Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan kedua – Sistem Informasi KONSEP DASAR INFORMASI By : Viska Armalina, ST.,M.Eng.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan kedua – Sistem Informasi KONSEP DASAR INFORMASI By : Viska Armalina, ST.,M.Eng."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan kedua – Sistem Informasi KONSEP DASAR INFORMASI By : Viska Armalina, ST.,M.Eng

2 Aspek Sistem Informasi Aspek Sistem Informasi (O’Brian, 1999)

3 Pemahaman terhadap Konsep Dasar SI  Mencakup : - Pemahaman tentang falsafah tentang sistem, komponen dan aktivitas sistem informasi seperti dijelaskan dalam Model Sistem Informasi - Bagaimana sistem tersebut dapat mendukung suatu proses bisnis dalam organisasi (visi, misi, dan tujuan)

4 Pemahaman terhadap Aspek TI  Pemahaman tentang berbagai teknologi untuk mendukung sistem informasi dan alternatifnya yang mencakup : - teknologi perangkat keras, - perangkat lunak - teknologi jaringan - teknologi database -perkembangan dan trend perkembangan teknologi informasi

5 Pemahaman terhadap Aplikasi SI  Terapan-terapan sistem informasi cth : untuk aplikasi accounting, general ledge, aplikasi perbankan, aplikasi perkantoran, aplikasi kedokteran dan farmasi, aplikasi asuransi, aplikasi ekspor-impor, aplikasi pertanian yang mendukung kegiatan operasional maupun managerial suatu organisasi.  Berdasarkan terapannya, sistem informasi dibagi dua kategori: (1) Sistem Informasi Operasional (2) Sistem Informasi Managemen

6 Pemahaman Terhadap Pengembangan SI  Meliputi metodologi dan alat bantu (methods and tools) untuk pengembangan suatu sistem informasi.  Salah satu metoda yang paling umum adalah pendekatan SDLC (System Development Life Cycle).

7 Pemahaman Terhadap Aspek Manajemen SI  Pengelolaan manajemen sistem informasi yang telah dikembangkan atau dibangun yang meliputi : - pengamanan - pemantauan - auditing - perawatan sistem informasi yang senantiasa memenuhi kebutuhan dan perkembangan teknologi yang senantiasa berubah.

8 Manajemen Informasi  Segala kegiatan yang berkaitan dengan pemerolehan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan juga pembuangan terhadap informasi (yang tidak berguna lagi) pada waktu yang tepat (McLeod, 1998)  Operasi-operasi internal yang mengatur sumber daya informasi dalam perusahaan untuk mendukung kinerja dan hasil bisnis (Ebert & Griffin, 2003)

9 Pemakai Informasi  Internal  (staf operasi, manajemen tingkat bawah hingga manajemen tingkat atas)  Eksternal  (pelanggan, pemegang saham, pemasok atau mitra kerja, dinas pajak, dan lain- lain)

10 Level Manajemen dan Pemakai Informasi Direktur, Wakil direktur Manajer Supervisor Staff

11 Arus Informasi Arus Informasi Internal dan Eksternal Dalam Organisasi

12 Data (1)  Pengertian secara konseptual Data : deskripsi ttg benda, kejadian, aktivitas, transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak mempunyai pengaruh secara langsung kepada pemakai.  Data berupa : nilai yg terformat/angka, teks, citra/gambar, audio, video.  Data yang terformat : data dengan suatu format tertentu. Contoh : data yg menyatakan tanggal atau jam, data nilai mata uang, dsb.

13 Data (2)  Teks : deretan huruf, angka, simbol khusus yang kombinasinya tidak tergantung pada masing- masing item secara individual. Contoh : artikel di koran

14 Data (3)  Citra (image) : data dalam bentuk gambar. Citra bisa juga berupa grafik, foto, tanda tangan, hasil rontgen, dll.  Audio : data dalam bentuk suara, seperti instrumen musik, suara orang, suara binatang, suara air, detak jantung, dll.  Video : data yang dinyatakan dalam bentuk sejumlah gambar bergerak dan juga dilengkapi suara. Video sering digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian atau aktivitas.

15 Siklus Informasi

16 Perbedaan Data dan Informasi  Data  fakta-fakta yang masih mentah Informasi  data yang sudah diolah  Data  tidak mempunyai kandungan makna Informasi  punya kandungan makna  makna informasi itu bersifat relatif terhadap pemakai.

17 Kandungan Informasi (Davis, 1999)  Benar atau salah  informasi berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan. Jika penerima informasi yang salah mempercayainya, efeknya seperti kalau informasi itu benar  Baru.  Informasi benar-benar baru bagi si penerima.  Tambahan  Informasi dapat memperbaharui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada.  Korektif  Informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar  Penegas  Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada, sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

18 Pengetahuan (knowledge)  Kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan. (Alter, 1992).  Dalam SI, pengetahuan merupakan komponen utama pada sistem  sistem pakar

19 Hubungan Data, Informasi, Pengetahuan

20 Hierarki Data

21 Penjelasan Hierarki Data  Data disusun dari : a. Elemen Data : data terkecil yg tidak dapat dipecah lagi menjadi unit data yg lain  istilah lainnya : field, kolom, item, atribut. b. Rekaman : gabungan sejumlah elemen data yg saling terkait.  istilah lainnya : tupel, baris. c. Berkas : himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama membentuk sebuah berkas  kumpulan data yang berkaitan dengan suatu objek.  dalam sistem basis data sering disebut tabel atau relasi.

22 Karakteristik Data dan Informasi (Alter, 1992)

23 TUGAS INDIVIDU - 1  Kerjakan dalam format PDF, lalu kumpul lewat paling lambat Minggu, 30 September 2012, jam WITA  Tugas : Cari contoh suatu kisah keberhasilan atau kegagalan dalam menerapkan sistem informasi (boleh salahsatu), ceritakan dan sertai fotonya/data kalau perlu! cth : Keberhasilan Toko Buku Amazon.com


Download ppt "Pertemuan kedua – Sistem Informasi KONSEP DASAR INFORMASI By : Viska Armalina, ST.,M.Eng."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google