Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKOSISTEM Ekosistem adalah Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya serta hubungan antar makhluk hidup. Ekosistem adalah Satu sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKOSISTEM Ekosistem adalah Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya serta hubungan antar makhluk hidup. Ekosistem adalah Satu sistem."— Transcript presentasi:

1 EKOSISTEM Ekosistem adalah Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya serta hubungan antar makhluk hidup. Ekosistem adalah Satu sistem terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan satu dengan lainnya.

2 Cabang biologi yang mempelajari ekosistem ialah ekologi.kata ekologi berasal dari bahasa yunani, yaitu oikos yang berarti rumah atau tempat untuk hidup dan logos berarti studi atau ilmu. Definisi ekologi adalah ilmu tentang interaksi atau hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik (Abiotik) dan antarorganisme (biotik).

3 A.Komponen Penyusun Ekosistem Komponen penyusun ekosistem terdiri atas komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri atas semua makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan,jamur dan mikroorganisme.Diantara anggota komponen biotik tersebut, terjadi saling interaksi dan akan berpengaruh terhadap penyebaran dan kepadatan jenis suatu makhluk hidup diantaranya akan menciptakan tingkat2 organisasi kehidupan. Tingkatan organisasi kehidupan mulai dari yang terendah hingga tertinggi yaitu individu, populasi, komunitas, ekosistem.

4 Komponen yang melibatkan komponen biotik dan komponen abiotik adalah sbb : a.Individu dapat diartikan sebagai satuan makhluk hidup tunggal. Individu terdiri atas satu organisme baik uniseluler maupun multiseluler. * Uniseluler adalah terdapat beberapa bentuk kehidupan yang berwujud sebagai organisme bersel tunggal. * Multiseluler adalah organisme yang lebih kompleks, termasuk tumbuhan dan hewan. Setiap organisme tersusun oleh salah satu dari dua jenis sel yang secara struktural berbeda yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.

5 @ sel prokariotik tidak memiliki nukleus.materi genetiknya terkonsentrasi pada daerah yang disebut nukleoid, tetapi tidak ada membran yang memisahkan daerah nukleoid dengan bagian sel sel eukariotik, terdapat nukleus yang dibungkus oleh membran nukleus. Sel mempunyai tiga komponen, yaitu : 1. Membran palsma; sebagai pelindung dan bersifat permeabel selektif. Dapat melakukan zat dari dan keluar sel. 2. sitoplasma; terdiri medium semi cair yg disebut sitosol, mengandung nutrien, enzim, ion, bermacam-macam garam, beberapa nukleus organik, dan air. 3. nukleus; mengandung materi genetik berupa DNA. Bagian ini mengatur pertumbuhan dan reproduksi sel.

6 b. Populasi adalah Kelompok individu sejenis yang dapat bereproduksi dan menempati suatu daerah dalam kurun waktu tertentu. C. Komunitas adalah suatu kesatuan yang tersusun atas sejumlah populasi yang menempati areal tertentu d. Ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik atau interaksi antara organisme dengan lingkungan abiotiknya.

7 2. KOMPONEN ABIOTIK Komponen abiotik meliputi segala sesuatu diluar makhluk hidup, seperti suhu,air, tanah dan cahaya.

8 a.Suhu adalah merupakan syarat yang diperlukan organisme untuk hidup.

9 b. Air Air merupakan komponen abiotik yang sangat penting bagi organisme. Organisme air tersebut ada yang hidup di dalam air bersifat asam, netral, dan ada yang hidup dalam air bersifat basa.

10 c. Tanah Tanah merupakan media pertumbuhan dan tempat hidup bagi makhluk hidup. Sifat yang ada pd tanah, seperti keasaman, terkstur, dan kandungan unsur hara sangat mempengaruhi jenis makhluk hidup yang hidup di atas tanah atau di dalamnya.

11 d. cahaya Cahaya merupakan komponen abiotik yang berperan penting bg organisme, terutama organisme berklorofil.

12 e.udara Udara mengandung berbagai macam gas, di antaranya nitrogen (78,17 %), oksigen (20,97%) dan gas (0,9 %).

13 f.Kadar garam (salinitas) Kadar garam atau salinitas sangat vital bagi organisme air. Ikan salmon merupakan ikan yang mampu hidup Pada perairan dengan kadar garam yang berbeda dalam siklus hidupnya.

14 Ekosistem merupakan satu kesatuan lingkungan yang melibatkan makhluk hidup dan lingkungan fisik. Mis.tanah,air, udara)yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Dalam ekosistem terdapat hubungan timbal-balik antara beberapa makhluk hidup (Komponen Biotik) yaitu hubungan antara produsen dan konsumen. Produsen adalah tanaman-tanaman yang memproduksi zat-zat organik dengan bantuan sinar matahari. Konsumen adalah mahluk hidup lain yang mengkonsumsi (memakan) zat organik yang dihasilkan.Proses yang terjadi antara produsen dan konsumen disebut rantai makanan.Contoh:Plankton (Mickroorganisme di laut)=ikan kecil- ikan besar - manusia

15 Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat sendiri makanannya. Anggotanya adalah : Padi Jagung Rumput Pohon-pohon

16 Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat sendiri makanannya sehingga bergantung pada produsen. Sekarang kita tahu mengapa konsumen tidak dapat hidup tanpa produsen. Konsumen terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu konsumen tingkat 1, konsumen tingkat 2, dan konsumen tingkat 3. Konsumen tingkat 1 adalah hewan yang memakan produsen atau tumbuhan. Anggotanya : Tikus Ulat daun Kelinci Jangkrik Burung pipit

17 Konsumen tingkat 2 adalah hewan yang memakan konsumen tingkat 1. Anggotanya : Ular Katak Burung

18 Konsumen tingkat 3 adalah hewan yang memakan konsumen tingkat 2 Anggotanya : Ikan besar Kucing Srigala Macan Elang Masing-masing konsumen saling mempengaruhi, jika populasi ular pada suatu tempat sedikit maka tikus akan berkembang sangat cepat dan sebaliknya juga. Lalu jika telah mati akan diuraikan oleh pengurai sehingga akan menyuburkan tanah.

