Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI E-HEALTH. OBJECTIVES Membangun sistem informasi untuk mempermudah exchange document dan document management Membangun SI untuk penyebaran informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI E-HEALTH. OBJECTIVES Membangun sistem informasi untuk mempermudah exchange document dan document management Membangun SI untuk penyebaran informasi."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI E-HEALTH

2 OBJECTIVES Membangun sistem informasi untuk mempermudah exchange document dan document management Membangun SI untuk penyebaran informasi kesehatan yang menunjang manajemen knowledge. Mempercepat penyebaran informasi internal manajemen dan informasi kesehatan masyarakat untuk membantu mempercepat pengambilan keputusan dan perbaikan sistem

3 Organizations as Systems How does a change in one affect the others? The System View

4 ORGANIZATION STRUCTURE KEPALA PUSKESMAS : –KOORDINASI IMPLEMENTASI KESELURUHAN SISTEM : ENFORCEMENT AND CHANGE MANAGEMENT –CONTROL THE IMPLEMENTATION OF THE WHOLE SYSTEMS –INITIATOR OF BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT –CONTROL REWARD AND PUNISHMENT

5 ORGANIZATION STRUCTURE.. Penentuan pusat-pusat tanggung jawab: –Information Systems Maintenance (H/W, S/W, Jaringan, database) –Sumber-sumber Data: Pendaftaran Pelayanan Rawat Jalan dan Rawat Inap Penunjang Pustu / Pusling Rekam Medi dan Obat –Sumber-Sumber Dana Rutin Fee-fee lain yang berkaitan dengan data updating

6 ORGANIZATION STRUCTURE.. Mengelola Resistensi terhadap Perubahan –Komunikasi –Partisipasi –Fasilitasi –Negosiasi –Manipulasi –Paksa (Kotter,J.P. & Schlesinger, L.A.(1979),”Choosing Strategies for Change”, Harvard Business Review, hlm )

7 BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT Bersedia untuk melakukan change management. Ada perbaikan proses mempengaruhi budaya kerja Berawal dari business process yang paling berdampak langsung key success factor Perbaikan bertahap dan berkesinambungan (continuous improvement) Didukung oleh semua level manajemen Penetapan SOP untuk Troubleshooting dan Systems Maintenance

8 PEOPLE Users : (Assignment) –Executives : retrieve information –Transaction Process : operator data entry (operator) –Administrator The Whole Systems

9 Teknologi Informasi Data Management –Hak Akses Data dan Informasi Network Managements Security Management –Spyware –Virus –User Management

10 Implementation Phase – Installation Parallel Strategy Cut Over Strategy Pashing Strategy Pilot Strategy

11 Remarks… Teknologi informasi saja Bukan solusi Teknologi Informasi dan Komitmen Bersama : Solusi –Percaya  Komitmen  Melihat (Masyarakat Altruistik) –Meihat  Komitmen  Percaya (Masyarakat Selfish) To remain Young, one must change (alexander Chase) A leader takes people where they want to go. A great leader takes people where the do not necessarily want to go but ought to be (Rosalynn Carter) Change is the law of life (John F. Kennedy)

12 remarks Bagi pemimpin yang tulen, perubahan itu suatu peluang sekaligus ancaman. Kalau peluang itu tidak diambil maka pangsanya akan diambil pesaing sehingga kita hanya memiliki ancaman. (Robby Johan)

13

14  Untuk Pertama kali Login dalam aplikasi E-HEALTH ini akan diminta untuk memasukkan Username dan Password.

15  Klik Pada Pendaftaran, kemudian isikan username dan pasword maka akan muncul tampilan seperti diatas. PETUNJUK OPERASIONAL PETUGAS PENDAFTARAN 1/7

