Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TERTIUS, ERASTUS MATERI KAM Tokoh dalam Perjanjian Baru. GPIB JEMAAT IMMANUEL DIBEKASI Pdt. Alexius Letlora.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TERTIUS, ERASTUS MATERI KAM Tokoh dalam Perjanjian Baru. GPIB JEMAAT IMMANUEL DIBEKASI Pdt. Alexius Letlora."— Transcript presentasi:

1 TERTIUS, ERASTUS MATERI KAM Tokoh dalam Perjanjian Baru. GPIB JEMAAT IMMANUEL DIBEKASI Pdt. Alexius Letlora.

2 TERTIUS. Tertius artinya ke-3. Seorang juru tulis Paulus yang menuliskan surat ke Roma. Keahlian sebagai seorang sekretaris yang pada jaman itu hanya sedikit orang yang bisa melakukannya. Sekrartaris pribadi yang pada waktu itu dipekerjakan pada orang kaya adalah para budak.

3 Cara menulis waktu itu : Kertas yang dipakai adalah papirus. Tinta dibuat dari campuran jelaga dan getah ( dijual dalam bentuk batangan sehingga perlu diencerkan dalam mangkuk ) Penulisan menggunakan pisau untuk menajamkan batang pena dan spons basah untuk menghapus. Penulisan dilakukan dengan duduk dilantai sambil bersila dengan satu tangan memegang papirus yang dialas dengan papan.

4 Roma 16 : 22, aku tertius … merupakan bukti eksplisit bahwa Paulus memeliki seorang sekretaris pribadi Kata ‘ dalam Tuhan’ menunjukkan bahwa ia seorang Kristen. Giuseppe Barbaglio menyatakan bahwa Tertius adalah seorang budak yang telah dimerdekakan. Peran Tertius dapat disejajarkan dengan Barukh yang mendampingi Yeremia.

5 2 Tim. 3 : 16 – 17, memperlihatkan bahwa setiap gagasan paulus diilhamkan dari Allah yang diwujudkan oleh tertius. ( 1 Kor. 16 : 21 – 24, 2 Tes. 3 : 7 ). Jika surat roma ditulis dirumah gayus, maka Tertius adalah salah satu budak gayus. Keterlibatan Tertius nampak sederhana namun memiliki arti penting. Pekerjaannya kecil tetapi mengandung arti besar.

6 Apakah yang didapatkan ? Jika satu tubuh banyak anggota maka ada anggota yang kecil tetapi tidak dapat dikecilkan artinya. Menjadi yang terkecil memiliki hasil yang besar didalam tangan Tuhan. Ketekunan berujung pada hasil yang berarti bagi banyak orang.

7 ERASTUS Nama Erastus disebutkan di 2 Tim 4: 20, KPR 19: 22 dan Roma 16 : 23. Arti nama : ‘ yang terkasih ‘. Bendahara di Korintus, tempat dimana Paulus menulis surat penggembalaannya. Dia menerima pajak dan bea cukai kepemilikan dalam kota. Ia menerima dan mengelola dana masyarakat yang dipercayakan negara kepadanya.

8 Reputasi Erastus Seorang dihargai banyak orang bukan karena pekerjaannya saja tetapi karena kebaikannya. Dipercaya oleh ‘ quaestor urbanus ‘ bendahara negeri untuk orang – orang roma. Proses pemilihan sebagai bendahara negeri memerlukan persyaratan utama yakni dikenal baik Kehadiran Erastus di Korintus sekaligus menegaskan kehadiran Kristen bagi kota dimana ia hadir ( bd. Yer. 29:7).

9 Pesan Utama Bergerak dari ‘ dalam ‘ ke ‘ luar ‘ Hikmat didapatkan tidak sebagai ‘ anugerah ‘ tetapi hasil dari ‘ belajar ‘. Menjadi berkat bagi kota dimana kita tinggal merupakan gagasan Tuhan yang dipercayakan kepada gereja.

10 Tertius dan Erastus Memberi pelajaran besar dalam perilaku keseharian. Tuhan dapat berkarya melalui siapapun ( ingat pelacur di Yerikho ). Menjadi berkat bagi kota dalam tindakan kecil yang bermakna besar. Itulah tugas gereja. Bagaimana pendapat bapak – ibu, sdr /I ?


Download ppt "TERTIUS, ERASTUS MATERI KAM Tokoh dalam Perjanjian Baru. GPIB JEMAAT IMMANUEL DIBEKASI Pdt. Alexius Letlora."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google