19 B.RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN Rantai makanan adalah : Energi dipindahkan melalui rentetan organisme yang makan hewan sebelumnya dan dimakan hewan berikutnya sebagai penyedia energi dan zat hara. Rantai makanan adalah perjalanan makan-memakan antar makhluk hidup. Semua organisme dalam ekosistem diikat oleh hubungan energi dn zat hara (makanan). Perbedaan antara energi dan zat hara adalah sbb:. Energi merupakan kapasitas atau kemampuan melakukan kerja, seperti halnya mesin, untuk dapat bekerja (hidup) memerlukan energi atau tenaga.. Unsur hara asal – usulnya diambil dari komponen abiotik, yang kembali kedalam ekosistem baik sebagai bahan buangan maupun bangkai organisme.

20 1. Rantai makanan dan taraf tropi Didalam suatu ekosistem, molekul-molekul organik yang mengandung energi yang dihasilkan oleh orga- nisme autotrofik, merupakan sumber makanan (zat hara dan energi) bagi organisme heterotrofik. Contoh : tumbuhan yg dimakan oleh hewan. Urutan Rantai Makanan adalah sbb: 1. taraf tropi pertama diduduki oleh produsen 2. taraf tropi kedua disebut konsumen primer 3. taraf tropi ketiga disebut konsumen sekunder

21 Taraf tropi adalah tingkatan tiap tingkat dari rantai makanan. A. Produsen primer produsen primer merupakan organisme autotrofik, dan sebagian besar merupakan tumbuhan hijau. B. Konsumen a. konsumen tingkat pertama (primer) memakan produsen dan disebut herbivor. Herbivor didarat meliputi insekta, reptil, burung dan mamalia. Dua mamalia herbivor adalah rodentia (hewan pengerat) dan ungulata (sapi dan kuda). Herbivor diperairan adalah yang terdiri dari udang udang kecil dan molusca.

22 b. Konsumen tingkat kedua merupakan pemakan hebivor dan disebut karnivor. C. konsumen tingkat tiga memakan karnivor dan merupakan karnivor.konsumen tingkat dua dan tiga dapat merupakan predator dalam arti membunuh, menangkap dan memakan mangsanya.

23 C. Detritivor adalah hewan pemakan bangkai (pemakan detritus). Detritus adalah fragmen ( hancuran, remukan, bagian – bagian lembut) dari bahan-bahan yang sudah terurai. Detritivor darat yang khas cacing tanah, kutu kayu, luwing, dan rayap.detritivor pantai yaitu cacing palolo, siput pantai dan teripang.

24 Elang Konsumen tingkat 3 Ular Konsumen tingkat 2 Kelinci Konsumen tingkat 1 Rumput Produsen 2. Jaring-jaring makanan seperti gambar rantai makanan diatas, dilukiskan setiap organisme seakan-akan hanya memakan atau dimakan oleh satu jenis organisme saja.hal yang terjadi sebenarnya adalah lebih kompleks, karena tiap organisme mungkin saja memakan atau dimakan oleh satu macam organisme dalam satu rantai makanan yang sama atau makan dari rantai makanan yang lain. Ini terjadi pada karnivor taraf tinggi. Organisme pemakan tumbuhan dan hewan adalah omnivor. Manusia termasuk omnivor.

25 3. Piramida ekologi adalah hubungan antarorganisme dalam ekosistem secara kuantitatif dapat dinyatakan dalam bentuk diagram piramida ekologi. Ada tiga macam piramida ekologi : a. Piramida jumlah b. Piramida biomassa c. Piramida energi

26 4. Daur biogeokimia merupakan daur yang melibatkan unsur senyawa kimia. Tiga jenis contoh daur biogeokimia, yaitu: 1. daur nitrogen 2. daur air 3. daur karbon C. INTERAKSI ANTAR KOMPONEN BIOTIK Dalam dunia hewan dan tumbuhan, kita dapat menemukan interaksi antarorganisme yang bersifat khas. Interaksi yang khas itu disebut dengan istilah pola interaksi, diantaranya kompetetisi, predasi dan simbiosis.

27 1. Predasi sebagian besar spesies heterotrof ( makhluk hidup yang tidak dapat membentuk makanan sendiri) mendapatkan makanan dengan memangsa organisme lain. Salah sifat dasar makhluk hidup ialah mempertahankan diri. Di alam kita menemukan banyak strategi yang dilakukan organisme agar dapat meningkatkan keefektifan menjadi pemangsa dan memperkecil kemungkinan menjadi mangsa. Beberapa strategi tersebut, diantaranya adalah penyamaran, pertahanan, dan mimikri. A. Penyamaran (warna sembunyi) penyamaran dengan cara mengelabui pemangsa karena hewan mangsa tidak terlihat mencolok di dalam lingkungannya. Contoh penyamaran warna antara lain sbb: 1. kupu-kupu daun mati (kallima) dari Amerika Selatan yang memiliki sayap mirip daun tumbuhan 2. ulat ranting yang menyerupai ranting lengkap dengan kuncup.penyamaran ulat ranting untuk menghindari burung pemangsa.

