Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN EKO I SURVIANTO, S.Sos, M.Si 0818423316.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN EKO I SURVIANTO, S.Sos, M.Si 0818423316."— Transcript presentasi:

1 SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN EKO I SURVIANTO, S.Sos, M.Si

2 Cogito ergo sum I think, therefore I am Rene Descartes

3 Sejarah Perkembangan Ilmu Semua Ilmu berasal dari filsafat  mater scientiarum, mother of science Mencari kebenaran melalui logika berfikir Tradisi eropa (Yunani)  filsafat islam, india, china dll Munculnya filsuf (ahli filsafat)

4 Tahap Pencarian Kebenaran Manusia Teologis Metafisis Positivis

5 Pengetahuan Ilmu Pengetahuan

6 Pengetahuan Pengetahuan adalah keseluruhan pengetahuan yang belum tersusun, baik mengenai matafisik maupun fisik. Informasi yang berupa common sense, tanpa memiliki metode, dan mekanisme tertentu. Cenderung trial and error dan berdasarkan pengalaman belaka.

7

8

9 Api adalah oksidasi cepat terhadap bahan atau material dalam proses kimia eksotermis seperti pembakaran, menghasilkan panas, cahaya, dan reaksi lainnya. Setiap ekosistem alami memiliki kepentingan sendiri dalam mengelola api, dan organisme dalam ekosistem tersebut sangat tergantung terhadap api. Api dapat ditimbulkan dari sebuah gesekan, cahaya matahari dan lain sebagainya Sumber: sciences/ pengertian-dan-definisi- api/#ixzz34WY5Oixjhttp://id.shvoong.com/exact-sciences/earth- sciences/ pengertian-dan-definisi- api/#ixzz34WY5Oixj

10 Ilmu Pengetahuan Ilmu adalah kumpulan pengetahuan. Namun bukan sebaliknya kumpulan ilmu adalah pengetahuan. Kumpulan pengetahuan agar dapat dikatakan ilmu harus memenuhi syarat- syarat tertentu. Syarat-syarat yang dimaksudkan adalah objek material dan objek formal. Setiap bidang ilmu baik itu ilmu khusus maupun ilmu filsafat harus memenuhi ke dua objek tersebut

11

12 Syarat Ilmu Pengetahuan (Positivistik) dapat di/ter-amati (observable), dapat di/ter-ulang (repeatable), dapat di/ter-ukur (measurable), dapat di/ter-uji (testable) dan dapat di/ter-ramalkan (predictable).

13 Objek material adalah sesuatu hal yang dijadikan sasaran pemikiran (Gegenstand), sesuatu hal yang diselidiki atau sesuatu hal yang dipelajari.  manusia,tumbuhan, batu ataupun hal-hal yang abstrak seperti ide-ide, nilai-nilai, dan kerohanian. Objek formal adalah cara memandang, cara meninjau yang dilakukan oleh peneliti terhadap objek materialnya serta prinsip-prinsip yang digunakannya.

14 Dasar Ilmu Pengetahuan Ada tiga dasar ilmu yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Ontologi ilmu mencakup seluruh aspek kehidupan yang dapat diuji oleh panca indera manusia. Epistemologi berkaitan dengan hakikat dan ruang lingkup pengetahuan, pengandaian-pengandaian dan dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pertanyaan mengenai pengetahuan yang dimiliki. Aksiologi berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh, seberapa besar sumbangan ilmu bagi kebutuhan umat manusia.

15 Pengelompokan Ilmu (1)

16 Pengelompokan Ilmu (2) Filsafat Natural Science Matematikan, Fisika, Kimia dll Social Science Sosilogi, Ekonomi, Antropologi dll Humaniora Science Seni, Hukum dll

17 SOSIOLOGI TEORI Sos Pengetahuan INSTITUSI SOSIAL Sos Keluarga, sos ekonomi, KATEGORI Sos Gender, SOSIOLOGI KAWASAN Sos. Kota- Desa PERUBAHAN SOSIA L Sos Pemb, Gerakan Sos

18 Socius (Latin) dan Logos (Yunani)  diperkenalkan oleh Auguste Comte Socius: berteman Logos: ilmu

19 SOSIOLOGI? Schaefer: Studi sistematik tentang perilaku sosial dan kelompok manusia. Light dkk: Studi tentang masyarakat manusia dan perilaku di dalam setting sosial, memusatkan perhatian pada pengungkapan kekuatan-kekuatan sosial ini terhadap orang.

20 Smelser: studi ilmiah tentang masyarakat dan hubungan-hubungan sosial.  Studi ilmiah tentang hubungan antara individu dan masyarakat.

21 Karl Marx Max Weber Georg Simmel Auguste Comte Emile Durkheim Herbert Spencer George Herbert Mead

22 Non Scholae, sed vitae dicimus


Download ppt "SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN EKO I SURVIANTO, S.Sos, M.Si 0818423316."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google