16  Pendaftaran Pasien Baru dan Pasien Lama (pernah berkunjung) PETUNJUK OPERASIONAL PETUGAS PENDAFTARAN 1/7

17  Hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian form pendaftaran dan wajib di isi adalah: Nama Pasien, Jenis Kelamin, Umur, Alamat, Pelayanan yang dituju dan juga Dokter yang memeriksa.  Selain itu form isian yang penting untuk diisi adalah: Status Pasien karena hal ini berkaitan dengan tarif tindakan yang akan dikenakan terhadap pasien tersebut berdasarkan statusnya, Agama, Status Perkawinan, Pendidikan, Pekerjaan dan juga Kalurahan karena hal- hal diatas diperlukan dalam laporan sesuai dengan isian form tersebut (filter berdasarkan isian form tersebut).  Untuk NOMER CM/MR dapat diisi sendiri atau secara otomatis akan terisi oleh sistem urut dari no CM/MR terbesar yang pernah dibuat.  Untuk menambah pasien yang baru tidak perlu keluar dari form Pendaftaran ini tetapi cukup dengan menekan menu Tambah Pasien, kemudian klik menu Cari Pasien untuk pasien yang pernah terdaftar atau langsung isikan isian form pendaftaran untuk jenis Pasien Baru.

18  Baca SmartCard: adalah menu yang disediakan untuk membaca isian dari smartcard dan merubah isian smartcard tersebut kecuali no. Registrasinya..: SMARTCARD

19 Cek Data: adalah menu untuk membaca smartcard yang telah tersinkronisasi dan tersimpan didatabase (pasien lama) dan tinggal menambahkan kunjungannnya saja.

20 Reset SmartCard: adalah menu untuk menghapus semua isian (mengosongi) smartcard.

21 Copy ke SmartCard: adalah menu untuk mengCopykan isian biodata dari database ke smartcard dan sebaliknya.

22  SinKronisasi RM: adalah menu untuk mensinkronkan (membuat sama) catatan RM yang baru saja diisikan (diperiksa) diRM database kedalam SmartCard.

23  Klik pada menu Pelayanan dan Pilih salah satu pelayanan. Ex: Bp. Umum. Klik pada Tindakan, panggil pasien yang akan diperiksa dan klik pada rekam medik untuk memberikan diagnosa.

24  Kemudian setelah diberikan pemeriksaan fisik, tindakan dan obat klik pada menu SmartCard, Selanjutnya Copy data ke SmartCard.

25 Cara merujuk pasien ke Poli Penunjang atau ke Unit Lain dengan cara klik pada menu kunjungan kemudian klik menu tambah selanjutnya isikan pelayanan yang dituju dan Tindak Lanjut Rujukkan.

26  Pada menu penunjang terdapat beberapa pilihan yaitu Laborat, Fisioterapi, Radiologi, Gizi, Rehabilitasi. Pilih salah satu pada pilihan tersebut. Ex: Laborat.

27  Kemudian klik pada menu tambah, berikan tindakan dan klik pada pemeriksaan untuk memberikan nilai normal dan hasil pemeriksaannya.

28  Klik pada menu Farmasi trus pilih Manajemen Penjualan Obat kemudian pilih pasien dan ambil resep yang telah dibuat dari menu Pelayanan tadi.

29  Yang perlu diperhatikan didalam menu ini adalah jumlah obat yang diberikan dan juga aturan minumnya.

30 Klik pada menu Billing System kemudian pilih pasien dan ambil resep yang telah dibuat dari menu Pelayanan tadi.

31  Klik pada menu Cetak maka akan keluar info tagihan yang dapat dicetak dan diberikan kepada pasien yang bersangkutan.

32 Transaksi pada menu PUSTU, PUSLING dan POSYANDU pada prinsipnya sama dengan transaksi umumnya, dimulai dengan Pendaftaran Pasien, Pemberian Diagnosa, Anamnase dan Obat.

33  Informasi Eksekutif berisi tentang Laporan-laporan transaksional yang telah dilakukan sebelumnya.

34 Klik pada menu LB1 maka akan keluar form laporan berdasarkan tanggal atau bulan seperti diatas. Laporan diatas dapat langsung dicetak atau dapat juga diunduh dalam format excel.

