Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Prof. Urip Santoso. Tugas Pokok DRD Memberikan masukan kepada Pemda untuk menyusun arah, prioritas, serta kerangka kebijakan Pemda di bdang iptek.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Prof. Urip Santoso. Tugas Pokok DRD Memberikan masukan kepada Pemda untuk menyusun arah, prioritas, serta kerangka kebijakan Pemda di bdang iptek."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Prof. Urip Santoso

2 Tugas Pokok DRD Memberikan masukan kepada Pemda untuk menyusun arah, prioritas, serta kerangka kebijakan Pemda di bdang iptek. Mendukung Pemda melakukan koordinasi di bidang iptek dengan daerah-daerah lain. Sebagai mediator antar stakeholders di bidang iptek.

3 Kegiatan DRD Menyusun Kebijakan Strategis Pembangunan Daerah. Menyusun Agenda Riset Daerah. Pemetaan Kegiatan Riset di Provinsi Bengkulu. Memberikan opini atas suatu isu di Provinsi Bengkulu. Evaluasi proposal dan kegiatan riset di Provinsi Bengkulu. Melakukan koordinasi dengan institusi terkait di bidang iptek. Mengevaluasi pelaksanaan kebijakan iptek.

4 Tujuan Temu Silaturahmi Masukkan strategis bagi optimalisasi tugas pokok dan fungsi Dewan Riset Daerah. Masukkan untuk penyusunan Agenda Riset Daerah Masukkan pembangunan ekonomi berbasis unggulan daerah. Pengembangan Sistem Inovasi Daerah (SIDa). Assessment isu-isu prioritas yang mendesak yang harus segera dipecahkan.

5 Peningkatan Kualitas Layanan DRD Sosialisasi DRD ke seluruh stakeholders perlu diintensifkan. Sosialisasi dapat dilakukan melali media massa (internet, TV, Koran dan radio), kunjungan langsung ke stakeholders atau media lainnya. Perlu dikembangkannya koordinasi yang intensif antara DRD dengan instansi terkait, dan dengan DRN. DRD perlu studi banding ke DRD yang telah berhasil, yaitu DRD Sumatera Selatan dan DRD Jawa Tengah.

6 Peningkatan Layanan Kualitas DRD DRD harus melakukan rapat koordinasi secara rutin, paling sedikit satu bulan satu kali. Perlu dikembangkan upaya sinergi yang konsisten antara Pemda, lembaga riset, perguruan tinggi, industryidan masyarakat. Perlu dilakukan pemetaan riset di Provinsi Bengkulu, sehingga bisa dibuat Agenda Riset Daerah yang sesuai dengan kebutuhan daerah.

7 Pengembangan SIDa Mengkaji potensi komoditas masing-masing kabupaten yang dapat dijadikan unggulan daerah/kabupaten. Temu konsultasi dengan lembaga ekonomi di Provinsi Bengkulu (Bank Indonesia dan instansi terkait). Mengembangkan SIDa, dan yang pertama harus dilakukan adalah studi banding SIDa di tempat yang sudah berhasil. Lokakarya/workshop SIDa Penyusunan dokumen SIDa Provinsi Bengkulu. Pengembangan ekonomi berbasis keunggulan komparatif dan local lebih ditujukan kepada pengembangan system daripada pengembangan komoditas.

8 Penyusunan Agenda Riset Daerah Rapat DRD mengenai Agenda Riset Daerah (sudah 1x) Membuat matrik Agenda Riset Daerah dimana setiap bidang kajian perlu dibuat tema, sub tema dan topik kajian. Koleksi dokumen yang dibutuhkan, antara lain: RPJM & RPJP, data kegiatan riset, Bengkulu dalam Angka, Potensi Daerah dan dokumen lain yang dibutuhkan. Penyusunan Agenda Riset Daerah secara mendalam oleh tim khusus. Lokakarya/workshop Agenda Riset Daerah. Perumusan dan penyempurnaan draft Agenda Riset Daerah. Kunjungan di daerah dalam rangka menjaring isu strategis untuk menyempurnakan Agenda Riset Daerah. Dengan cara ini diharapkan Agenda Riset daerah akan sesuai dengan kebutuhan stakeholders. Finalisasi Agenda Riset Daerah

9 Penyusunan Opini Isu-su Strategis Pengelolaan alur pelabuhan yang telah mempunyai kedalaman 10 meter. Pemetaan jalur ikan dan sebab-sebab penurunan produksi ikan laut di Provinsi Bengkulu. Kajian manajemen transportasi jalur darat di Provinsi Bengkulu, permasalahan dan solusinya. Dan lain-lain (perlu pembahasan lebih lanjut).

10

11 Alamat Blog DRD Bengkulu Dewan Riset Daerah Bengkulu d/a TERIMA KASIH


Download ppt "Oleh: Prof. Urip Santoso. Tugas Pokok DRD Memberikan masukan kepada Pemda untuk menyusun arah, prioritas, serta kerangka kebijakan Pemda di bdang iptek."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google