28 1. Kupu-kupu daun mati 2.Ulat Ranting

29 b. Pertahanan banyak hewan dan tumbuhan yang melakukan adaptasi agar terhindar dari hewan pemangsa. Contoh: Landak dll. c. Mimikri Hewan tidak dilengkapi alat pertahanan diri seperti senjata beracun atau warna yang menyerupai lingkungan. Contoh: 1. Kupu-kupu pangeran menyerupai kupu-kupu raja yang beracun 2. Lalat penyamun bermimikri seperti tawon besar yang bersenjata

30 2. Simbiosis disebut dua spesies yang hidup bersama dalam hubungan yang dekat dan langsung dalam jangka waktu lama. Anggota simbiosis antara lain: a. parasitisme adalah hubungan timbal balik antara dua organisme dengan salah satu pihak dirugikan. b. komensalisme adalah simbiosis dengan salah satu pihak mendapatkan keuntungan, sedangkan pihak lainnya tidak mendapat keuntungan dan tidak dirugikan. Contohnya hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu. c. Mutualisme adalah hubungan simbiosis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Contohnya, badak dengan burung jalak.

31 D. MASALAH LINGKUNGAN DAN KONSEP RANTAI MAKANAN 1. Mengatasi masalah kerusakan lingkungan pengetahuan tentang rantai makanan dan hubungan simbiosis, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kerusakan lingkungan. Detritivor, sebagai organisme paling akhir dalam rantai makanan, ialah hewan pemakan bangkai. Peranan detrivor sebagai pengurai digunakan untuk mengatasi masalah menumpuknya sampah organik. Bagian tumbuhan atau hewan dari sampah organik dirombak oleh jasad renik (mikroorganisme), yaitu fungi dan bakteri yang hidup terhadap sisa-sisa makanan. Mereka disebut perombak dan mengeluarkan enzim pencernaan pada bangkai atau bahan buangan.

32 Beberapa mikroorganisme yang berperan dalam pengolahan limbah cair yaitu sebagai berikut: 1. Bakteri : bakteri batang gram-negatif aerobik seperti zooglea, psudomonas dll. 2. Fungi juga berperan dalam pengolahan limbah. 3. Protozoa juga berperan dalam pengolahan limbah. Peran utama protozoa adalah untuk membuang bakteri. 2. Pengendalian hama secara biologis Beberapa contoh pengendalian hama menggunakan organisme parasit yaitu sbb: a. Parasit spesies kumbang kecil lady beetle dapat mengusir serangga hama pada tanaman jeruk b. Ngengat pamakan kaktus berhasil mengendalikan populasi kaktus berduri yang merusak jutaan hektar padang rumput. c. Bakteri bacillus populliae dikembangkan untuk mengatasi kumbang Jepang d. Bacillus thuringiensis dikembangkan untuk mengatasi larva ngengat dan kupu- kupu perusak. e. Virus digunakan untuk mengatasi ulat kapas, ulat kuncup tembakau dan lalat pinus eropa

33 KESEIMBANGAN LINGKUNGAN (Mata Pelajaran IPA) Antara manusia dengan lingkungan terjadi hubungan timbal balik dan membentuk suatu sistem yang disebut ekosistem. Dalam hubungan ini diperlukan adanya keselarasan ekologi yaitu suatu keadaan ketika makhluk hidup ada dalam hubungan yang harmonis dengan lingkungannya. Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan segala benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan merupakan suatu kesatuan yang terdiri atas berbagai komponen Yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah seluruh makhluk hidup pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan. Komponen abiotik adalah segala kondisi yang terdapat di sekitar makhluk hidup yang bukan organisme, seperti batu, tanah, air,cahaya matahari, kadar garam.

34 ISU LINGKUNGAN PADA BERBAGAI SEKTOR Lingkungan dapat dipandang dalam skala yang sempit atau luas. Halaman sekolah Dapat disebut lingkungan dalam arti sempit.tetapi kota bandung, jawa barat dan Pulau kalimantan merupakan lingkungan dalam skala yang lebih luas. Adanya interaksi antara manusia dengan lingkungannya, dapat mengakibatkan adanya ketidakseimbangan ekologi. Gangguan sekecil apapun terhadap keseimbangan akan menyebabkan perubahan besar lingkungan fisik.misalnya perubahan lingkungan hutan menjadi perumahan, menimbulkan dampak yang kompleks, tidak saja berupa perubahan habitat, tetapi melibatkan daur biokimia yang berlangsung didalamnya. Berkurangnya hutan, menyebabkan tumbuhan yang terlibat dalam mengubah karbondioksida menjadi berkurang, menyebabkan bertambahnya polusi udara dan meningkatnya jumlah limbah akibat aktivitas manusia.

35 BAHAYA OVER EKSPLOITASI EKOSISTEM 1. Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan semua mahkluk hidup dimuka bumi. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain : Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati2 dan efisien. mis. Air, tanah, dan udara

36 Menggunakan bahan pengganti. Mengembangkan metode menambang dan memproses yang efisien,serta pendaurulangan.. Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.

