nalar kita. Dalam lirik tersebut terdapat kalimat – kalimat yang mengandung intepretasi. Sehingga kita perlu mendalami makna dari lirik tersebut. Berikut analisis kami mengenai lirik lagu tersebut

4 ANALISIS  Kalimat “ Tak cukup lama... Separuh usiaku “ (makna konotasi), karena kalimat “ separuh usia “ tersebut keterangan waktunya tidak jelas sejak kapan pengarang mulai lahir dan sampai kapan pengarang menginjak separuh usianya. Jika diintepretasikan ‘’ separuh usiaku ‘’ di analogiskan dengan waktu sudah cukup lama.  Dalam lirik yang berbunyi “ namun begitu banyak... Pelajaran Yang aku terima“ (makna konotasi). Karena kalimat ‘’ begitu banyak’’ keterangan jumlahnya tidak jelas. Jika di intepretasikan kata ‘’pelajaran ‘’ bisa bermakna pengalaman atau ilmu.

5  Kalimat dalam lirik lagu yang berbunyi ‘’Kita terlahir bagai selembar kertas putih’’ menjelaskan bahwa seseorang yang baru lahir di dunia itu masih suci dari segala macam dosa dan belum tersentuh atau bahkan ternoda oleh apapun.  Kata “ segala “ dalam lirik tersebut secara logika bersinonim atau artinya sama dengan kata “ semua “  “ Tak akan terhapus oleh kepahitan”, secara logika maksud kata “kepahitan” dalam lirik tersebut adalah segala sesuatu dalam perasaan yang sifatnya menyakitkan tetapi kepahitan bisa berarti rasa yang terlalu pahit pada lidah.

6  “ Dan terwujud harmoni “, secara analogis kata “ harmoni “ memiliki definisi atau arti yaitu pernyataan rasa, aksi gagasan dan minat, keselarasan maupun keserasian, serta harus ada irama dan gerak.  Premis: - Ada seseorang yang sudah mengenal lama orang yang ingin dicintainya. - Ada seseorang yang sudah percaya dengan orang yang ingin dicintainya.  Kesimpulan : ada seseorang yang mengharapkan cinta dari orang yang sudah lama dikenalnya.

7


Download ppt "TUGAS LOGIKA MENGANALISIS LIRIK LAGU. LIRIK LAGU HARMONI by Padi Aku mengenal dikau Tak cukup lama... Separuh usiaku Namun begitu banyak... pelajaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google