Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPONEN KOMPUTER Pertemuan 9 Hardware (Perangkat Keras)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPONEN KOMPUTER Pertemuan 9 Hardware (Perangkat Keras)"— Transcript presentasi:

1 KOMPONEN KOMPUTER Pertemuan 9 Hardware (Perangkat Keras)

2 1.Hardware 2.Software 3.Brainware Komponen Komputer

3 Alat-alat computer yang dapat dilihat dan disentuh disebut perangkat keras ( hardware ), perangkat keras dibagi menjadi tiga bagian yaitu masukan ( input ), proses ( processing ) dan keluaran ( output ). Pembagian tersebut didasarkan pada cara kerja komputer dalam mengolah data.

4 1. Keyboard – Keyboard ( papan tombol ) merupakan alat masukan yang paling utama dan banyak digunakan. Keyboard terdiri atas kumpulan tombol-tombol huruf, angka, tanda baca, dan beberapa karakter lain yang mempunyai arti khusus untuk aplikasi tertentu. Keyboard yang ada selama ini terdiri dari dua jenis, yaitu jenis QWERTY dan jenis DVORAK Alat masukan ( input ) dari perangkat keras ( hardware ) antara lain :

5 2. Pointing Device – Untuk menggerakkan posisi kursor di layer, kita dapat menggunakan alat penunjuk ( pointing device ), dengan menggunakan alat ini menjadi lebih mudah menggerakkan posisi kursor dibandingkan dengan menggunakan keyboard.

6 Adapun alat-alat dari pointing device ini antara lain : – Mouse – Touch Pad ( papan sentuh ) dan pointing stick ( tongkat penunjuk ) – Touch screen (layer sentuh – Light pen – Digitizer Graphics tablet – Joystick

7 3. Scanner – Scanner awalnya dibuat hanya untuk memasukkan contoh ( sample ) dari suatu penelitian pada selembar kertas dan menjalankan operasi berdasarkan nilai yang diterimanya. – Selain scanner jenis tersebut, ada jenis lain yaitu barcode reader. Berfungsi membaca label data barang yang dicetak dalam bentuk kode batang. Kasir di swalayan, department store, dan mall biasa menggunakannya.

8 4. Sensor – Alat yang digunakan dengan menggunakan sinyal-sinyal yang telah ditentukan. Alat ini merupakan alat yang masih baru dan pengembangan dari teknologi masa kini. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, dibuatlah Data Censor dan banyak orang yang belum mengenal alat ini walaupun mereka bekerja dengan menggunakan computer, karena alat ini memang masih sangat baru.

9 5. Kamera – Kamera digunakan untuk mengambil objek gambar yang diam dan merekamnya. Kemajuan teknologi telah membawa manusia kearah yang lebih praktis dan mudah cara pengunaannya.

10 6. Magnetic Ink Character Reader ( MICR ) – Alat untuk mendeteksi tulisan pada kertas khusus yang ditulis dengan menggunakan tinta magnet. Alat ini dibuat dengan maksud sebagai pengaman atas surat atau dokumen beharga agar – dokumen tersebut sukar untuk dipalsukan. MICR biasanya digunakan di bank-bank, baik swasta maupun pemerintah, yaitu untuk suatu surat resmi dari pihak bank kepada pelanggannya. MICR hanya dapat membaca karakter – karakter yang dituliskan hanya dengan tinta magnet.

11 Alat ini menggunakan teknologi yang disebut MICR ( Magnetic Ink Character Recognetion ), yaitu teknologi yang berfungsi sebagai mesin pengenal karakter tercetak dengan tinta magnet

12 7. Optical Character Reader (OCR) – Alat yang digunakan untuk menginterpretasikan dokumen sumber baik dengan printer maupun dengan pensil yang mempunyai sifat khusus. OCR menggunakan cara penyinaran pada lembar kertas yang telah dicetak dengan menggunakan printer atau pensil yang bersifat khusus, misalnya pensil 2B. OCR dapat diandalkan ketelitiannya, yaitu bila data yang dicetak pada kertas mengalami kesalahan maka data tersebut tidak akan diproses.

13 Optical Mark Recognition ( OMR ) Reader – Alat yang digunakan untuk penelitian hasil test. Jawaban test diberikan pada selembar kertas yang dinamakan mark sense form dengan cara menandai bagian jawaban yang benar dengan pensil berwarna hitam pekat. Alat ini sangat baik untuk penanganan masalah yang berhubungan dengan soal-soal. Alat ini sangat cepat kerjanya, sehingga untuk memeriksa jawaban yang banyak hanya membutuhkan waktu beberapa menit sampai hitungan jam saja.

14 Video – Alat yang digunakan untuk mengambil objek gambar bergerak. Peralatan video ini merupakan pengembangan dari video yang telah dikenal selama ini yaitu handycam.Peralatan ini sangat berguna bila anda bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan dunia hiburan atau entertainment.

15 10. Bar Code Scanner – Alat yang digunakan untuk membaca bar code. Alat ini banyak digunakan di tempat-tempat pembelanjaan, contohnya supermarket. Bar code scanner sangat efektif penggunaannya karena dengan alat ini setiap belanjaan dapat dibaca datanya, seperti nama barang dan harga dengan cepat, dibandingkan dengan pengetikan dengan tangan.