37 a. Sumber daya alam Sumber daya alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia. Mis. Tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari.

38 b. Macam-macam sumber daya alam Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan siafat, potensi, dan jenisnya. 1. Berdasarkan sifat Menurut sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi tiga yaitu a. Sumber daya alam yang terbarukan (renewable) disebut terbarukan karena sumber daya alam jenis ini dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali). Mis. Hewan, tumbuhan, air dan tanah. b. Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable) mis. Minyak bumi, batu tiara. c. Sumber daya alam yg tidak habis, mis. Udara, matahari.

39 2.Berdasarkan Potensi Menurut potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam, antara lain sbb: a. Sumber daya alam materi : merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Mis batu, kayu, besi, emas. b. Sumber daya alam energi : merupakan sumber daya alam yg dimanfaatkan energinya. Mis. Minyak bumi, batu bara, gas bumi, air terjun dll. c. Sumber daya alam ruang : merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup.mis.area tanah (daratan) dan angkasa.

40 3. Berdasarkan jenis Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sbb: a. Sumber daya alam nonhayati (abiotik), disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Mis.bahan tambang, tanah,air dan kincir angin. b. Sumber daya alam hayati (biotik) yaitu sumber daya alam yang berupa mahkluk hidup. mis. Hewan, tumbuhan dan manusia. Penggunaan sumber daya alam dihampir semua negara cenderung naik. Terdapat dua faktor yang mempenga- ruhinya, yaitu 1. Pertambahan penduduk yang cepat 2. Perkembangan peradapan manusia yang didukung oleh kemajuan sains dan tehnologi.

41 2. Akibat Over Eksploitasi Kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan mahkluk hidup yang hidup didalamnya, termasuk manusia dinamakan daya dukung lingkungan. Jumlah manusia yg ada di bumi semakin hari semakin bertambah, sehingga pemenuhan kebutuhan semakin bertambah.untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia memanfaatkan mengeksploitasi sumber daya alam dengan cara membuka hutan untuk perumahan, melakukan penambangan, membuat jalan, dan menangkap ikan utk memenuhi kebutuhan hidup. Berikut ini beberapa contoh nyata kegiatan manusia Indonesia Yang membahayakan dan merusak lingkungan : a. Pembangunan perumahan yang tidak terencana b. Penebangan pohon dan pembakaran hutan c. Penambangan pasir d. Polusi

42 SALING KETERGANTUNGAN Seluruh sistem kehidupan dialam ini bersatu dalam sistem besar yang dinamakan biosfer. Di antara komponen penyusun biosfer tersebut, terjadi interaksi yang kuat dan saling mempengaruhi lingkungan hidup baik faktor biotik maupun abiotik, yang berpengaruh pada dan dipengaruhi oleh manusia. Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi dan/ atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan kedalamnya. Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

43 2.Sebutkan dan Jelaskan macam- macam bentuk energi ?

44 Pada hakikatnya, antara aktivitas manusia dan timbulnya pencemaran terdapat hubungan melingkar berbentuk siklus sebagai berikut: Stimulasi dari lingkungan sekitarnya Pencemaran manusia beradaptasi Pada hakikatnya, antara aktivitas manusia dan timbulnya pencemaran terdapat hubungan melingkar berbentuk siklus sebagai berikut: Stimulasi dari lingkungan sekitarnya Pencemaran manusia beradaptasi bahan pencemar pengembangan teknologi Keterangan : siklus hubungan aktivitas manusia thdp lingkungan. Pada hakikatnya, antara aktivitas manusia dan timbulnya pencemaran terdapat hubungan melingkar berbentuk siklus sebagai berikut: Stimulasi dari lingkungan sekitarnya Pencemaran manusia beradaptasi bahan pencemar pengembangan teknologi Keterangan : siklus hubungan aktivitas manusia thdp lingkungan. Pada hakikatnya, antara aktivitas manusia dan timbulnya pencemaran terdapat hubungan melingkar berbentuk siklus sebagai berikut: Stimulasi dari lingkungan sekitarnya Pencemaran manusia beradaptasi bahan pencemar pengembangan teknologi Keterangan : siklus hubungan aktivitas manusia thdp lingkungan. Pada hakikatnya, antara aktivitas manusia dan timbulnya pencemaran terdapat hubungan melingkar berbentuk siklus sebagai berikut: Stimulasi dari lingkungan sekitarnya Pencemaran manusia beradaptasi bahan pencemar pengembangan teknologi Keterangan : siklus hubungan aktivitas manusia thdp lingkungan. bahan pencemar pengembangan teknologi Keterangan : siklus hubungan aktivitas manusia thdp lingkungan.

45 5.Apa yang dimaksud dengan panas bumi ?

46 3. Jelaskan kebutuhan energi bagi manusia ?

47 4. Sebutkan Perbedaan energi dan Zat Hara ?

