Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARTI PENTING BALITBANGDA DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBANGUNAN DI PROVINSI GORONTALO Ir. FADEL MUHAMMAD GUBERNUR GORONTALO Rakornas Penelitian dan Pengembangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARTI PENTING BALITBANGDA DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBANGUNAN DI PROVINSI GORONTALO Ir. FADEL MUHAMMAD GUBERNUR GORONTALO Rakornas Penelitian dan Pengembangan."— Transcript presentasi:

1

2 ARTI PENTING BALITBANGDA DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBANGUNAN DI PROVINSI GORONTALO Ir. FADEL MUHAMMAD GUBERNUR GORONTALO Rakornas Penelitian dan Pengembangan Medan, September 2004 OLEH :

3 PETA PROVINSI GORONTALO

4 Otonomi daerah, PEMDA memiliki KEWENANGAN yang luas untuk menentukan kebijakan pembangunan Terbatasnya SUMBERDAYA ALAM Terbatasnya Kualitas Sumberdaya Manusia PENDAHULUAN

5 KONDISI UMUM WILAYAH PROVINSI GORONTALO Jumlah Penduduk tahun 2003 = jiwa. Dengan laju pertumbuhan rata-rata sebesar 2,16 %. Lapangan Kerja sektor Pertanian sebesar 56,24 % Laju Pertumbuhan ekonomi tahun 2003 = 6,85 %. Sektor dominan pemberi kontribusi terbesar pada PDRB adalah Pertanian sebesar 37,82 %. Pengembangan infrastruktur : Bandara Jalaludin, Pelabuhan Angrek, Jalan Agropolitan dll. Sumber : BPS Provinsi Gorontalo, 2004

6 PROSENTASE LAPANGAN PEKERJAAN DI PROVINSI GORONTALO TAHUN 2003

7 PROSENTASE SEKTOR DOMINAN PEMBERI KONTRIBUSI PDRB

8 1.Menetapkan “ FOKUS” Prioritas Pembangunan Daerah 2.Kebijakan Pembangunan Berdasarkan PENELITIAN/KEBIJAKAN 3.Implementasi “ PEMERINTAH WIRAUSAHA” APA YANG HARUS DILAKUKAN OLEH PEMDA

9 FOKUS PEMBANGUNAN PROVINSI GORONTALO “ 3 (Tiga) Program Unggulan : 1.Peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia 2.Agropolitan berbasis “JAGUNG” 3.Etalase Perikanan

10 ARTI PENTING BALITBANGDA Pembinaan dan Koordinasi dalam perumusan kebijakan penelitian dan pengembangan. Pelaksanaan dan pengkoodinasian penelitian dan Pengembangan untuk PERENCANAAN dan Pelaksanaan Pembangunan daerah. Sebagai “POLICY RESEARCH”, Pusat penggodokan informasi yang valid bagi perumusan kebijakan Publik. Sebagai “LOKOMOTIF INOVASI” dalam penyelenggaraan kewenangan daerah dalam menghasilkan “INOVASI BARU” contoh : Pengembangan jagung dari “Individual Farming” menjadi “Coorporate Farming”

11 PERMASALAHAN DALAM PENINGKATAN PERAN BALITBANGDA 1.ASPEK KELEMBAGAAN - 1.ASPEK KELEMBAGAAN -Dukungan Peraturan baik pada level makro (pusat) dan daerah. 2.ASPEK PERSONIL ATAU SDM - 2.ASPEK PERSONIL ATAU SDM -Masih minimnya ketersediaan tenaga fungsional peneliti didaerah. 3.ASPEK PROGRAM DAN PEMBIAYAAN - 3.ASPEK PROGRAM DAN PEMBIAYAAN - Penyediaan anggaran Litbang masih kurang Proporsional (dibawah 1 % dari APBD). - -Masih terdapatnya “DUPLIKASI” Program Penelitian yang dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah daerah.

12 STRATEGI PENINGKTATAN PERAN BALITBANG DALAM PEMBANGUNAN DAERAH 1.Penguatan peran dan fungsi Balitbangda sebagai “satu pintu” pelaksanaan penelitian, pengembangan didarah. 2.Dukungan politis eksekutif dan legislatif tentang pentingnya “keberadaan Balitbang” dan dukungan “PEMBIAYAAN”. 3.Fasilitasi kebijakan yang memberi kemudahan dan efisiensi terhadap penyediaan tenaga fungsional peneliti didaerah. 4.Membangun sinergi, interkoneksitas, jejaring kerja dan kemitraan dengan lembaga-lembaga litbang.

13 KESIMPULAN 1.BALITBANGDA merupakan unit terdepan didaerah untuk melakukan kajian-kajian IPTEK yang relevan dengan kondisi daerah. 2.BALITBANGDA memiliki peran sebagai komponen satrategis dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan didaerah.

14


Download ppt "ARTI PENTING BALITBANGDA DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBANGUNAN DI PROVINSI GORONTALO Ir. FADEL MUHAMMAD GUBERNUR GORONTALO Rakornas Penelitian dan Pengembangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google