35  Jika diklik pada menu LB2 maka akan terlihat transaksi LPLPO selama dilakukan transaksi.

36  Setelah mengisikan untuk Entri LB3 dari Manajeman Data maka laporan LB3 dapat di lihat pada menu LB3 di info eksekutif.

37 Seperti pada laporan LB3, LB4 dapat dilihat pada menu LB4.

38 Laporan Ketenagaan dapat di akses dengan meng-Klik menu Laporan Ketenagaan.

39 Berisikan Laporan-laporan yang menyajikan data TOP-X.

40 Jika Kita Klik pada salah satu menu Laporan Top-X diatas maka akan tampil Laporan-Laporan yang juga disajikan dalam bentuk Grafik.

41 Jika kita klik top x Obat pada laporan top x, maka akan muncul Laporan penggunaan obat terbanyak

42 Jika kita klik top x Tindakan pada laporan top x, maka akan muncul Laporan penggunaan Tindakan terbanyak

43 Jika kita klik top x Imunisasi pada laporan top x, maka akan muncul Laporan penggunaan Imunisasi terbanyak

44 Jika kita klik top x Keluarga Berencana pada laporan top x, maka akan muncul Laporan penggunaan KB terbanyak

45 Klik Pada menu Infoeksekutif Kasir/Billing dan akan keluar Laporan mengenai Informasi Billing berdasarkan Pendapatan Harian, Status, Jenis, dan Laporan Rinci.

46 Klik Lap Pendapatan Harian pada Informasi Billing akan muncul Laporan Pendapatan Harian

47 Klik Lap Pendapatan Per Status pada Informasi Billing akan muncul Laporan Per Status

48 Klik Lap Pendapatan Jenis pada Informasi Billing akan muncul Laporan Jenis secara Rekap maupun Detail

49 Klik Lap Pendapatan Rinci pada Informasi Billing akan muncul Laporan Rinci

50 Klik pada menu Info Eksekutif kemudian klik pada Laporan Kunjungan maka akan keluar Laporan Kunjungan Seperti diatas.

51 Klik Laporan Kunjungan akan muncul Laporan dan Grafik Kunjungan

52 Klik Laporan Registrasi Kunjungan Rawat Jalan pada Kunjungan akan muncul Laporan Registrasi Kunjungan Rawat Jalan

53 Klik Laporan Kunjungan Baru/Lama pada Laporan Kunjungan akan muncul Laporan maupun Grafiknya

54

55 Klik Laporan Kunjungan Berdasarkan Status Pasien pada Laporan Kunjungan akan muncul Laporan maupun Grafiknya

56 Klik Laporan Kunjungan Berdasarkan Umur pada Laporan Kunjungan akan muncul Laporan maupun Grafiknya

57 Klik pada menu Info Eksekutif kemudian klik pada Laporan Penyakit maka akan keluar Laporan Penyakit Seperti diatas.

58 Klik Grafik Distribusi Penyakit Per Bulan pada Laporan Seputar penyakit akan muncul grafik penyakit per hari

59 Klik Grafik Distribusi Penyakit Per Tahun pada Laporan Seputar penyakit akan muncul grafik penyakit per bulan

60 Klik pada menu Info Eksekutif kemudian klik pada Laporan Farmasi maka akan keluar Laporan Kegiatan Farmasi Seperti diatas.

61 Klik Rekap Dokter Obat pada Laporan Farmasi akan muncul Laporan Rekap maupun Detail

62 Klik Rekap Pemakaian Obat pada Laporan Farmasi akan muncul Laporan Rekap Pemakaian obat

63 Klik pada menu Info Eksekutif kemudian klik pada Laporan SPM maka akan keluar Laporan SPM.

64 Pada menu Parameter ini berisi tentang pengaturan- pengaturan untuk aplikasi e-health yang digunakan.

65 Menu Manajemen Data berisi form pemasukkan data LB3, LB4, SPM dan Prosedur backup-restore database aplikasi e-Health.


Download ppt "APLIKASI E-HEALTH. OBJECTIVES Membangun sistem informasi untuk mempermudah exchange document dan document management Membangun SI untuk penyebaran informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google