Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH."— Transcript presentasi:

1 SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH

2 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (1) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (1)  Agama merupakan fenomena universal.  Joachim Wach: ekspresi atau ungkapan pengalaman keagamaan dalam bentuk: 1. Ungkapan dalam bentuk pemikiran, 2. Ungkapan dalam bentuk tindakan, 3. Ungkapan dalam bentuk persekutuan.

3 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (2) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (2)  Agama menjadi bahan pemikiran para penganutnya dan juga para ahli dalam bidang yang beragam, seperti filsafat, teologi, sejarah, psikologi, sosiologi, antropologi, dll.  Kajian terhadap agama ada yang menekankan pada aspek ajaran dan ada juga pada gejala-gejala keagamaannya.

4 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (3) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (3)  Posisi seorang Sosiolog dalam kajian keagamaan: “memahami makna yang diberikan oleh para penganut agama terhadap agamanya sendiri, dan berbagai hubungan agama dengan struktur sosialnya, dan dengan aspek budaya lainnya seperti ilmu pengetahuan dan teknologi.  Seorang Sosiolog Agama tidak harus meng- identifikasikan dirinya sebagai penganut agama tersebut, tetapi juga tidak perlu menghindar dari agamanya.

5 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (4) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (4)  Tugas dasar sosiologi agama bukan untuk mengerti esensi metafisik agama, tetapi hanya mempelajari aspek sosialnya, yaitu data empirik yang dapat diverifikasi dengan panca indera (menyangkut perilaku individu dan kelompok).  Sosiologi agama dalam kajiannya tidak bermaksud membedakan mana agama yang benar dan salah, melainkan melihat bagaimana agama itu dapat mempengaruhi perilaku individu dan masyarakat penganutnya.  Sosiologi agama memfokuskan pada: a. dimensi sosial dari agama, dan b. aspek-aspek agama yang mempengaruhi perilaku individu dan sosial.

6 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (5) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (5)  Perspektif yang digunakan dalam sosiologi agama adalah data empirik dan obyektivitas.  Sosiologi agama hanya berurusan dengan fakta yang dapat diobservasi.  Sosiologi agama juga bersikap obyektif, yaitu menghindari masuknya kepercayaan pribadi dalam suatu studi.  Sosiologi agama, menurut Berger dan Luckman, lebih melihat agama sebagai fenomena kebudayaan.

7 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (6) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (6)  Keith A. Robert: pendekatan sosiologi agama memfokuskan kajiannya pada: 1. Perilaku individu dalam kelompok keagamaan (perilaku ritual dan proses sosial). 2. Kelompok-kelompok dan lembaga keagamaan (pembentukannya, kegiatannya, dan kelangsungannya). 3. Konflik antar kelompok keagamaan (internal suatu agama atau antar agama).

8 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (7) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (7)  Talcott Parsons melihat: 1. Agama sebagai seperangkat simbol yang menghubungkan manusia dengan kondisi akhir (ultimate conditons). Fungsi sosiologi agama adalah menjelaskan konsekuensi simbol-simbol tersebut terhadap perilaku. 2. Agama merupakan artikulasi antara sistem kultural dan sosial yang diinternalisasikan dan diwariskan secara terus menenrus.

9 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (8) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (8)  Milton Yinger: Sosiologi agama berusaha menemukan prinsip-prinsip umum mengenai hubungan agama dengan masyarakat.

10 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (9) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (9)  Menurut para penganut sosiologi positivistik (Auguste Comte) metode-metode ilmiah tidak hanya digunakan terhadap dunia benda kealaman tetapi juga terhadap berbagai sistem simbolik seperti agama.  Para pendukung positivisme berkeyakinan bahwa fakta-fakta sosial dapat diperlakukan sebagai benda, dan bahwa penelitian yang dilakukan dari sudut pandang ini akan membangun berbagai generalisasi (empirik dan dapat ditarik berbagai hukum mengenai masyarakat.

11 AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (11) AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH (11)  Contoh teori-teori keagamaan: 1. EB Tylor (evolusi agama), 2. JG Frazer (mana), 3. E. Durkheim (totemism) 4. Weber, Durkheim dkk (fungsional) 5. Marx (candu masyarakat) 6. Gramsci (perubahan sosial) 7. Parsons (referensi transendental) 8. Mannheim (legitimasi sosial) 9. Dan …


Download ppt "SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II AGAMA DALAM KAJIAN ILMIAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google