48 ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN (AMDAL) Antara manusia dengan lingkungan terjadi hubungan timbal balik dan membentuk suatu sistem yang disebut ekosistem. Dalam hubungan ini, diperlukan adanya keselarasan ekologi yaitu suatu keadaan ketika makhluk hidup ada dalam hubungan yang harmonis dengan lingkungannya, sehingga terjadi keseimbangan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

49 A. DAMPAK KEGIATAN PEMBANGUNAN DAN PENGELOLAANNYA Pembangunan artinya suatu upaya manusia untuk mengubah keadaan dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Berbagai dampak positif dan negatif suatu kegiatan pembangunan sbb : 1.Dampak positif pembangunan Berbagai kemudahan, kesenangan, dan kepuasan hidup dalam melakukan aktivitas merupakan dampak positif dari suatu kegiatan pembangunan.mis : bermunculnya gedung-gedung pusat perbelanjaan mempermudah penduduk untuk melakukan aktivitas jual beli dalam satu tempat, waktu dll. 2.Dampak negatif pembangunan Kebutuhan dasar manusia yang harus segera terpenuhi terkadang memaksa sebagian masyarakat untuk memanfaatkan lingkungan. mis : pembangunan yang seringkali menggerus dan mengubah fungsi lahan dan hutan yang menimbulkan dampak terhadap lingkungan.

50 B. KEBIJAKSANAAN LINGKUNGAN DI INDONESIA Kegiatan pembangunan yang membawa dampak negatif terhadap lingkungan perlu segera disikapi dan diatasi. Pembangunan berkelanjutan dan pembangunan berwawasan lingkungan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan manusia tanpa mengesampingkan kualitas lingkungan. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup ialah upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

51 Pelaksanaan konsep pembangunan berkelanjutan ini diperkuat secara internasional melalui kesepakatan para pemimpin bangsa yang dinyatakan dalam hasil-hasil negosiasi internasional, antara lain deklarasi Rio pada KTT bumi tahun 1992, deklarasi Milenium PBB tahun 2000, dan deklarasi Johannesburg pada KTT bumi tahun 2002

52 1.Undang-undang lingkungan hidup Undang-undang tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup yang disahkan oleh Presiden RI pada tanggal 19 September 1997 ialah undang-undang No. 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan Hidup. Sasaran pengelolaan lingkungan hidup yaitu : a.Tercapainya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup. b.Terwujudnya manusia Indonesia sebagai insan lingkungan hidup yang memiliki sikap dan tindak melindungi dan membina lingkungan hidup c.Terjaminnya kepentingan generasi masa kini dan generasi masa depan d.Tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup e.Terkendalinya pemenfaatan sumber daya secara bijaksana. f.Terlindunginya NKRI terhadap dampak usaha dan/atau kegiatan di luar wilayah negara yang menyebabkan pencemaran dan /atau perusakan lingkungan hidup.

53 2. Membuat kawasan konservasi Kawasan konservasi seperti taman nasional, hutan lindung, dan cagar alam, sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan. Kawasan seperti ini dapat berfungsi sebagai kawasan hidrologis terhadap kawasan di bawahnya.wilayah ini menyerap air agar tidak terjadi longsor dan banjir saat musim hujan dan menjaga ketersediaan air pada musim kemarau.

54 3. Program langit biru Program langit biru adalah suatu program pengendalian pencemaran udara dari kegiatan sumber bergerak dan tidak bergerak. Kebijakan program langit biru antara lain berupa pengukuran kualitas udara ambient, pengukuran uji emisi gas buang kendaraan bermotor dan mobil, pengukuran kualitas udara di daerah industri dsb. Sehubungan dengan hal tersebut, maka BAPEDAL (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan) memperkenalkan upaya pengendalian pencemaran udara dengan nama program langit biru sejak tahun 1992.program ini dicanangkan oleh Menteri Lingkungan Hidup.

55 4. Program produksi bersih Program produksi bersih adalah suatu program pencegahan untuk melindungi lingkungan yang meliputi proses produksi, daur produksi, dan pola konsumsi yang memungkinkan terpenuhinya kebutuhan dasar manusia tanpa perlu mengganggu dan merusak lingkungan. Program ini meliputi upaya peningkatan efisiensi penggunaan bahan dan energi yang dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan dan upaya pencegahan kerusakan lingkungan melalui substitusi (penggantian) bahan atau produk yang berbahaya dan beracun dengan bahan lain yang aman dan ramah lingkungan.

56 C.PENGERTIAN AMDAL Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) menurut undang- undang RI Nomor 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup. AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan suatu usaha dan/atau kegiatan. Tujuan AMDAL secara umum yaitu menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan serta menekan timbulnya pencemaran serendah mungkin. Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) menurut undang- undang RI Nomor 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup.

57 D.METODE IDENTIFIKASI PRAKIRAAN DAN EVALUASI DAMPAK Beberapa metode digunakan untuk mengindentifikasi prakiraan dan evaluasi dampak besar dan penting adalah sbb: 1.Metode prakiraan dampak besar dan penting Metode yang digunakan dalam memprakirakan besaran dampak ialah metode formal dan non formal. 2.Metode evaluasi dampak besar dan penting metode ini merupakan metode yang lazim digunakan dalam studi AMDAL untuk mengevaluasi dampak besar dan penting yang ditimbulkan oleh usaha dan/atau kegiatan terhadap lingkungan hidup secara holistik (seperti antara lain matrik, bagan alir, dan overlay). Metode ini dapak digunakan sebagai : a.dasar untuk menelaah kelayakan lingkungan hidup dari berbagai alternatif usaha dan/atau kegiatan. b.identifikasi dan perumusan arah pengelolaan dampak besar dan penting lingkungan hidup yang ditimbulkan. Evaluasi dampak yang bersifat holistik adalah telaahan secara totalitas terhadap beragam dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup dengan sumber usaha dan/atau kegiatan penyebab dampak.