16 11. Speech Recognetion Unit – Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer dengan cara memasukkan suara melalaui microfon 9 mic ) yang dihubungkan dengan unit pengeras suara.

17 CPU – CPU juga disebut processor. Alat ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit ) serta unit aritmatika dan logika disingkat ALU. Kemampuan processor diukur berdasarkan kecapatannya dalam pemrosesan perintah dan data yang dinyatakan dalam satuan megahertz ( MHz ) atau gigahertz ( GHz ). Alat-alat Pemroses Komputer :

18 Fungsi dari CPU terbagi menjadi : – Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program. – ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan. – Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer

19 a. Unit Kendali – Bagian ini berfungsi mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali mengatur kapan alat masukan menerima data, kapan data diolah, dan kapan hasil pemrosesan ditampilkan pada keluaran.

20 Program Counter Address Register InstructionAddresss Decoder Command Instruction Register Skema Control Unit

21 Cara kerja control unit yaitu : pertama intruksi dari program masuk ke dalam instruction register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan alamat intruksi sebelumnya untuk dikerjakan / dilaksanakan melalui unit control. Dalam Instruction register, intruksi program tersebut dibagi dua bagian, yaitu intruksi yang berisi address (bagian intruksi yang berisi alamat dari data yang akan di proses) dan instruksi yang berisi command (bagian dari intruksi yang berisi perintah).

22 Instruksi yang berkenaan dengan command akan dikirim ke bagian decoder (alat yang digunakan untuk pengkodean kembali atau suatu alat yang digunakan untuk mengubah unsur-unsur yang memilih signal mana menjadi output dari kombinasi-kombinasi signal input) dan yang berkenaan dengan address akan dikirm ke address register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan atau melakukan variasi address).

23 Dalam decoder command tersebut ditafsirkan untuk menentukan bagian-bagian yang harus bekerja. Pada saat bersamaan dalam address register akan mencari alamat data yang akan diproses. Setelah alamat data tersebut diproses, lalu dikirimkan instruksi tersebut ke dalam program conter ( register digunakan untuk mengisi address dari instruksi berikutnya untuk dilaksanakan.

24 Pelaksanaan sebuah intruksi pada sebuah komputer terbagi dua siklus kegiatan yaitu : a. Instruction Cycle – Instruction Cycle adalah pengambilan dan penafsiran intruksi dari dalam memory dan akan mengirimkan intruksi tersebut ke-control unit untuk melaksanakan. b. Execution Cycle – Execution Cycle adalah pelaksanaan instruksi dengan cara selalu menganti isi pada program conter dengan intruksi selanjutnya.

25 Unit aritmatika dan logika – Tugas utama dari unit aritmatika dan logika adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika sesuai dengan perintah program. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan perintah program.

26 Adapun BUS yang dikenal dibedakan menjadi tiga fungsi, yaitu : Control BUS Jalur satu arah dari control unit untuk tujuan timing dan cotrolling. Address BUS Jalur satu arah untuk tujuan untuk menemukan alamat dalam memori yang berisi data dan intruksi. Data BUS Jalur dua arah untuk tujuan melalui mana data mencapai tujuannya.

27 Main Memory Main memory dapat dibayangkan sebagai kumpulan kotak. Setiap kotak dapat menyimpan informasi, baik berupa data maupun instruksi. Ukuran dari main memory ditujukan oleh kilobyte (KB), megabyte (MB), dan gigabyte (GB). Main memory terdiri dari atas RAM dan ROM.

28 Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian antara lain : – Input Storage ( penyimpanan data masukan ), digunakan untuk menampung data yang dimasukkan lewat alat masukan. – Program Storage ( penyimpanan data intruksi program ), digunakan untuk menyimpan semua intruksi program yang akan diproses.

29 – Working Storage ( penyimpanan data sebelum dan setelah diproses ), digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan. – Output Storage ( penyimpanan hasil akhir ), digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan.

30 Macam-macam RAM antara lain yaitu : SRAM ( Static RAM ) DRAM ( Dinamic RAM ) NVRAM FRAM ( ferroelectric RAM )

31 Macam-macam ROM antara lain yaitu : PROM ( Programmable ROM ) EPROM ( Erasable Programmable ROM ) EEPROM ( Electrically Erasable Programmable ROM )

32 alat-alat keluaran computer antara lain : Hard Copy Device – Printer – Plotter Soft Copy Device – Monitor – Speaker – Proyektor – Microform Drive Device Floppy Disk CDROM, CD-R, CD-RW, DVDROM, DVD-R dan DVD-RW Harddisk Flashdisk Modem ( Modulator Demodulator ) Ethernet PCMCIA Hub Swicth Print server Input / Output Card ( I/O Card )

33 Tahukah Kamu ? Satu byte adalah memori yang cukup untuk menyimpan sebuah huruf atau lambing. Sebuah computer dengan memori 64 kilobyte ( 64 KB) dapat memuat huruf atau lambing.

34 SELESAI

35 Latihan Lagii...???? – Tuliskan alat-alat yang termasuk alat masukan, pemroses, dan keluaran ? – Apakah perbedaan dari RAM dan ROM ? – Kerjakan soal pada kertas selembar dengan tulis tangan


Download ppt "KOMPONEN KOMPUTER Pertemuan 9 Hardware (Perangkat Keras)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google