Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendekatan Dalam Penelitian Sosial MPS I. Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Ontologi Epistemologi Hakekat Dasar Manusia Aksiologi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendekatan Dalam Penelitian Sosial MPS I. Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Ontologi Epistemologi Hakekat Dasar Manusia Aksiologi."— Transcript presentasi:

1 Pendekatan Dalam Penelitian Sosial MPS I

2 Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Ontologi Epistemologi Hakekat Dasar Manusia Aksiologi

3 Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Ontologi: hakekat dasar dari realita sosial Epistemologi: hakekat dasar ilmu pengetahuan Hakekat Dasar Manusia: objek atau subjek Aksilogi: tujuan dilaukannya penelitian.

4 Ontologi Pendekatan Kuantitatif: sesuatu adalah nyata, sehingga bisa diterima oleh panca indera manusia. Pendekatan Kualitatif: sesuatu adalah tidak nyata, sehingga tidak bisa diterima oleh panca indera manusia.

5 Epistemologi Pendekatan Kuantitatif: sesuatu itu nyata dan berada di luar diri manusia, maka sesuatu itu bisa dipelajari Pendekatan Kualitatif: sesuatu itu tidak nyata dan berada di dalam diri manusia, maka sesuatu itu tidak bisa dipelajari

6 Hakekat Dasar Manusia Pendekatan Kuantitatif: manusia merupakan obyek yang dipengaruhi oleh lingkungannya. Pendekatan Kualitatif: manusia merupakan subyek yang mempengaruhi lingkungannya.

7 Aksiologi Pendekatan Kuantitatif: tujuannya mencoba menjelaskan sesuatu gejala, serta menemukan suatu hukum yang universal Pendekatan Kualitatif: tujuannya mencoba menemukan pemahaman akan interpretasi atau makna terhadap suatu gejala. Pemahaman/ makna yang diberikab oleh individu yang dipengaruhi oleh nilai-nilainya.

8 JENIS-JENIS PENELITIAN: BERDASARKAN JENIS DATA ASPEKPENDEKATAN KuantitatifKualitatif Struktur & standardisasiTinggiRendah Fleksibilitas dalam rancangan penelitianRendahTinggi Proses pekerjaan/penelitianTerutama deduktifSering induktif Asumsi tentang hubungan dasar di dunia nyata & kemungkinan untuk mengubah hubungan Ada kemungkinan mengidentifikasi hubungan yang stabil antarvariabel. Pelaku dapat menganggap kestabilan sebagai penghalang perubahan. Belum tentu hubungan stabil karena ada interaksi dinamis dan bertimbal balik antarpelaku. Realitas sosial adalah buatan manusia yang dapat mereka ubah. Isi penelitianPandangan terfragmen atau berurutan sesuai dengan hubungan sebab-akibat: variabel sebagian dilihat dari tafsiran peneliti Holistik, terutama dilihat dari tafsiran responden Peran responden (R)R adalah proyek untuk P dalam hubungan “Saya-Benda” R adalah subyek untuk P dalam hubungan “Anda-Saya” Peran peneliti (P) P adalah pengamat jarak jauh/analis, mungkin sekaligus “manipulator jarak jauh” P adalah pelaku dan pengamat sebagai action researcher atau “konsultan interaktif” Bentuk laporanPengujian dengan alat analisis, tabel, angka, diagram Prosa, citra, metafora, gambaran data seperti wawancara dan pengamatan terstruktur Alokasi waktuSebagian besar untuk formulasi, kurang untuk pengumpulan & analisis Kurang untuk formulasi, sebagian besar untuk pengumpulan & analisis


Download ppt "Pendekatan Dalam Penelitian Sosial MPS I. Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Ontologi Epistemologi Hakekat Dasar Manusia Aksiologi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google