58 Dalam menelaah dampak besar dan penting, harus mengacu pada hal-hal yang tertuang dalam dokumen kerangka acuan,antara lain sbb: a.Menguraikan secara singkat mengenai rencana usaha dan/atau kegiatan penyebab dampak, terutama komponen usaha dan/ atau kegiatan yang berkaitan langsung dengan dampak yang ditimbulkannya. b.Menguraikan secara singkat kondisi rona lingkungan hidup yang terkena dampak, terutama komponen lingkungan hidup yang langsung terkena dampak. c.Menguraikan secara singkat jenis-jenis kegiatan yang ada di sekitar rencan lokasi beserta dampak-dampak yang ditimbulkannya terhadap lingkungan hidup. d.Aspek-aspek yang diteliti sebagaimana yang dimaksud pada point a, b, dan c mengacu pada hasil pelingkupanyang tertuang dalam dokumen kerangka acuan untuk AMDAL.

59 E.PROSEDUR PELAKSANAAN PENGAMBILAN DATA AMDAL Metode yang digunakan untuk pengumpulan dan analisis data antara lain sbb: 1.Jenis data yang dikumpulkan, baik data primer maupun data sekunder yang dapat dipercaya yang diperoleh melalui metode. 2.Menguraikan secara jelas tentang metode pengumpulan data, metode analisis atau alat yang digunakan, serta lokasi pengumpulan data berbagai komponen lingkungan hidup yang diteliti terutama komponen lingkungan hidup yang langsung terkena dampak. 3.Pengumpulan data dan informasi untuk sosial ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, serta kesehatan masyarakat, menggunakan kombinasi dari tiga atau lebih data yang reliabilitasnya tinggi.

60 Contoh cara menganalisis dampak lingkungan yang mungkin timbul dari suatu kegiatan pembangunan. PENGUMPULAN DATA 1.Sosio ekonomi 2.Prod.pertanian/perkebu nan 3.Industri 4.prasarana PERAWATAN POTENSI WILAYAH 1.INDUSTRI 2.PERTANIAN 3.PARIWISATA 4.PEMUKIMAN Analisis kebutuhan infrastruktur Untuk menunjang pengembangan potensi wilayah Perawatan arus lalu lintas barang dan orang 1.Trip generation 2.Trip distrubution 3.Trip assigment Perhitungan transportation cost dgn prasarana yg ada Perkiraan biaya investasi infrastruktur yg dibutuhkan SKENARIO PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU STOP MASALAH A A INPUT NOMINAL INVESTASI + Qp + Mn USER COST BENEFIT EVALUASI EKONOMI FINANSIAL ANALISIS KELAYAKAN KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

61 F. FAKTOR-FAKTOR YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PELAKSANAAN AMDAL Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan AMDAL, antara lain sbb: 1.Fisik kimia Faktor-faktor yang termasuk ke dalam fisik kimia, meliputi iklim, kualitas udara, dan kebisingan, ruang, lahan dan tanah. a.iklim, kualitas udara, dan kebisingan faktor iklim, kualitas udara, dan kebisingan, meliputi: 1. Komponen iklim yang harus diketahui, antara lain tipe iklim, suhu(maksimum, minimum, dan rata-rata), kelembaban, curah hujan dan jumlah hujan, keadaan angin (arah dan kecepatan angin), dan intensitas radiasi matahari.

62 2. Data periodik bencana (siklus tahunan, lima tahunan, dsb), e sering terjadi misalnya angin ribut, banjir tahunan, dan banjir bandang di suatu wilayah. 3. data yang tersedia dari stasiun meteorologi dan geofisika yang mewakili wilayah. 4. pola iklim mikro, pola penyebaran bahan pencemar udara, baik secara umum maupun pada kondisi cuaca terburuk. 5. kualitas udara, baik pada sumber maupun pada daerah di sekitar wilayah. 6. sumber kebisingan dan getaran, tingkat kebisingan.

63 b. Fisiografi Faktor fisiografi, meliputi: 1.Topografi bentuk lahan (morfologi), struktur geologi, dan jenis tanah. 2.Indikator lingkungan hidup yang berhubungan dengan stabilitas geologis dan stabilitas tanah, terutama ditekankan bila terdapat gejala ketidakstabilan, dan harus diuraikan dgn jelas dan seksama (contoh: longsor, gempa, kegiatan-kegiatan vulkanis, dsb) 3.Keunikan, keistimewaan dan kerawanan bentuk lahan dan bantuan secara geologis.

64 c.hidrologi Faktor hidrologi, meliputi: 1.Karakteristik fisik sungai, danau, dan rawa 2.rata-rata debit dekade, bulanan, dan tahunan 3.Kadar sedimentasi(lumpur) dan tingkat erosi 4.Kondisi fisik daerah resapan air permukaan dan air tanah 5.potensi, dan kualitas air tanah (dangkal dan dalam) 6.Tingkat penyediaan dan kebutuhan atau pemanfaatan air untuk minum, mandi, dan cuci. 7. Tingkat penyediaan dan kebutuhan atau pemanfaatan air untuk keperluan lainnya, seperti pertanian, industri dll. 8. Kualitas fisik, kimia dan mikrobiologi air mengacu pada standar mutu dan parameter kualitas air yang terkait dengan limbah yang akan keluar. c.hidrologi Faktor hidrologi, meliputi: 1.Karakteristik fisik sungai, danau, dan rawa 2.rata-rata debit dekade, bulanan, dan tahunan 3.Kadar sedimentasi(lumpur) dan tingkat erosi 4.Kondisi fisik daerah resapan air permukaan dan air tanah 5.potensi, dan kualitas air tanah (dangkal dan dalam) 6.Tingkat penyediaan dan kebutuhan atau pemanfaatan air untuk minum, mandi, dan cuci. 7. Tingkat penyediaan dan kebutuhan atau pemanfaatan air untuk keperluan lainnya, seperti pertanian, industri dll. 8. Kualitas fisik, kimia dan mikrobiologi air mengacu pada standar mutu dan parameter kualitas air yang terkait dengan limbah yang akan keluar.

