Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komputer dan Masyarakat DIGITAL & INFORMATION LITERACY 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komputer dan Masyarakat DIGITAL & INFORMATION LITERACY 4."— Transcript presentasi:

1 Komputer dan Masyarakat DIGITAL & INFORMATION LITERACY 4

2 Information Literacy Literasi Informasi Literasi Informasi Literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca, budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya.

3 Information Literacy Buku adalah jendela dunia. Namun internet kini menjadi pintu kemana saja.

4 Apa itu Information Literacy ? Information Literacy diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkannya, mengakses dan menemukan informasi, mengevaluasi informasi, dan menggunakan informasi secara efektif dan etis.

5 Apa itu Media Literacy ? James.W.Potter, media literacy diartikan sebagai satu perangkat perspektif dimana kita secara aktif memberdayakan diri kita sendiri dalam menafsirkan pesan-pesan yang kita terima dan bagaimana cara mengantisipasinya. Kemampuan secara efektif dan secara efesien memahami dan menggunakan media massa (Mc Cannon) Kemampuan dalam menerima, menganalisa, menyeleksi dan menyikapi apa yang ditampilkan oleh media massa.

6 Manfaat Information Literacy Literasi informasi memampukan seseorang untuk menafsirkan informasi sebagai pengguna informasi dan menjadi penghasil informasi bagi dirinya sendiri (UNESCO, 2005:1).

7 Model literasi informasi Empowering Eight (E8) 4 model literasi informasi : -The Big 6 -Seven Pillars -The Seven Faces of Information Literacy -Empowering 8.

8 Informasi Sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima.

9 Data, Informasi dan Pengetahuan DATA adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

10 Siklus Pengolahan Data InputProsesInformasi Data Processing Cycle : Input -proses untuk memasukkan data dari luar ke dalam Proses -Pengolahan data Informasi -Output dari pengolahan data

11 Pemakai Informasi Internal (staf operasi, manajemen tingkat bawah hingga manajemen tingkat atas) Eksternal (pelanggan, pemegang saham, pemasok atau mitra kerja, dinas pajak, dan lain-lain)

12 Siklus Informasi Data dan Informasi membentuk suatu siklus (Burch dan Grudnitski, 1989)

13 Makna Informasi Makna informasi itu bersifat relatif terhadap pemakai Bagi seseorang, informasi itu bermakna, tetapi bagi orang lain mungkin tidak.

14 Teknologi Informasi Istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi memiliki 2 aspek penting, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

15 Teknologi Informasi Perlunya Teknologi Informasi : Untuk Meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen Mempunyai Pengaruh besar ekonomi internasional (globalisasi) Perlunya waktu tanggap (response time) yang lebih cepat. Tekanan akibat dari persaingan bisnis


Download ppt "Komputer dan Masyarakat DIGITAL & INFORMATION LITERACY 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google