65 d.hidrooseanografi Faktor hidrooseanografi meliputi pola hidrodinamika kelautan, seperti pasang surut, arus dan gelombang dll

66 e. Ruang, lahan, dan tanah Faktor ruang, lahan, dan tanah, meliputi: 1.Inventarisasi tata guna lahan dan sumber daya lainnya pada saat rencana usaha atau kegiatan diajukan dan kemungkinan potensi pengembangannya pada masa datang. 2.Rencana pengembangan wilayah, rencana tata ruang, rencana tata guna tanah, dan sumber daya alam lainnya yg resmi atau belum resmi disusun oleh pemerintah setempat, baik tingkat kabupaten, propinsi, maupun nasional di wilayah studi rencana usaha atau kegiatan. 3.Kemungkinan adanya konflik atau pembatasan yang timbul antara rencana tata guna tanah dan sumber daya alam lainnya, yang sekarang berlaku dengan adanya pemilikan atau penentuan lokasi bagi rencana usaha atau kegiatan. 4.Inventarisasi estetika dan keindahan alam serta daerah rekreasi yang ada di wilayah studi rencana atau kegiatan. 2. Biologi Faktor biologi, meliputi flora dan fauna. a. Flora meliputi : 1. peta zona biogeoklimatik dari vegetasi yg meliputi tipe vegetasi, sifat-sifat, dan kerawanannya yg berada dalam wilayah studi rencana usaha. 2. jenis-jenis vegetasi dan ekosistem yg dilindungi undang-undang yg berada dlm wilayah studi rencana usaha. 3. Keunikan dari vegetasi dan ekosistemnya yang berada pada wilayah studi rencana usaha.

67 Pemanfaatan Energi Terdapat bermacam-macam bentuk energi Yaitu : Energi cahaya, energi panas, energi gerak, energi listrik dan energi kimia. 1.Energi cahaya adalah energi yang sangat kuat, misalnya sinar laser, sinar radioaktif. 2.Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam bahan bakar atau bahan makanan. Bila minyak bumi (bahan bakar) dibakar, energi kimia di dalam minyak bumi berubah menjadi energi panas dan energi cahaya. 3.Energi gerak adalah energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Angin adalah udara yang bergerak.

68 Arus Energi Sumber energi utama untuk semua makhluk hidup adalah matahari, tanpa matahari tidak ada kehidupan. Sinar matahari merupakan sumber energi dalam proses-proses alami yang terjadi dilingkungan hidup : 1.Sinar matahari membantu terjadinya proses fotosintesis, dimana karbon dioksida diserap oleh tanaman untuk pertumbuhannya. 2.Sinar matahari membuat suhu bumi sesuai untuk kehidupan tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia. 3.Sinar matahari menyebabkan terjadinya angin. Perbedaan panas/suhu di permukaan bumi karena sinar matahari mempengaruhi suhu dan tekanan udara di atmosfer, sehingga terjadi aliran udara dan angin. 4.Sinar matahari menyebabkan terjadinya siklus air.sinar matahari menyebabkan penguapan air yang terdapat di sungai, danau, dan laut.air menguap dan menjadi awan. Awan tersebut terbawa angin dan akhirnya jatuh sebagai hujan. 5.Sinar matahari menyediakan beberapa sumber lain seperti minyak bumi, batubara, tenaga air. 6.Semua fenomena di atas menggambarkan matahari sebagai sumber energi utama ekosistem.

69 Kebutuhan Energi Bagi Manusia Energi berupa makanan: bila kita makan akan mendapatkan energi yang tersimpan dalam makanan (mis.Nasi, sayur,daging).kebutuhan energi rata- rata setiap orang adalah berkisar antara kj per hari. Energi berupa cahaya kasat mata: cahaya matahari yang terlihat oleh mata (kasat mata) membantu manusia untuk berorientasi di lingkungan sekitarnya. Energi berupa panas: Sinar matahari membuat suhu di bumi sesuai untuk kehidupan, misalnya membantu manusia memfungsikan tubuh. Kesimpulan :Selain kebutuhan dasar energi tersebut, manusia juga perlu bentuk energi lain untuk kegiatan sehari-hari, misal. Energi listrik dan energi gerak yg diperlukan dalam menunjang kegiatan industri atau rumah tangga.

70 PEMANFAATAN ENERGI Pemanfaatan energi terdapat bermacam-macam bentuk energi Yaitu: Energi cahaya, energi panas, energi gerak, energi listrik, dan energi kimia. Contoh : 1.Energi Cahaya adalah energi yg sangat kuat. Misalnya sinar laser, sinar radioaktif. 2. Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam bahan bakar atau makanan. Misalnya minyak bumi (bahan bakar) dibakar, energin kimia di dalam minyak bumi berubah menjadi energi panas dan energi cahaya 3. Energi gerak adalah energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Misalnya angin yang dapat menumbangkan pohon dan energi angin dapat memutar kincir dan menggerakkan kapal layar. 4. Energi panas adalah adanya perubahan bentuk energi. Misalnya dari energi kimia sumbernya dari energi gas bumi atau kayu bakar menjadi energi panas atau sebuah bola lampu tidak hanya menghasilkan cahaya, melainkan panas. 5. Energi listrik adalah untuk mendapatkan energi listrik harus dilakukan perubahan bentuk energi yaitu energi gerak dari tenaga air menjadi energi listrik.

71 SUMBER ENERGI TERBARUI Sumber energi terbarui dapat digunakan tanpa batas waktu dan tidak akan pernah habis. Karena dapat dipulihkan dalam waktu yang cepat, misalnya tenaga air, panas bumi, dan sinar matahari langsung. Tenaga air adalah air yang mengalir dapat digunakan sebagai sumber energi guna mendapatkan energi gerak atau energi listrik (PLTA). Panas bumi adalah sumber energi yang berasal dari dalam perut bumi. Panas bumi dapat dimanfaatkan dalam bentuk uap panas yang langgsung dapat digunakan sebagai sumber energi misalnya untuk PLTP.

72 BIOMASSA Biomassa adalah keseluruhan makhluk hidup atau mati. Misalnya tumbuh-tumbuhan, binatang, mikroorganisme, dan bahan organik (termasuk sampah organik). Unsur utama dari biomassa adlh bermacam- macam zat kimia (molekul) yang sebagian besar mengandung atom karbon (C), bila membakar biomassa karbon tersebut dilepaskan ke udara dalam bentuk karbon dioksida (CO2).

73 Biomassa dapat digunakan untuk: Makanan ternak Bahan bakar Biogas Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses pembusukan bahan-bahan organik. Misalnya sampah organik, kotoran hewan oleh mikroorganisme. Unsur utama dari biogas adalah gas metana (CH4) dan sisanya antara lain karbon dioksida (CO2),nitrogen dioksida (NO2) dan sulfur dioksida (SO2)..Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme..Tenaga angin dapat dimanfaatkan misalnya untuk mendorong kapal layar, menggerakkan mesin, atau menghasilkan energi listrik (kincir angin).

74 SOAL ULANGAN HARIAN IPA 3. Jelaskan kebutuhan energi bagi manusia ?

75 SUMBER ENERGI TAK TERBARUI Keberadaan sumber energi tak terbarui sangat terbatas, karena proses pembentukannya memerlukan waktu sangat panjang yaitu mencapai jutaan tahun. Proses pembentukannya berjalan sangat lama dibandingkan dengan eksploitasinya, sehingga sumber energi tersebut dapat habis.

76 Bahan Bakar Fosil: Bahan bakar Fosil berupa minyak bumi, gas bumi, dan batu bara yang selama jutaan tahun terbentuk dan tersimpan di dalam bumi, yang berasal dari mikroorganisme, tumbuh-tumbuhan dan binatang yang mati jutaan tahun silam. Proses pembentukan sumber energi fosil memerlukan tekanan dan suhu tinggi yang terdapat di dalam bumi.

77 Minyak Bumi Minyak bumi adalah cairan yang berwarna hitam yanng merupakan campuran bermacam-macam jenis molekul hidrogen- karbon, sehingga bila di bakar akan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) dan air (H2O). Minyak bumi terdapat di bawah permukaan bumi pada kedalaman m. Untuk itu minyak mentah ini harus di pompa kemudian dialirkan ke instalasi penyulingan minyak guna di proses untuk mendapatkan bermacam- macam jenis bahan bakar minyak (misalnya bensin, solar, dan minyak tanah).

78 GAS BUMI Proses pembentukan minyak bumi selalu diikuti oleh pembentukan gas bumi. Gas bumi terdiri dari gas metana (CH4) yaitu sebesar 75-95% dan sedikit karbon dioksida (CO2) serta belerang. Gas bumi digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan bahan bakar gas(LPG). BATU BARA Batu bara berasal dari tumbuh-tumbuhan, binatang, dan mikroorganisme yang mati jutaan tahun lalu.setelah melalui proses alami yang sangat lama disertai pengaruh panas dan gesekan bumi, kemudian membentuk lapisan-lapisan tebal dan tertimbun di dalam tanah, maka terbentuklah batu bara. URANIUM Sumber energi tak terbarui selain bahan bakar fosil adalah bahan bakar nuklir.uranium juga terdapat di dalam tanah, dan untuk mengeksploitasi harus dilakukan penambangan.

79 BATU BARA Proses terbentuknya batu bara mirip dengan proses terbentuknya sumber energi fosil la- innya seperti gas bumi dan minyak bumi. Setelah melalui proses alami yang sangat lama disertai pengaruh panas dan gesekan bumi, kemudian membentuk lapisan-lapisan tebal dan tertimbun di dalam tanah, maka terbentuklah batu bara.

80 SOAL ULANGAN HARIAN IPA 1. Apa yg dimaksud dengan Rantai Makanan ?


Download ppt "EKOSISTEM Ekosistem adalah Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya serta hubungan antar makhluk hidup. Ekosistem adalah Satu sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google